Macam-Macam Search Engine yang Berguna Untuk Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Setiap harinya Anda pasti menggunakan internet untuk urusan pekerjaan hingga untuk mencari informasi yang sedang dibutuhkan. Untungnya internet di Indonesia sendiri sudah dipakai hampir oleh seluruh kalangan. Dengan mudahnya orang bisa mengakses internet, hanya tinggal membeli paket internet dari provider kartu smartphone, menggunakan provider internet di rumah, bahkan menumpang Wi-Fi di kafe atau restoran.

Salah satu bagian dari internet yang pastinya diakses setiap hari adalah search engine (mesin pencari). Apa itu search engine (mesin pencari)? Search engine atau mesin pencari adalah website yang bisa dipakai oleh Anda untuk mencari berbagai macam hal. Dari seluruh pengetahuan di dunia, sampai bermacam-macam informasi, semua ada di search engine (mesin pencari).

Saat ini cukup banyak tersediasearch engine (mesin pencari) di dunia maya. Namun apa saja yang tersedia dan cocok untuk Anda gunakan setiap hari? Di bawah ini, ada macam-macam search engine (mesin pencari) yang berguna untuk Anda pakai sehari-hari.

7 Macam Search Engine Yang Perlu Diketahui

Seperti yang sudah dibahas di atas mengenai search engine, kali ini kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai macam-macam search engine yang perlu kamu ketahui. Kira-kira, search engine (mesin pencari) apa yang sudah Anda ketahui selama ini? Yuk simak pembahasan berikut ini mengenai macam-macam search engine (mesin pencarian)!

1. Google Search

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi kalau saat ini Google telah menjadi salah satu search engine (mesin pencari) yang paling sering diketuhui dan digunakan oleh banyak orang sebagai mesin pencarian. Rasanya sangat tidak mungkin untuk melupakan peran Google sebagai mesin pencarian di alam kemajuan dunia maya saat ini karena Google merupakan mesin pencari terbesar di dunia.

Anda pasti sudah mengetahui kalau Google saat ini adalah sebuah search engine (mesin pencari) yan paling sering dipakai. Google dinilai juga cukup akurat dengan hasil pencarian yang muncul ketika Anda mencari informasi melalui search engine (mesin pencari) ini.

Faktanya. Google saat ini sudah merajai dunia teknologi sebagai search engine (mesin pencari) yang paling sering digunakan. Google menguasai pasar search engine (mesin pencari) sebesar 78%. Dengan angka ini, sudah terlihat jelas kekuasaan Google dalam urusan search engine sulit untuk ditumbangkan kompetitornya.

Baca Juga: 9 Penyebab Website Bisnis Anda Tidak Ada di Google

Google sendiri ditemukan pada tahun 1996 ole duo Sergey Brin dan Larry Page. Sejak tahun 1996, Google perlahan-lahan naik ke permukaan sebagai search engine (mesin pencari) yang efektif untuk memunculkan hasil pencarian yang akurat hinggat saat ini. Hal ini membuat Google sudah masuk ke level Top-of-Mind dalam brand awareness mereka.

Google selalu memberikan kemudahan di dalam pemakaiannya. Tidak sulit untuk memakai Google sebagai search engine (mesin pencari) terbesar di dunia, sehingga membuat semua orang selalu memakainya untuk menemukan hasil pencarian berupa website, gambar, berita, hingga navigasi.

2. Bing Search

Macam-macam search engine (mesin pencari) yang kedua adalah Bing yang menjadi kompetitor terbesar Google. Sampai saat ini, popularitas kekuasaan Google sebagai search engine (mesin pencari) sangat sulit untuk digoyahkan, bahkan oleh Bing yang dibuat Microsoft sekalipun.

Bagi Anda yang belum familiar dengan Bing, mesin pencarian buatan Microsoft ini juga memiliki fitur yang hampir sama dengan search engine (mesin pencari) Google, seperti mencari website, gambar, video, berita, hingga navigasi. Walaupun popularitas Bing sebagai search engine (mesin pencari) masih kalah dengan Google, saat ini Bing menguasai pasar search engine (mesin pencari) dunia sebesar 8%.

Ada satu keunggulan Bing yang bisa digunakan oleh para pengusaha yang ingin SEO website mereka berkembang yaitu lebih sedikitnya pesaing di Bing. Dengan begitu, website mereka bisa lebih cepat naik ke halaman pertama. Bing adalah alternatif search engine (mesin pencari) yang layak untuk Anda gunakan.

3. Yahoo! Search

Kalau berbicara tentang search engine (mesin pencari), tidak hanya Google yang terhitung legendaris, tetapi ada Yahoo Search. Sebagai search engine (mesin pencari), Yahoo Search juga memiliki popularitas yang besar juga, apalagi pada tahun 2000-an.

Yahoo Search juga memiliki fitur yang sama dengan search engine lainnya, tapi memang bisa dibilang, pesaing terbesar Google pada masanya adalah Yahoo Search. Ini karena di dalam Yahoo, ada beberapa fitur lain yang ditonjolkan seperti Yahoo Mail dan Yahoo Flickr yang berbeda dengan Google. Namun dengan kondisi yang terus menurun, Yahoo akhirnya bekerja sama dengan Bing untuk sama-sama membangun platform search engine yang baik. Yahoo sendiri sekarang memiliki market share search engine sebesar 3%.

4. DuckDuckGo

Membaca nama-nama search engine (mesin pencari) sebelumnya, Anda tidak akan terasa asing, tetapi berbeda dengan DuckDuckGo. Mesin pencari bernama DuckDuckGo ini hanya menguasai market share search engine (mesin pencari) sebesar 0,4%. Beda dari yang lainnya, DuckDuckGo memiliki kelebihan yang tidak dimiliki tiga search engine (mesin pencari) sebelumnya, yaitu fitur privasi.

Ya, dalam beberapa tahun terakhir, Google mengalami masalah privasi, di mana mereka dikabarkan bisa melakukan tracking dan mengambil data dari para penggunanya. Hal itulah yang tidak mau diulang oleh DuckDuckGo sebagai sebuah search engine (mesin pencari).

Dengan tagline “Privacy, simplified”, DuckDuckGo ingin membuktikan kalau Anda bisa melakukan browsing di internet tanpa perlu takut data-data pribadi Anda diminta dan diambil oleh DuckDuckGo dan search engine (mesin pencari) lainnya. Hebatnya lagi, iklan-iklan di DuckDuckGo tidak semasif Google. Anda pun tidak akan terganggu dengan tampilan iklan yang terkadang membuat proses browsing menjadi tidak nyaman.

5. Baidu Search

Selanjutnya ada Baidu yang mengisi posisi kelima dalam daftar macam-macam search engine. Baidu merupakan sebuah search engine (mesin pencarian) terbesar di China. Pada Februari 2019, Baidu mendominasi pasar search engine (mesin pencarian) di China sebesar 74,73 persen. Bahkan Google sendiri yang memiliki gelar sebagai mesin pencarian yang paling besar di dunia pun hanya bisa menguasai 2 persen pasar mesin pencari di China.

Bisa dibilang mesin pencari Baidu ini adalah mesin pencarian baru karena baru dibuat pada tahun 2000. Sebagai sebuah mesin pencari, Baidu memiliki kantor induk di Ibu Kota China, Beijing.

Bagi Anda yang belum tahu, China sendiri memiliki Operasi Sensor Online yang terbesar dan tercanggih di Dunia. Hal ini membuat hasil pencarian yang muncul ke permukaan menjadi sangat terfilter dengan baik. Operasi yang dinamai sebagai Tembok Api Besar China ini juga menjadi alasan mengapa search engine dari luar China sangat sulit menguasai pasar mesin pencarian di sana dengan undang-undang dan peraturan sensor yang sangat ketat.

6. Yandex Search

Persis seperti Baidu. Yandex merupakan mesin pencarian buatan Rusia yang dibuat pada tahun 1997. Yandex mengisi posisi keenam pada daftar macam-macam search engine yang perlu Anda tahu. Yandex memiliki komitmen untuk membantu konsumen menjalankan bisnis di dunia online dan offline dengan lebih baik.

Yandex sendiri memiliki fitur yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti Google. Karena Yandex bukan hanya bekerja sebagai mesin pencarian, Yandex juga memberikan layanan lainnnya di halaman awal mesin pencarian seperti menampilkan gambar, video, email, navigasi, penerjemah, hingga AppMetrica yang setara dengan Google Analytics.

Itu dia daftar macam-macam mesin pencari yang bisa Anda gunakan selain Google Search. Semoga dengan membaca artikel tentang macam-macam mesin pencari, Anda bisa mempelajari algoritma mesin pencarian lainnya. Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post