Cara Kerja dan Manfaat Endorse Dalam Meningkatkan Penjualan

Pada era digital seperti sekarang ini, memasarkan produk melalui media sosial menjadi hal yang lumrah. Media sosial seolah menjadi pusat perbelanjaan lengkap yang ada dalam dunia maya. Anda tidak perlu repot lagi menghabiskan waktu di jalan untuk pergi ke pusat perbelanjaan. Jika demikian tentu memanfaatkan dunia digital untuk meningkatkan penjualan Anda menjadi strategi pemasaran yang akan sangat membantu, bukan? Salah satu strategi pemasaran yang dapat Anda coba lakukan adalah endorse. Namun bagaimana cara kerja dan manfaat endorse?

Kami senang Anda bertanya. Sebelumnya, pengertian endorse atau endorsement adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang influencer atau public figure untuk memberikan testimoni terhadap suatu barang atau jasa kepada followernya. Hal ini bertujuan agar barang atau jasa tersebut mendapatkan peningkatan penjualan yang signifikan. Media sosial yang dapat digunakan juga beragam, seperti Youtube, Facebook, dan Instagram. Isi dari setiap konten yang diposting juga beragam supaya menarik perhatian calon konsumen. Jadi bagaimana cara kerja dari endorse? Mari simak penjelasan berikut. 

Cara Kerja Endorse

Sederhananya, kegiatan endorse dilakukan dengan cara menghubungi contact person dari influencer atau public figure, berkomunikasi mengenai produk dan konten dari postingan yang akan dilakukan, serta mengadakan kesepakatan antara Anda dengan pihak yang anak Anda endorse. Namun dalam prosesnya, kegiatan endorse membutuhkan waktu yang tidak sebentar agar keduanya berada pada posisi yang diuntungkan. Untuk proses lebih lanjut adalah sebagai berikut:

1. Penawaran 

Dalam proses ini, Anda menawarkan kepada influencer atau public figure tersebut mengenai produk Anda dan harga yang akan menjadi bayaran orang tersebut. Pada posisi ini juga, Anda berarti sudah mengetahui tarif harga yang ditentukan oleh orang yang ingin Anda endorse. 

2. Negosiasi

Pada bagian ini Anda dapat menegosiasikan jumlah konten yang akan diposting. Anda juga dapat membicarakan bagaimana konten disampaikan hingga harga yang sesuai dengan dana yang telah Anda sediakan. Bagian ini adalah bagian yang penting karena menentukan bagaimana nantinya kegiatan endorse dilakukan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Misalnya range harga orang tersebut mulai dari Rp.350.000 sampai Rp.600.000 untuk 1x posting baik di story atau feeds Instagram. Dalam proses ini Anda bisa bernegosiasi untuk 5x posting story dan 2x posting feeds. Untuk konten juga perlu dibicarakan dan disatukan antara ide yang Anda miliki dengan ide yang dimiliki oleh influencer atau public figure tersebut. 

Baca Juga: Mengenal Macro Influencer dari Jenis Influencer Marketing

3. Kesepakatan dan Pelaksanaan

Jika proses negosiasi sudah dikomunikasikan dengan baik sesuai dengan apa yang Anda inginkan dan sesuai dengan orang yang ingin Anda endorse, maka kesepakatan dapat terbentuk. Setelah kesepakatan terbentuk, selanjutnya adalah pelaksanaan dari apa yang telah disepakati. 

Misalnya telah disepakati bahwa influencer atau public figure tersebut harus melakukan posting konten story pada akun instagram sebanyak 5x dan posting konten feeds instagram sebanyak 2x.

4. Evaluasi 

Setelah semua konten diposting berdasarkan hasil kesepakatan, maka Anda dapat melakukan evaluasi dari endorsement tersebut. Apakah endorsement tersebut menjadikan produk Anda semakin dikenal yang ditandai dengan bertambahnya jumlah follower? Apakah terdapat peningkatan jumlah pelanggan yang membeli produk Anda? Serta apakah terdapat peningkatan dalam engagement rate yang ditandai dengan penambahan jumlah like, comment, save dan shares?

Jika hasil evaluasi Anda terhadap endorsement tersebut positif, maka Anda bisa melakukan kegiatan endorse berikutnya pada orang yang sama. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin mencoba mempromosikan produk Anda dengan orang yang berbeda. Perlu diingat bahwa Anda harus mencatat setiap hasil dari endorsement yang dilakukan, agar Anda mengetahui cara mana yang paling sesuai dengan produk Anda. 

Jasa SEO

Manfaat Endorse 

Efektivitas dan dampak yang dihasilkan oleh strategi endorse dalam meningkatkan penjualan produk barang dan jasa tidak perlu diragukan lagi. Sudah banyak testimoni bahkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa perguruan tinggi misalnya, untuk menilai apakah strategi pemasaran endorse adalah hal yang tepat. Untuk lebih meyakinkan Anda mengenai manfaat yang dihasilkan oleh kegiatan endorse, mari kita lihat informasi di bawah berikut ini:

1. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Brand Anda 

Dengan melakukan endorse pada produk barang atau jasa Anda, maka masyarakat akan semakin sadar mengenai keberadaan dari produk Anda. Kesadaran masyarakat akan semakin bertambah apabila orang yang Anda endorse adalah orang yang sangat kredibel dan sejalan dengan produk yang dijual. Anda juga bisa menggunakan strategi endorse apabila Anda telah mengeluarkan produk yang baru. Pemasaran dengan endorse bahkan sangat tepat digunakan bagi produk yang baru saja keluar, karena produk Anda akan dikenal oleh semakin banyak orang dalam waktu yang sangat cepat.

2. Meningkatkan Kredibilitas Brand Anda 

Saat Anda memasarkan produk dengan orang yang tepat, maka kredibilitas brand Anda juga akan meningkat. Misalnya, Anda melakukan endorse kepada seorang influencer yang integritasnya terjamin, dan pekerjaannya dikenal profesional, maka brand Anda akan dipandang sebagai suatu brand yang memiliki kualitas tinggi. Oleh karena itu, menentukan siapa yang akan mempromosikan produk Anda merupakan hal yang krusial sebelum melakukan endorsement. 

Baca Juga: 5 Strategi Untuk Membangun Kepercayaan Konsumen

3. Meningkatkan Penjualan Semua Produk

Konten-konten yang diposting oleh influencer yang Anda endorse memainkan peranan penting dalam meningkatkan penjualan. Jika konten yang dibuat selalu sama, tidak sesuai tren dan ketinggalan zaman, kemungkinan besar endorse yang dilakukan akan menjadi sia-sia. Jika produk Anda berkualitas tinggi, menarik dan banyak diperlukan oleh masyarakat, hal ini sudah menjadi nilai tambah untuk penjualan produk Anda. Apalagi dibantu dengan strategi endorse, di mana konten-konten yang dibuat selalu baru dan kreatif, maka produk Anda pasti akan mengalami peningkatan penjualan. 

Jika satu produk Anda berhasil menarik minat banyak pelanggan untuk membelinya, kemungkinan besar produk lain yang Anda miliki juga akan dilirik oleh para pelanggan. Hal ini disebut juga efek domino di mana suatu peristiwa mengakibatkan peristiwa lainnya terjadi. Jadi meskipun produk yang Anda endorse hanya satu, tetapi hasil yang Anda dapatkan berlipat ganda karena produk lainnya juga terlihat dan meningkat dalam penjualan.

4. Membuka Pasar Baru

Mungkin Anda bertanya “bagaimana caranya promosi produk yang dilakukan oleh seseorang membuka pasar yang baru?”, Jawabannya adalah dengan melakukan endorse pada seseorang yang memiliki jumlah follower yang banyak dan jangkauan yang sangat luas. Jumlah followers dari orang yang Anda endorse dalam hal ini memainkan perannya untuk membuka pasar baru bagi produk Anda. 

Apalagi kalau followers dari orang tersebut tidak hanya berada di satu daerah melainkan di banyak daerah atau bahkan mencakup seluruh Indonesia sampai dunia internasional. Misalnya seperti Anggun dan AgnezMo, di mana keduanya merupakan orang yang dikenal di Indonesia tetapi juga dikenal di luar Indonesia. Dengan menggunakan jasa kedua orang tersebut, tentu produk Anda akan dikenal luas oleh masyarakat Indonesia bahkan masyarakat Internasional.

Baca Juga: Apa Saja yang Dibutuhkan Di Market Research?

5. Biaya Disesuaikan dengan Dana Anda

Biaya untuk melakukan endorsement beragam bergantung pada dana yang telah Anda tentukan. Bagi Anda yang memiliki dana yang cukup besar, maka influencer atau public figure yang terkenal dan kredibel serta memiliki jangkauan follower yang banyak dan luas merupakan pilihan yang tepat. Dampak yang dihasilkan dari satu kali posting konten dalam akun media sosial mereka pasti sangat besar. 

Namun tidak perlu khawatir jika Anda hanya memiliki dana rata-rata, karena saat ini para influencer atau selebgram nano dan mikro siap membantu Anda mempromosikan barang atau jasa Anda. Meskipun jangkauan dan jumlah follower mereka tidak sebesar artis papan atas, dampak yang dihasilkan dari postingan konten yang dilakukan tetap memiliki dampak positif terhadap peningkatan penjualan produk Anda. 

Bahkan jika dana yang Anda miliki sangat terbatas, ada juga endorse yang tidak mengeluarkan biaya alias gratis. Benar, Anda tidak salah membacanya. Endorse tidak berbayar sangat mungkin dilakukan, Anda hanya perlu mengirimkan produk Anda kepada orang tersebut.

6. Promosi Efektif

Dengan meninjau manfaat dari kegiatan endorse yang telah dijabarkan sebelumnya, maka kita dapat menyimpulkan bahwa promosi produk barang atau jasa yang dilakukan sangat efektif. Efektif yang dimaksudkan mencakup waktu dan juga biaya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, melakukan promosi dengan endorsement membuat produk yang ada jual dikenal dalam waktu yang sangat cepat. Omset penjualan pun segera meningkat karena konten yang diposting dapat dilihat oleh banyak orang secara aktual (pada jam yang sama). 

Selain itu dikatakan efektif karena hanya membutuhkan satu tindakan saja yakni melakukan endorsement, maka beberapa keuntungan langsung dapat dirasakan hasilnya. Satu konten endorse yang diposting dapat membawa kepercayaan pelanggan dan membuka pasar yang baru serta meningkatkan penjualan Anda. 

Jadi bagaimana? Apakah manfaat-manfaat menggunakan strategi endorse sudah cukup membuat Anda jatuh hati dan mulai mencoba melakukan strategi ini? Dengan semua keuntungan yang telah dijelaskan diatas, mustahil Anda tidak ingin mencobanya. Namun jika Anda masih ragu dan takut untuk mengambil resiko kegagalan dari endorse pertama Anda, jangan khawatir! Toffeedev merupakan solusi yang dapat Anda pilih. 

Toffeedev menyediakan semua jasa yang Anda perlukan untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan. Jika Anda baru saja memulai bisnis Anda, maka ini adalah awal yang tepat untuk mengembangkan bisnis bersama kami. Tidak perlu khawatir dengan bisnis Anda yang masih terbilang baru, Toffeedev tentu dapat dipercaya dalam membantu mengembangkan bisnis Anda. Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam dunia Digital Marketing serta telah bekerjasama dengan banyak client, Toffeedev hanya mengusahakan yang terbaik bagi bisnis Anda. 

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai jasa yang kami sediakan dan untuk melihat portofolio serta testimoni yang diberikan oleh client, Anda dapat langsung mengunjungi website kami. Jika Anda memiliki pertanyaan dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan tim kami, Anda dapat berkomunikasi secara online dengan klik disini.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat