Melihat Lebih Dalam Manfaat Google My Business

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Setiap harinya, ada jutaan orang yang mengakses Google untuk menemukan berbagai informasi yang mempermudah hidup mereka. Sebagai mesin pencari utama, Google akan membantu Anda menemukan apa yang Anda butuhkan. Salah satunya adalah dengan mengembangkan tools bagi para pebisnis yang disebut dengan Google My Business. Lantas, bagaimana Anda bisa memperoleh manfaat Google My Business untuk bisnis Anda?

Manfaat Google My Business

Google My Business dibuat untuk menghubungkan pemilik bisnis dengan konsumen lokal. Pengembangan tools ini dilakukan karena semakin meningkatnya kebutuhan akan direktori bisnis yang lengkap di internet. Salah satu manfaat Google My Business adalah membantu Anda dalam meningkatkan pemasaran online dan budaya belanja konsumen.

Baca Juga : Pengertian, Manfaat, dan Cara Daftar Google My Business

Sebuah survei menarik yang dilakukan oleh Bright Local menemukan bahwa dengan penggunaan Google My Business/GMB, rata-rata bisnis bisa menerima 1.009 penelusuran calon pelanggan setiap bulannya. Sebanyak 84% berasal dari penelusuran penemuan dan 16% sisanya berasal dari penemuan langsung. Jika Anda masih ragu untuk menggunakannya, simak berbagai manfaat Google My Business berikut ini!

1. Bisa Digunakan Gratis

Salah satu fitur terbaik yang dimiliki oleh Google My Business adalah Anda bisa mendapatkan dan menggunakannya secara gratis. Cukup daftarkan diri lalu isi profil bisnis Anda termasuk kontak, foto, website, lokasi dan lain sebagainya.

2. Meningkatkan Visibilitas Bisnis Anda

Sebagai mesin pencari terbesar, Google menerima 63.000 pencarian setiap detiknya. Termasuk pencarian “Near Me” atau lokasi terdekat yang jumlahnya meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Untungnya, sebanyak 90% dari pengguna yang melakukan pencarian, sebenarnya tidak memikirkan brand tertentu saat memulai pencariannya. Artinya, Anda memiliki kesempatan yang sama besar dengan bisnis sejenis untuk muncul di pencarian. Namun untuk bisa unggul dan muncul di hasil pencarian, visibilitas bisnis Anda harus lebih tinggi dari kompetitor.

Anda bisa saja punya strategi SEO yang bagus. Tapi tanpa GMB, Anda bisa kehilangan kesempatan mendapatkan prioritas untuk muncul di halaman pencarian Google lokal dan kueri Maps.

Baca Juga : Strategi SEO Topic-Focused: Cara Terbaik Tingkatkan Ranking

3. Memastikan Konsistensi Data Bisnis Anda Secara Online

Dengan menggunakan GMB, Anda bisa mengubah detail bisnis Anda secara berkala seandainya terjadi perubahan. Misalnya saja ada pergantian alamat, perubahan jam operasional dan lain sebagainya. Semua bisa Anda lakukan melalui GMB tanpa harus membuat pelanggan Anda kebingungan mencari.

4. Meningkatkan Citra Bisnis Anda

Menggunakan GMB adalah salah satu cara branding yang ampuh karena ini menunjukkan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang maju dan modern. Selain itu, pelanggan juga akan merasa lebih mudah menemukan Anda karena semua informasi tersedia lengkap. Jangan lupa unduh beberapa foto atau video untuk menarik minat calon pelanggan secara visual.

5. Bisa Menjadi Tempat Review Pelanggan

Review atau ulasan kerap menjadi alasan calon pengunjung untuk datang ke tempat Anda. Jika Anda tidak punya platform khusus, Google My Business bisa menjadi tempat untuk menampung semua review pelanggan. Jika ulasannya bagus, ini akan jadi kesempatan yang bagus bagi Anda untuk memperoleh konsumen baru.

Baca Juga : Seberapa Berharga Review Produk Dalam Bisnis Online?

Banyak orang yang belum memahami dengan baik manfaat Google My Business. Padahal jika dioptimalkan, ini bisa mendatangkan keuntungan tersendiri bagi Anda. Ingin tahu lebih jauh tentang manfaat GMB? ToffeeDev sebagai digital marketing agency terbaik siap membantu Anda memaksimalkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post