5 Manfaat Pengembangan Karir Bagi Perusahaan dan Karyawan yang wajib diketahui

Manfaat Pengembangan Karir Bagi Perusahaan dan Karyawan

Aset penting perusahaan terletak pada Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu, keputusan untuk berinvestasi dan mendukung pengembangan karier di perusahaan Anda tidak akan pernah sia-sia. Anda justru akan mendapatkan segudang manfaat pengembangan karir bagi perusahaan maupun karyawan.

Apa saja manfaat yang didapatkan dari program pengembangan karier? Simak pembahasan lengkapnya dalam artikel ini.

Pengertian Pengembangan Karir

Pengembangan karier merupakan kegiatan perusahaan terkait perencanaan dan peningkatan karier karyawan sesuai alur atau jenjang karier yang ditetapkan. Kegiatan pengembangan karier dilaksanakan oleh tim Human Resources Department (HRD) suatu perusahaan. Dalam pengembangan karier, kemampuan karyawan makin dikembangkan agar bisa mencapai karier yang mereka inginkan.

Karyawan membutuhkan pengembangan karier agar mampu meraih prestasi dan promosi jabatan. Di sisi lain, perusahaan juga membutuhkan pengembangan karier demi menghasilkan karyawan dengan performa kerja dan keterampilan terbaik. Singkatnya, pengembangan karier sama-sama menguntungkan dua belah pihak, baik perusahaan maupun karyawan.

5 Manfaat Pengembangan Karir Bagi Perusahaan

5 Manfaat Pengembangan Karir Bagi Perusahaan

Perusahaan memperoleh manfaat besar ketika mengadakan program pengembangan karier untuk karyawannya. Berikut ini manfaat pengembangan karier bagi perusahaan.

1. Mengurangi Angka Turnover

Karier yang stagnan dan tidak mengalami peningkatan menjadi penyebab tingkat turnover makin bertambah. Angka tersebut dapat berkurang apabila karyawan diberikan kesempatan untuk meningkatkan kariernya melalui kegiatan pelatihan dan edukasi. Karyawan pun makin nyaman dan termotivasi bekerja di perusahaan Anda sehingga loyalitas mereka pun meningkat.

2. Menunjang Operasional Perusahaan

Pengembangan karier dapat mendorong produktivitas karyawan selama bekerja. Hal tersebut otomatis akan meningkatkan proses operasional perusahaan. Perusahaan akan mampu menghasilkan lebih banyak produk atau memasarkan produknya lebih gencar sehingga profitnya pun mengalami peningkatan.

3. Menciptakan Budaya Kerja Positif

Kepuasan karyawan pun meningkat berkat adanya program pengembangan karier. Karyawan yang puas akan lebih semangat dan bersikap positif selama bekerja. Akibatnya, muncullah budaya kerja yang positif dan menyenangkan. Masalah pun dapat diminimalisir dan dicari jalan keluarnya sehingga tidak berujung pada konflik yang merugikan.

4. Menarik Lebih Banyak Kandidat

Pelamar kerja akan tertarik melamar di suatu perusahaan setelah melihat iklim perusahaan yang begitu sehat. Mereka pun melihat peluang pengembangan karier yang cukup menjanjikan. Perusahaan tidak akan kesulitan dalam mencari tenaga kerja yang unggul karena sudah banyak pelamar kerja yang ‘mengantri’ dan siap untuk bekerja.

5. Menyelaraskan Tujuan Perusahaan dan Karyawan

Pengembangan karier membantu karyawan agar mencapai posisi atau jabatan yang lebih tinggi. Perusahaan bisa menyampaikan tujuan kepada para manajer agar mereka bisa membuat program kerja yang selaras dengan tujuan tersebut. Tujuan perusahaan pun akan tercapai berkat para manajer yang bahu-membahu dan terampil selama bekerja.

5 Manfaat Pengembangan Karir Bagi Karyawan

5 Manfaat Pengembangan Karir Bagi Karyawan

Tidak hanya perusahaan, karyawan pun merasa diuntungkan jika mengikuti pengembangan karier. Apa saja manfaat yang dirasakan?

1. Memahami Passion Karyawan

Pengembangan karier bisa menjadi sarana bagi karyawan untuk mengenali passion yang dimiliki. Passion atau hobi mereka pun bangkit sehingga mereka mampu bekerja lebih kreatif dan produktif. Hasil pekerjaan mereka pun berkualitas tinggi karena mereka bekerja sepenuh hati dan dorongan passion-nya.

2. Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Karyawan yang berpartisipasi dalam pengembangan karier berpeluang mendapatkan promosi jabatan. Kesejahteraan hidup mereka pun meningkat sehingga mampu bekerja lebih baik lagi. Mereka pun akan merasa bahwa kerja keras yang ditunaikan selama ini tidak akan berakhir sia-sia.

3. Meningkatkan Motivasi Karyawan

Motivasi karyawan lebih berkembang apabila mereka merasa percaya diri selama bekerja. Rasa percaya diri bisa tumbuh karena mendapatkan pengembangan karier di tempat kerjanya. Motivasi yang tinggi akan mendorong karyawan untuk meraih prestasi dan terus berusaha untuk mengejar Key Performance Indicator (KPI) yang telah ditetapkan.

4. Meningkatkan Partisipasi Karyawan

Motivasi yang tinggi juga membuat karyawan mau berpartisipasi dalam setiap pekerjaan atau kegiatan perusahaan. Mereka akan merasa nyaman di tempat kerjanya dan tidak berpikir untuk pindah ke perusahaan lain. Karyawan pun memahami bahwa perusahaan membutuhkan mereka demi mencapai tujuan.

5. Meningkatkan Keterampilan Bekerja

Keterampilan atau skill karyawan makin bertambah melalui kegiatan pengembangan karier. Skill yang kian bertambah tentu akan menunjang produktivitas dalam bekerja. Karyawan memiliki kemampuan yang mumpuni sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan paling sulit sekali pun.

3 Tips Mendukung Pengembangan Karir di Perusahaan Anda

3 Tips Mendukung Pengembangan Karir di Perusahaan Anda

Kegiatan pengembangan karier tentu akan terlaksana apabila mendapat dukungan dari seluruh karyawan, termasuk Anda sebagai pimpinan perusahaan. Untuk mendukung program tersebut, Anda bisa mulai melakukan langkah sederhana di bawah ini.

1. Adakan Pelatihan dan Mentoring

Pelatihan dan mentoring merupakan dua agenda yang mendukung pengembangan karier karyawan. Anda bisa mengirimkan karyawan mengikuti pelatihan yang diadakan di luar perusahaan atau mengadakan pelatihan di kantor sendiri. Mentoring juga diperlukan agar karyawan memiliki inspirasi untuk berkembang dari seniornya.

Baca juga: 3 Faktor yang Mempengaruhi Gaya Kepemimpinan Seseorang

2. Kenali Potensi Karyawan

Banyak karyawan yang tidak menyadari potensi dalam dirinya. Anda bisa membantu mereka mengenali kekuatan dan potensi yang dimiliki dan mengembangkannya. Setelah mengenali potensi tersebut, cobalah berbicara empat mata dengan karyawan dan berikan mereka pekerjaan yang mendukung pengembangan potensinya.

3. Dukung Work-Life Balance

Work-life balance dapat mendukung peningkatan efisiensi karyawan selama bekerja. Mereka bisa belajar manajemen waktu sekaligus mengembangkan diri dan karier di luar jam kerja. Anda harus bersikap proaktif dan menerapkan fleksibilitas dalam bekerja demi meningkatkan prinsip work-life balance dalam kehidupan karyawan.

Anda dapat memperoleh manfaat pengembangan karir bagi perusahaan dan karyawan hanya jika berusaha untuk mendukung program tersebut. Pada akhirnya, pengembangan karier akan membawa perusahaan Anda selangkah lebih dekat dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Jasa SEO

Digital Marketing merupakan karier yang diminati oleh pelamar kerja pada masa kini. Popularitas perusahaan start-up di Indonesia pun mulai meningkat karena menerapkan strategi Digital Marketing. Tidak masalah jika perusahaan belum memiliki karyawan yang andal di bidang tersebut karena Anda bisa bekerja sama dengan ToffeeDev. 
Kami menyediakan berbagai layanan Digital Marketing yang membantu produk atau bisnis Anda makin dikenal masyarakat luas. Hubungi kami segera dan tingkatkan performa pemasaran bisnis Anda hanya bersama ToffeeDev.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat