Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Ada beberapa manfaat proxy server yang penting untuk Anda ketahui. Ketika Anda ingin mengakses sebuah website, rekam jejak IP dari perangkat yang digunakan dapat diambil oleh server website tersebut. Data yang dapat diketahui melalui alamat IP dari perangkat yang digunakan berupa lokasi di mana website tersebut diakses yang berarti, siapapun bisa mengetahui di mana lokasi tempat tinggal Anda. Demi menjaga data privasi tersebut, Anda bisa menggunakan proxy server.

Proxy server merupakan sebuah sistem yang menjadi perantara antar jaringan. Sebagai contoh, Anda ingin mengakses sebuah situs dengan menggunakan proxy server. Ketika Anda melakukan request untuk mengakses website tersebut, maka IP yang terbaca oleh server website bukanlah alamat IP perangkat yang digunakan melainkan IP dari proxy server. Hal ini juga berlaku apabila ada jaringan dari luar yang ingin mengakses data yang ada di perangkat Anda, mereka tidak akan bisa mendapatkan alamat IP perangkat yang sesungguhnya karena terhalang dengan proxy server yang digunakan. 

Proxy server sangat berguna sekali, bukan? Oleh karena itu, untuk dapat memahami manfaat dari proxy server beserta kekurangan dan kelebihannya, mari simak pembahasan dari ToffeeDev di bawah ini.

Baca Juga : Apa itu Proxy dan Jenis-Jenisnya

Manfaat Proxy Server

Ada 4 manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan proxy server, yaitu:

1. Menjaga Data Privasi

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan di atas, proxy server dapat melindungi data privasi Anda dengan menyamarkan IP address yang digunakan. Selain itu, siapapun tidak akan dapat bisa menembus atau melakukan hacking terhadap perangkat yang Anda gunakan karena proxy server dapat bekerja sebagai firewall.

2. Memantau Penggunaan Internet Pada Perangkat Tertentu

Proxy server biasanya juga sering digunakan di perkantoran agar server jaringan pusat dapat memantau penggunaan internet tiap-tiap komputer. Selain di perkantoran, proxy server juga tentu saja dapat digunakan di rumah untuk memantau penggunaan internet anak di bawah umur.

3. Mengakses Website yang Diblokir

Ada banyak situs website yang diblokir atau tidak dapat diakses di negara tertentu. Oleh karena itu, untuk dapat mengakses website tersebut, Anda dapat menggunakan proxy server. Ketika Anda ingin mengunjungi suatu website yang diblokir, proxy server akan menggunakan IP address dari negara lain yang mempunyai izin untuk mengakses ke website tersebut.

4. Keamanan Perangkat Lebih Terjamin

Selain data privasi Anda dapat terjaga dengan menggunakan proxy server, keamanan perangkat pun akan lebih terjamin. Proxy server juga dapat melindungi Anda ketika sedang menggunakan jaringan umum seperti WiFi di tempat makan atau cafe sehingga dengan adanya proxy server, IP address perangkat Anda tidak akan terdeteksi oleh pengguna lainnya yang ingin menyalahgunakan data perangkat yang terdeteksi melalui WiFi umum tersebut.

Baca Juga : Penjelasan dan Cara Kerja Proxy

Kelebihan dan Kekurangan Proxy Server

Proxy server memang sangat berguna untuk menjaga data IP address perangkat Anda. Selain itu, ada beberapa kelebihan lainnya yang perlu Anda ketahui dengan menggunakan proxy server, yaitu:

  • Proxy server menyediakan fitur filtering yang dapat berguna untuk menyaring konten yang dapat diakses
  • Setelah Anda mengakses sebuah website menggunakan proxy server, maka akses berikutnya terhadap website-website tersebut akan lebih mudah karena telah tersimpan pada cache proxy

Tentu saja, untuk menggunakan proxy server ada beberapa kekurangan yang dapat Anda rasakan, seperti:

  • Membutuhkan waktu yang lebih lama jika Anda ingin mengakses sebuah website untuk pertama kalinya karena proxy server harus melakukan permintaan terlebih dahulu
  • Proxy server akan melakukan update cache secara berkala dan apabila terlambat dalam melakukan update, maka ketika Anda ingin melakukan permintaan kepada sebuah server/client, maka mereka akan melihat IP yang digunakan sebagai IP baru yang tidak pernah mempunya record kunjungan dan hal ini akan membuat Anda menunggu lama sebelum bisa masuk ke dalam server/client yang dituju

Baca Juga : Jenis-Jenis Proxy Server

Jadi, itulah beberapa manfaat proxy server yang perlu Anda ketahui. Jika Anda mempunyai keperluan optimasi website untuk peningkatan bisnis yang lebih baik lagi, silakan hubungi ToffeeDev yang merupakan Digital Marketing Agency terbaik di Indonesia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post