Manfaat Proxy Server Serta Cara Kerja dan Jenisnya

manfaat proxy server

Ada beberapa manfaat proxy server yang penting untuk Anda ketahui. Ketika Anda ingin mengakses sebuah website, rekam jejak IP dari perangkat yang digunakan dapat diambil oleh server website tersebut. Data yang dapat diketahui melalui alamat IP dari perangkat yang digunakan berupa lokasi di mana website tersebut diakses yang berarti, siapapun bisa mengetahui di mana lokasi tempat tinggal Anda. Demi menjaga data privasi tersebut, Anda bisa menggunakan proxy server.

Proxy server merupakan sebuah sistem yang menjadi perantara antar jaringan. Sebagai contoh, Anda ingin mengakses sebuah situs dengan menggunakan proxy server. Ketika Anda melakukan request untuk mengakses website tersebut, maka IP yang terbaca oleh server website bukanlah alamat IP perangkat yang digunakan melainkan IP dari proxy server. Hal ini juga berlaku apabila ada jaringan dari luar yang ingin mengakses data yang ada di perangkat Anda, mereka tidak akan bisa mendapatkan alamat IP perangkat yang sesungguhnya karena terhalang dengan proxy server yang digunakan. 

Proxy server sangat berguna sekali, bukan? Oleh karena itu, untuk dapat memahami manfaat dari proxy server beserta kekurangan dan kelebihannya, mari simak pembahasan dari ToffeeDev di bawah ini.

Baca Juga : Apa itu Proxy dan Jenis-Jenisnya

Cara Kerja Proxy Server

Hal pertama yang perlu Anda pahami adalah fungsi server proxy, bagaimana sistem ini akan beroperasi sebagai perantara sehingga perangkat Anda dapat mengakses URL atau situs web lain. Sistem proxy akan mengakui permintaan Anda untuk mengunjungi situs web dan mengirimkannya ke server situs web yang diinginkan. Sistem proxy juga akan memodifikasi atau menyembunyikan alamat IP Anda sehingga server situs web tidak dapat menentukan di mana Anda berada.

Terakhir, data Anda akan dienkripsi secara otomatis, sehingga Anda tahu keamanannya. Selain itu, URL atau situs web yang telah dilarang oleh pemerintah atau otoritas terkait lainnya dapat diblokir oleh sistem proxy.

Jenis Proxy Server

Dengan adanya proxy, Anda bisa melakukan aktivitas internet yang lebih aman karena informasi asli Anda bisa disamarkan dengan bantuan proxy. Jadi, informasi Anda tidak mudah dicuri oleh hacker. Berikut 9 jenis proxy server yang harus Anda ketahui:

1. Rotating Proxy

Rotating proxy adalah server yang merespons setiap permintaan koneksi dengan alamat IP yang berbeda dari kumpulan proxy. Mereka diambil dari kumpulan proxy dari jutaan alamat IP aktif dan operasinya sangat mirip dengan proxy anonim. Dengan jenis proxy ini, Anda dapat memperoleh IP palsu unik untuk setiap pengguna.

2. High Anonymity Proxy

High Anonymity Proxy memiliki anonimitas atau keamanan tertinggi yang ditawarkan. Alamat IP Anda yang sebenarnya tidak akan diungkapkan ke server yang Anda sambungkan saat menggunakan proxy semacam ini. Pada kenyataannya, tidak dapat diketahui apakah proxy sedang digunakan untuk membuat koneksi. Jenis proxy ini disediakan oleh berbagai layanan berbayar seperti Bright Data ataupun Oxylabs. Kekurangan dari sistem proxy ini adalah banyak pengguna sehingga sering terjadi overload.

3. SSL Proxy

Server proxy apa pun yang menggunakan protokol Secure Socket Layer (SSL) dikenal sebagai SSL Proxy. Tanpa salah satu pihak dapat mengenali proxy, SSL Proxy melakukan enkripsi dan dekripsi antara klien dan server. Situs web yang ditargetkan tidak akan melihat proxy semacam ini karena mendukung keamanan dan enkripsi SSL setiap kali data dikirim.

4. Distorting Proxy

Distorting Proxy adalah sejenis server proxy yang menyembunyikan alamat IP asli pengguna dengan mengirimkan alamat IP palsu di header HTTP. Dengan cara ini, pelanggan dapat memperoleh manfaat dari penggunaan server proxy dengan alamat IP asli, menjadikan informasi pribadi mereka lebih aman dan terjamin keamanannya saat menjelajah internet.

5. Forward Proxy

Jenis server proxy yang paling sering digunakan adalah Forward Proxy. Jenis proxy ini biasanya digunakan untuk meneruskan permintaan dari jaringan pribadi yang dipisahkan ke Internet melalui firewall. Anda tidak perlu khawatir data Anda tertumpah atau diketahui oleh server karena Forward Proxy juga dapat menyembunyikan alamat IP asli dari pengguna.

6. Web Proxy

Web Proxy yang biasanya diintegrasikan ke dalam browser adalah perangkat yang memudahkan Anda terhubung ke server proxy. Pengguna paling sering menggunakan proxy semacam ini karena memungkinkan konfigurasi melalui aplikasi browser. Masalah terbesar dengan Web Proxy adalah JavaScript atau Flash sering membatasinya.

7. Anonymous Proxy

Anda dapat menjelajahi web menggunakan Anonymous Proxy tanpa memberikan alamat IP Anda yang sebenarnya. Mereka akan berfungsi sebagai penghalang privasi saat ditautkan melalui server proxy, membuatnya lebih sulit untuk memantau kebiasaan browsing Anda. Penting untuk ditekankan bahwa tidak semua proxy bersifat anonim dan jumlah anonimitas bervariasi tergantung pada jenisnya.

8. Reverse Proxy

Server yang dikenal sebagai Reverse Proxy terletak di depan server web dan menyampaikan permintaan klien, seperti permintaan dari browser web, ke server web. Reverse proxy biasanya digunakan untuk meningkatkan keamanan dan kinerja server sehingga serangan eksternal dapat dicegah. Permintaan akan dibagi secara rata karena jenis proxy ini mampu menyeimbangkan beban traffic pada website.

9. Transparent Proxy

Transparent Proxy sering disebut sebagai Inline Proxy adalah bentuk proxy yang mengintai komunikasi antara perangkat atau pengguna akhir dan internet. Sistem akan melakukan jenis ini, yang disebut sebagai “transparan”, tanpa mengubah permintaan atau jawaban. Saat Anda menemukan situs web yang berisiko atau meragukan, jenis proxy ini akan membantu Anda dengan mengalihkannya ke halaman internet lain. Perusahaan ponsel yang berbeda sering kali menggunakan proxy semacam ini untuk membatasi akses pengguna ke situs web tertentu.

Jasa SEO

Manfaat Proxy Server

Ada 4 manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan proxy server, yaitu:

1. Menjaga Data Privasi

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan di atas, proxy server dapat melindungi data privasi Anda dengan menyamarkan IP address yang digunakan. Selain itu, siapapun tidak akan dapat bisa menembus atau melakukan hacking terhadap perangkat yang Anda gunakan karena proxy server dapat bekerja sebagai firewall.

2. Memantau Penggunaan Internet Pada Perangkat Tertentu

Proxy server biasanya juga sering digunakan di perkantoran agar server jaringan pusat dapat memantau penggunaan internet tiap-tiap komputer. Selain di perkantoran, proxy server juga tentu saja dapat digunakan di rumah untuk memantau penggunaan internet anak di bawah umur.

3. Mengakses Website yang Diblokir

Ada banyak situs website yang diblokir atau tidak dapat diakses di negara tertentu. Oleh karena itu, untuk dapat mengakses website tersebut, Anda dapat menggunakan proxy server. Ketika Anda ingin mengunjungi suatu website yang diblokir, proxy server akan menggunakan IP address dari negara lain yang mempunyai izin untuk mengakses ke website tersebut.

4. Keamanan Perangkat Lebih Terjamin

Selain data privasi Anda dapat terjaga dengan menggunakan proxy server, keamanan perangkat pun akan lebih terjamin. Proxy server juga dapat melindungi Anda ketika sedang menggunakan jaringan umum seperti WiFi di tempat makan atau cafe sehingga dengan adanya proxy server, IP address perangkat Anda tidak akan terdeteksi oleh pengguna lainnya yang ingin menyalahgunakan data perangkat yang terdeteksi melalui WiFi umum tersebut.

Baca Juga : Penjelasan dan Cara Kerja Proxy

Kelebihan dan Kekurangan Proxy Server

Proxy server memang sangat berguna untuk menjaga data IP address perangkat Anda. Selain itu, ada beberapa kelebihan lainnya yang perlu Anda ketahui dengan menggunakan proxy server, yaitu:

  • Proxy server menyediakan fitur filtering yang dapat berguna untuk menyaring konten yang dapat diakses
  • Setelah Anda mengakses sebuah website menggunakan proxy server, maka akses berikutnya terhadap website-website tersebut akan lebih mudah karena telah tersimpan pada cache proxy

Tentu saja, untuk menggunakan proxy server ada beberapa kekurangan yang dapat Anda rasakan, seperti:

  • Membutuhkan waktu yang lebih lama jika Anda ingin mengakses sebuah website untuk pertama kalinya karena proxy server harus melakukan permintaan terlebih dahulu
  • Proxy server akan melakukan update cache secara berkala dan apabila terlambat dalam melakukan update, maka ketika Anda ingin melakukan permintaan kepada sebuah server/client, maka mereka akan melihat IP yang digunakan sebagai IP baru yang tidak pernah mempunya record kunjungan dan hal ini akan membuat Anda menunggu lama sebelum bisa masuk ke dalam server/client yang dituju

Baca Juga : Jenis-Jenis Proxy Server

Jadi, itulah beberapa manfaat proxy server yang perlu Anda ketahui. Jika Anda mempunyai keperluan optimasi website untuk peningkatan bisnis yang lebih baik lagi, silakan hubungi ToffeeDev yang merupakan Digital Marketing Agency terbaik di Indonesia. 

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat