5 Manfaat Riset Pemasaran Bagi Bisnis Online yang Sedang Berkembang

Manfaat Riset Pemasaran Bagi Bisnis Online

Setiap pebisnis harus mengetahui apa saja manfaat riset pemasaran agar dapat memahami pentingnya melakukan hal tersebut. Setiap bisnis yang hendak dijalankan memang harus melakukan riset pemasaran terlebih dahulu agar bisnisnya dapat berjalan dengan lebih lancar.

Lantas, apa saja sih manfaat riset pemasaran? Kapan riset pemasaran harus dilakukan? Anda akan menemukan jawabannya di bawah ini. Namun sebelum itu, mari simak penjelasan mengenai apa itu riset pemasaran terlebih dahulu!

Apa Itu Riset Pemasaran?

Riset pemasaran adalah proses pengumpulan, pencatatan, dan analisis data secara sistematis tentang isu-isu yang berkaitan dengan pemasaran produk, baik itu barang maupun jasa. Tujuan dilakukannya riset pemasaran adalah untuk mengidentifikasi dan menilai bagaimana perubahan elemen pemasaran, lebih tepatnya elemen marketing mix, berdampak pada perilaku pelanggan.

Riset pemasaran melibatkan penentuan data yang diperlukan untuk mengatasi isu-isu yang ditemukan sebelumnya, kemudian merancang metode untuk mengumpulkan informasi, mengelola, dan mengimplementasikan proses pengumpulan data.

Banyak orang yang menganggap riset pemasaran (marketing research) dan riset pasar (market research) adalah hal yang sama. Padahal, kedua istilah tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Meskipun keduanya melibatkan konsumen, riset pemasaran secara khusus berkaitan dengan proses pemasaran, seperti efektivitas periklanan dan penjualan, sedangkan riset pasar secara khusus berkaitan dengan pasar dan distribusi.

Apa Itu Riset Pemasaran

5 Manfaat Riset Pemasaran

Ada beberapa manfaat riset pemasaran yang dapat dirasakan oleh perusahaan. Berikut ini adalah beberapa manfaat riset pemasaran.

1. Mendapatkan Informasi Seputar Calon Konsumen

Dengan melakukan riset pemasaran, Anda akan mendapatkan informasi tentang calon konsumen. Setelah mengetahui siapa yang akan menjadi pelanggan potensial, maka Anda akan dapat mengetahui persis apa yang konsumen butuhkan dan belum dapatkan dari produk lain. Selain itu, Anda juga jadi mengetahui bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan konsumen agar bisa mendapatkan kepercayaan mereka.

2. Mengidentifikasi Peluang Pasar

Peluang pasar sangat penting untuk diketahui untuk mengukur seberapa besar kemungkinan Anda untuk sukses di pasar tersebut. Setelah mengidentifikasi peluang pasar, Anda dapat membuat strategi bisnis dan strategi pemasaran dengan lebih matang.

Baca Juga: Melihat SEO dari Cara Pandang Digital Marketing

3. Mengukur Brand Awareness

Setelah melakukan riset pemasaran, Anda dapat mengukur seberapa besar reputasi dan pengaruh yang dimiliki, atau brand awareness. Pada proses riset pemasaran, Anda akan menemukan bagaimana pandangan orang-orang terhadap merek Anda, mulai dari konsumen, kompetitor, dan bahkan calon konsumen.

4. Memprediksi Perubahan Pasar

Ketika melakukan riset pemasaran secara rutin, Anda dapat mengetahui data-data mengenai pasar, konsumen, dan semua hal lainnya mengenai pemasaran dengan lebih akurat. Melalui data-data yang akurat tersebut, Anda dapat memprediksi perubahan yang akan terjadi di pasar. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan strategi pemasaran dengan lebih baik.

Jasa SEO

5. Meminimalkan Risiko Pemasaran

Riset pemasaran dapat membantu Anda menentukan apakah harus bertindak atau tidak pada subjek tertentu. Sebagai contoh, ketika Anda membuka toko baru, Anda dapat mengetahui apakah lokasi tersebut sudah menjadi pasar yang jenuh untuk bisnis Anda atau tidak. Dengan begitu, Anda dapat mengambil keputusan dengan lebih baik.

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Traffic Website

Kapan Anda Memerlukan Riset Pemasaran?

Dalam setiap usaha atau bisnis, riset pemasaran sering digunakan untuk tujuan yang berbeda. Namun, riset pemasaran biasanya digunakan sebagai dasar untuk membuat strategi pemasaran, meningkatkan penjualan produk, dan mengembangkan usaha atau bisnis dalam hal branding, kepuasan pelanggan, dan pertimbangan untuk meningkatkan jumlah produksi. Riset pemasaran juga dapat menjadi tolak ukur keberhasilan produk yang telah dijual secara luas ke pasar dan masyarakat umum.

3 Tips Melakukan Riset Pemasaran

Tips Melakukan Riset PEmasaran

Ketika hendak melakukan riset pemasaran, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa tips melakukan riset pemasaran yang harus Anda ketahui.

1. Tentukan Tujuan Riset

Hal yang harus dilakukan sebelum melakukan riset pemasaran adalah menentukan tujuan riset terlebih dahulu. Tanpa adanya tujuan riset, Anda hanya akan membuang-buang waktu mengambil banyak data yang belum tentu akan digunakan nantinya. Maka dari itu, pastikan Anda sudah mengetahui apa yang akan dilakukan selama proses riset berjalan.

2. Buat Rencana Riset yang Matang

Rencana riset adalah pedoman Anda ketika sedang melakukan riset pemasaran. Pastikan semua hal yang perlu dilakukan sudah tercatat di dalam dokumen tersebut. Jangan sampai Anda tidak memiliki rencana riset dan malah kebingungan ketika sudah berada di pasar.

Pembuatan rencana riset yang matang juga dapat menghemat pengeluaran yang harus dikeluarkan selama proses riset pemasaran berlangsung. Selain itu, waktu yang digunakan selama proses riset juga akan lebih efektif.

Baca Juga: Melihat Sosial Media Paling Efektif Untuk Bisnis

3. Ambil Data dan Informasi yang Relevan

Ketika melakukan riset pemasaran, pastikan fokus untuk mengambil data dan informasi yang relevan terlebih dahulu. Memang benar bahwa semua data dan informasi dapat berguna di kemudian hari, tetapi pastikan data dan informasi yang dibutuhkan harus diambil terlebih dahulu agar tujuan riset dapat tercapai.

Semoga penjelasan mengenai apa itu riset pemasaran, manfaat riset pemasaran, dan tips riset pemasaran di atas dapat Anda pahami dengan mudah. Jika ingin melakukan pemasaran yang efektif, Anda dapat mencoba menggunakan pemasaran digital.

Pemasaran digital merupakan salah satu jenis pemasaran yang paling efektif saat ini, apalagi dengan perkembangan platform digital saat ini. ToffeeDev dapat membantu mengembangkan strategi pemasaran digital agar bisnis Anda dapat lebih berkembang, mulai dari pengembangan website hingga SEO. Jika tertarik, Anda dapat menghubungi kami di sini.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat