Memahami Konsep Pemasaran AIDA Dalam Sebuah Bisnis

Halo semuanya! Welcome back to Toffee #SharingMonday, kali ini bersama saya Clarin, seperti biasanya setiap hari Senin, kami akan membagikan insight seputar digital marketing, design, dan juga website. Untuk hari ini saya akan menjelaskan mengenai salah satu marketing model yang cukup populer di dunia marketing yaitu AIDA, di mana AIDA itu sendiri terdiri dari empat tahapan yaitu Awareness, Interest, Desire, dan juga Action. Nah, saya akan menjelaskan semua 4 tahapan yang ada pada konsep marketing AIDA tersebut.

Awareness

Untuk tahapan AIDA yang pertama adalah Awareness, di mana pada tahapan ini kita akan menciptakan awareness atau kesadaran terhadap sebuah brand dan juga produk atau jasa yang kita miliki. Di mana tahapan ini akan menarik perhatian konsumen yang dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya, kita dapat memasang iklan secara offline maupun online untuk menarik lebih banyak perhatian orang banyak. Selain itu kita juga dapat melakukan personalisasi untuk menarik lebih banyak perhatian orang dan untuk membuat konsumen lebih tertarik lagi, maka kita perlu menargetkan konsumen secara individual.

Interest

Tahapan kedua pada konsep marketing AIDA ialah interest di mana kita harus mempertahankan orang-orang yang telah sadar terhadap brand dan juga produk atau jasa yang kita miliki dan untuk menjaga minat konsumen tersebut merupakan salah satu tantangan yang cukup sulit pada proses marketing tetapi terdapat berbagai cara yang dapat kita lakukan untuk terus menerus mempertahankan minat konsumen. Nah, salah satunya adalah memberikan iklan yang menarik misalnya dengan menggunakan foto atau bahkan video untuk menginformasikan apa saja yang dapat didapat, apa saja yang bisa didapatkan oleh konsumen. Ingat! Buat mereka menaruh minat dan rasa penasaran terhadap brand serta produk atau jasa yang kita miliki.

Desire

Untuk tahapan ketiga adalah Desire, di mana kita berasumsi bahwa konsumen telah tertarik terhadap produk atau jasa yang kita miliki. Maka saatnya kita akan menciptakan hubungan yang lebih emosional. Pada tahapan ini kita harus lebih banyak menunjukkan keunggulan dari produk atau jasa yang kita miliki. Serta untuk mengubah ketertarikan, untuk mengubah ketertarikan konsumen menjadi perasaan yang membutuhkan produk atau jasa tersebut. Mungkin sebelumnya konsumen memiliki sejumlah keraguan terhadap brand atau produk dan jasa yang kita miliki. Maka kita harus meyakinkan kembali kepada konsumen dan memberikan banyak alasan lain agar konsumen dapat merasa butuh dan membeli produk atau jasa kita.

Action

Tahapan yang terakhir pada konsep marketing AIDA ialah action, di mana pada tahapan ini konsumen akan melakukan pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan tidak selalu berhubungan dengan penjualan ataupun sales, tetapi juga dapat diukur dengan mengunjungi website, melakukan panggilan telepon, berlangganan newsletter, atau bahkan mengunjungi toko dan lain sebagainya. Namun, penting untuk meyakinkan bahwa setiap konsumen yang sudah mencapai tahap action ini memiliki impresi dan pengalaman yang menyenangkan terhadap produk atau jasa yang kita miliki.

Itulah penjelasan mengenai konsep marketing AIDA yang harus Anda ketahui. Dengan adanya penjelasan ini diharapkan Anda dapat memperbarui atau memperbaiki strategi funnel marketing Anda menjadi lebih baik lagi. Sekian insight hari ini, semoga bermanfaat untuk Anda dan jika Anda memiliki usulan topik dapat dituliskan di bawah kolom komentar. Jangan lupa klik like dan juga subscribe untuk mendapatkan video-video menarik lainnya. Sampai jumpa di Toffee #SharingMonday berikutnya.

Share this on :

Follow Us