Memanfaatkan Konsep AIDA untuk Content Writing

https://youtu.be/Bcns41JZlz8

Welcome back to Toffee #SharingMonday! Kali ini bersama saya Farhan Agassi, Content Writer dari ToffeeDev. Setiap Senin, kami akan share insight seputar digital marketing, website, dan juga design. Hari ini kita akan membahas mengenai ‘Memanfaatkan Konsep AIDA Untuk Content Writing‘.

Membuat konten yang menarik dan akan dibaca oleh para pengunjung menjadi tugas dari seorang content writer. Untuk bisa melakukan tugas ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah memanfaatkan konsep yang bisa membuat tulisan kita menjadi lebih menarik.

Dalam dunia marketing dikenal sebuah model pemasaran yang bisa membantu para konsumen untuk bisa mengenal sebuah produk hingga memutuskan untuk membelinya. Hal ini dikenal dengan sebutan AIDA atau Attention, Interest, Desire, dan Action.

Konsep yang satu ini juga sangat bisa diterapkan dalam content writing, terutama jika artikel yang Anda sedang buat adalah artikel soft selling. Bila kita mengikuti keempat tahapan ini secara berurutan, maka kita akan bisa menciptakan sebuah konten yang menarik serta memiliki fungsi untuk menarik perhatian para pembaca.

Attention

Mari kita mulai dengan tahapan yang pertama yaitu Attention. Salah satu cara yang bisa kita lakukan dalam tahapan ini adalah dengan membuat judul serta sub judul yang menarik dan dapat menarik minat orang untuk membaca konten kita. Penggunaan feature image juga bisa membantu di tahap ini.

Interest

Selanjutnya ada interest. Untuk membangun rasa tertarik orang-orang, buatlah paragraf awal yang menjelaskan pain point mereka, atau menyinggung ide utama dari konten Anda. Sehingga akan muncul ketertarikan untuk membaca konten hingga akhir. Contohnya seperti “alasan kenapa SEO penting” atau “apakah Anda merasa penjualan Anda turun?” kira-kira kalimat seperti ini akan bisa membantu untuk menciptakan interest.

Desire

Bangun desire dengan memberikan solusi atau jawaban dari pain point yang sudah Anda singgung sebelumnya.Karena salah satu alasan mereka untuk membaca tulisan Anda adalah untuk bisa mendapatkan jawaban dari masalah/pain point mereka. Jelaskan secara bertahap dan Anda juga bisa buat dalam bentuk listicle yang akan semakin memudahkan mereka untuk membacanya.

Action

Terakhir bangun Action dengan menciptakan Call to action yang menarik untuk jasa atau produk Anda. Buat kalimat yang relate dengan apa yang mereka butuhkan setelah membaca konten Anda hingga akhir.

Sekian insight hari ini. Semoga dapat bermanfaat dan Jangan lupa untuk share. serta jika Anda punya usulan topik untuk kami bahas di video berikutnya, silakan comment dibawah ini. Sampai jumpa di Toffee #SharingMonday berikutnya!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat