5 Langkah Membangun Strategi Social Media Holiday

Strategi Social Media Holiday

Strategi social media holiday yang baik terdiri dari 2 hal, social selling dan social media marketing.

Social selling berguna untuk meningkatkan atau menciptakan brand awareness, mencari lead, bahkan membangun relationship.

Sedangkan social media marketing memiliki tujuan untuk mencari konversi. Keduanya sangat penting untuk bisnis Anda. Sehingga akan sangat baik jika Anda bisa memanfaatkan keduanya untuk strategi social media holiday Anda.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Review Postingan Social Media Holiday Anda

Salah satu cara yang terbaik untuk membangun strategi yang baik adalah dengan melihat dan menilai apa yang sudah Anda lakukan sebelumnya.

Anda dapat melihat apa yang berhasil atau tidak. Sehingga strategi berikutnya dapat Anda develop dengan baik.

Salah satu hal yang bisa Anda cek adalah platform mana yang bisa menghasilkan ROI yang baik, sehingga Anda dapat membangun strategi berdasarkan platform tersebut.

2. Tentukan Goal Anda untuk Strategi Tahun Ini

Tentukan apa yang ingin Anda capai dengan strategi social media holiday Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan awareness, meningkatkan penjualan, membuat lebih banyak orang yang tertarik terlibat dengan merek Anda?

Apapun goal Anda untuk strategi social media holiday Anda untuk tahun ini, pastikan Anda menulisnya.

3. Rencanakan Jadwal serta Strategi untuk Konten Social Media Holiday Anda

Buatlah jadwal untuk memposting setiap konten Anda, dan pastikan konten Anda memiliki visual yang menarik, serta memiliki call to action yang kuat untuk dapat menghasilkan action.

Akan sangat baik jika Anda memiliki tema khusus. Sehingga Anda dapat membangun konten Anda seputar tema tersebut. Sehingga strategi social media holiday akan kohesif satu sama lain.

Setelah mendapatkan tema, Anda dapat menentukan konten seperti apa yang ingin Anda posting, apakah itu promo, sale, kontes, ucapan, atau apapun yang Anda inginkan.

Pastikan konten yang ingin Anda posting dapat memenuhi goal yang sebelumnya sudah Anda tentukan.

Baca Juga: Ini Dampak yang Diberikan Media Sosial Terhadap SEO Anda

4. Ciptakan Konten Bertema Holiday untuk Social Media Anda

Tambahkan sentuhan yang meriah sesuai dengan holiday yang berlangsung. Bisa dengan mengganti foto cover profil Anda, atau mengganti bio deng sentuhan holiday vibe.

 Salah satu rekomendasi adalah melaksanakan kontes, orang-orang akan suka mendapatkan hadiah.

Ada beberapa tips untuk menciptakan konten yang baik, pertama buatlah konten dengan cerita untuk membangu koneksi yang emotional. Menggabungkan visual dan cerita akan memberikan dampak yang cukup signifikan bagi pengunjung profil social media Anda.

Selanjutnya buatlah konten yang relevan dengan audiens Anda. Konten yang Anda buat adalah untuk audiens Anda. Sehingga akan sangat masuk akal bila setiap konten Anda harus relevan dengan audiens Anda. Ini akan menciptakan engagement yang lebih antara Anda dan audiens Anda.

Terakhir jangan hanya ciptakan konten dengan tujuan untuk menjual sesuatu dan pastikan konten Anda memiliki impresi yang dapat bertahan cukup lama.

5. Ukur Kesuksesan Kampanye Social Media Holiday Anda

Ada 2 cara mudah untuk melacak kinerja Anda:

  • Periksa analitik platform social media Anda
  • Siapkan UTM Tagging

Dua hal di atas dapat memberikan Anda insight mengenai performa dari strategi yang Anda jalankan, sekaligus mengetahui apa yang berhasil, dan apa yang tidak berhasil.

Parameter UTM adalah potongan kecil kode yang ditambahkan ke URL Anda yang memungkinkan Anda melacak informasi tentang sumber, media, dan kampanye yang terkait dengan tautan Anda.

Dengan Google Analytics, Anda dapat dengan mudah mendapatkan data berdasarkan URL dengan tag UTM.

Itu semua yang Anda butuhkan dalam membuat strategi social media holiday yang sukses. Manfaatkan tips baru yang akan Anda dapatkan. 

Apakah anda memiliki pendapat yang berbeda? Silahkan bagikan pada kolom komentar. Jangan lupa untuk share artikel ini.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat