Menaikkan Kualitas Konten Dengan Mengikuti E-A-T

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Dalam melakukan teknik SEO, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan salah satunya dengan menggunakan metode EAT. EAT yang merupakan singkatan dari Expertise, Authority, dan Trustworthiness merupakan metode yang sangat penting dalam mengaplikasikan SEO untuk website bisnis. EAT juga digunakan oleh salah satu mesin pencari terbesar di dunia yaitu Google sebagai faktor penilaian apakah website tersebut dapat direkomendasikan dan disajikan kepada pengguna internet.

Lalu, apa saja pengertian yang lebih lanjut dari masing-masing kepanjangan EAT tersebut? Bagaimana cara membuat konten SEO yang berkualitas dengan menggunakan EAT? Simak pembahasannya dari ToffeeDev di bawah ini.

Apa Itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization merupakan metode yang penting untuk digunakan dalam mengembangkan sebuah website. Cara yang biasanya digunakan untuk melakukan SEO ini adalah dengan mengisi konten-konten seperti artikel ke dalam website dan menghubungkannya dengan keyword atau kata kunci yang paling sering dicari oleh pengguna internet.

Masih jarang pemilik website yang menggunakan teknik SEO untuk mengoptimalkan website mereka. Padahal, SEO dapat memiliki manfaat yang sangat penting dalam pengembangan website bisnis dengan meningkatkan peluang agar dapat muncul di halaman pertama mesin pencari. Dengan demikian, peningkatan traffic akan terjadi dan peluang untuk terjadinya transaksi jual beli juga akan lebih besar berkat penggunaan SEO.

Memahami Prinsip EAT untuk SEO

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, EAT digunakan oleh Google sebagai salah satu faktor penilaian akan kredibilitas konten yang disajikan oleh sebuah website. Google ingin menyaring mana saja konten-konten yang dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan kredibilitasnya sebelum disajikan kepada pengguna. Untuk itu, dalam pembuatan konten SEO yang berkualitas dan juga dapat dipertanggungjawabkan, Anda perlu memahami prinsip dari EAT yang diwakili oleh masing-masing inisial, yaitu:

1. Expertise

Dalam membuat sebuah konten, Anda perlu mengisi konten yang telah dibuat oleh ahlinya atau para expertise di bidangnya. Sebagai contoh, Anda merupakan pemilik website dari sebuah bisnis yang bergerak di bidang kimia, contohnya apotek. Maka konten-konten yang dibuat di dalam website tersebut tentunya akan berbicara banyak mengenai obat-obatan, bukan? Untuk mengisi konten-konten tersebut, Anda memerlukan orang yang ahli di bidangnya agar informasi yang disampaikan di dalamnya dapat dipertanggungjawabkan.

Ketika menyajikan hasil pencarian kepada pengguna sesuai dengan kata kunci yang diminta, Google akan lebih merekomendasikan dan memunculkan konten-konten yang ditulis oleh para ahli di bidangnya pada halaman pertama. Oleh karena itu, pastikan konten-konten Anda ditulis oleh orang yang ahli di bidangnya atau setidaknya telah memiliki pengalaman di bidang tersebut.

2. Authority

Reputasi atau authority menjadi prinsip kedua dalam EAT yang perlu Anda perhatikan. Ketika Anda mengisi website dengan konten-konten yang telah ditulis oleh para ahli di bidangnya, maka secara otomatis, reputasi website tersebut juga akan meningkat. Dengan terdapatnya reputasi dari konten-konten yang tersaji dalam website bisnis Anda, maka pengunjung akan terus mengunjungi website tersebut untuk melihat informasi lainnya yang dibutuhkan.Jasa SEO

3. Trustworthiness

Prinsip terakhir dari EAT yaitu trustworthiness atau kepercayaan. Google ingin memastikan bahwa konten yang disajikan kepada pengguna internet adalah konten yang dapat dipercaya. Website yang sudah teruji kredibilitasnya akan memiliki peluang yang besar untuk muncul di halaman pertama Google. Apalagi jika bisnis yang Anda jalani berhubungan dengan topik yang sensitif seperti perpajakan atau virus COVID-19. Maka itu, Anda perlu membuat konten yang dapat dipercaya dengan memanfaatkan dua prinsip sebelumnya yaitu konten yang ditulis oleh ahlinya dan website yang telah mendapatkan reputasi.

Cara Meningkatkan Kualitas Konten dengan Mengikuti Prinsip EAT

Sekarang, Anda telah memahami prinsip kerja EAT dalam SEO, bukan? Setelah memahami ketiga prinsip EAT tersebut, maka sekarang saatnya untuk mempraktikkan EAT ke dalam website Anda. Berikut ini, ada 3 cara untuk meningkatkan kualitas konten dalam website Anda dengan menggunakan prinsip EAT, yaitu:

1. Pasang Profil Penulis Konten

Profil penulis konten bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas konten sesuai dengan kaidah EAT. Anda dapat menyertakan nama penulis konten dan sedikit deskripsi mengenai siapa dia atau background pengalaman kerja.

Selain dari pemasangan profil pada konten artikel, Anda juga dapat memaksimalkan halaman about us pada website atau pengenalan anggota tim. Pada halaman tersebut, Anda bisa memasukkan keseluruhan profil penulis atau bisa dengan memperkenalkan tentang background perusahaan itu sendiri. Dengan demikian, orang akan melihat kredibilitas website secara keseluruhan, terutama jika perusahaan Anda telah memiliki kredibilitas sebelum memasuki dunia digital.

2. Sertakan Sumber yang Digunakan

Hampir setiap konten yang ada di internet diambil dari berbagai macam sumber. Ada konten yang diambil dari sumber cetak, ada juga konten yang diambil dari penulisan ilmiah, atau bahkan ada juga konten yang diambil dari artikel lainnya. Untuk itu, agar Anda dapat meningkatkan kredibilitas dari konten yang dibuat, sertakan sumber yang diambil agar pengunjung dapat percaya dengan isi konten yang mereka baca.

3. Lakukan Evaluasi Konten Secara Berkala

Beberapa konten ada yang memiliki masa tenggang waktu. Seperti contoh yang paling dekat dengan kita saat ini adalah pemberitaan tentang COVID-19. Konten-konten yang telah dibuat sebelumnya mengenai COVID-19 harus diberikan beberapa update sesuai dengan situasi terkini.

Seperti yang kita ketahui, saat ini COVID-19 terus bermutasi hingga menjadi 11 varian (update per Juni 2021). Oleh karena itu, konten-konten yang telah membahas mengenai COVID-19 sebelumnya harus di-update. Hal ini juga berlaku untuk setiap konten yang memiliki tenggang waktu serupa seperti konten tentang pemberitaan virus COVID-19.

Tingkatkan Kualitas Website Anda dengan Prinsip EAT Sekarang Juga!

Jadi, itulah berbagai informasi seputar prinsip EAT untuk SEO dan juga cara membuat konten yang berkualitas sesuai dengan prinsip EAT tersebut. Sebagai kesimpulan, EAT merupakan singkatan dari Expertise, Authority, serta Trustworthiness dan prinsip ini dijadikan sebagai faktor penilaian oleh Google untuk dapat menentukan apakah konten yang disajikan oleh sebuah website dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan kredibilitasnya. Jika Anda saat ini sedang membutuhkan jasa SEO yang dapat membuat konten berkualitas sesuai dengan prinsip E-A-T, maka ToffeeDev siap membantu dan memberikan yang terbaik.

Mengapa Anda harus memilih ToffeeDev sebagai jasa SEO Anda? ToffeeDev merupakan Digital Marketing Agency terpercaya di Indonesia yang telah bekerja sama dengan banyak client dari berbagai jenis sektor usaha. ToffeeDev telah membekali tim kami untuk dapat bekerja dalam menghasilkan konten yang berkualitas, serta dapat dipertanggungjawabkan kredibilitasnya sesuai dengan prinsip EAT. Oleh karena itu, Anda dapat mempercayakan pengelolaan website bisnis kepada ToffeeDev dan kami akan memberikan hasil yang terbaik dengan konten-konten berkualitas.
Selain itu, ToffeeDev juga menggunakan tools terbaik dan terpercaya untuk memastikan bahwa scorewebsite Anda dapat mencapai dengan faktor penilaian dari Google sesuai dengan perkembangan algoritmanya yang terkini. Maka dari itu, hubungi ToffeeDev sekarang juga agar Anda dapat mengembangkan bisnis yang dimiliki di dunia digital dengan menggunakan metode SEO yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post