Bagaimana Mendapatkan Ribuan Traffic ke Website Bisnis Anda?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Sebagian besar pemilik website tentu ingin website mereka dibanjiri pengunjung setiap harinya. Pasalnya, semakin banyak pengunjung dalam sebuah website, semakin tinggi pula traffic website tersebut.

Dunia digital berbasis internet saat ini sangat penuh dengan beragam tipe konten. Tentu saja, pemilik website harus bisa mengatur strategi untuk memastikan bahwa website yang mereka miliki bisa bertahan di antara ribuan website lain yang serupa sehingga bisa mendapatkan traffic yang terbilang stabil.

Sebenarnya, Apa Sih Traffic Itu?

Secara sederhana, traffic website bisa diartikan sebagai jumlah orang yang berkunjung dalam sebuah website, berapa banyak halaman yang mereka lihat, dan durasi atau lama waktu yang dihabiskan pengunjung untuk membaca atau melihat halaman website tersebut.

Ketika seorang user mengunjungi laman website Anda, kunjungan tersebut beserta semua tautan yang mereka klik dan ikuti akan direkam oleh domain. Angka hasil rekaman aktivitas user inilah yang bisa memberikan informasi pada Anda terkait kepopuleran situs yang Anda kelola.

Mengapa Traffic Jadi Hal yang Penting?

Mudah saja. Jika sebuah situs tidak dikunjungi, atau hanya dilihat sedikit orang, situs tersebut sudah pasti akan kalah dan tenggelam oleh situs lain yang serupa dan dikunjungi banyak orang.

Setiap website sudah pasti membutuhkan traffic. Bagaimanapun bagusnya tampilan website Anda, apabila user yang mengunjungi hanya sedikit, website maupun bisnis Anda sangat mungkin tidak mampu bertahan. Bukan tanpa alasan, sebuah situs hanya bertahan jika ada pergerakan traffic yang stabil.

Mengapa traffic menjadi aspek penting dalam eksistensi sebuah situs? Tiga alasan berikut ini bisa menjadi pertimbangan Anda, terlebih jika hendak membuka situs e-commerce:

  • Pertama, traffic yang berasal dari user yang tertarik dengan isi situs atau produk dan layanan Anda mungkin akan meluangkan lebih banyak waktu berkunjung di website Anda dan memberikan rekomendasi website Anda ke orang lain.
  • Berikutnya, apabila durasi seseorang lebih lama saat berkunjung ke situs Anda, ada potensi user akan mendaftarkan diri untuk berlangganan informasi atau menerima konten promo dari website Anda. Artinya, ada peluang user akan menjadi pelanggan tetap.
  • Terakhir, jika berkaitan dengan bisnis, traffic sangat dibutuhkan untuk bisa mendapatkan profit lebih besar dan memastikan bahwa bisnis yang Anda jalankan tetap potensial.

Cara Mendapatkan Traffic Website

Lalu, bagaimana caranya supaya sebuah situs bisa mendapatkan traffic berkali lipat? Berikut beberapa di antaranya:

1. Penggunaan Judul atau Headlines

Judul atau bisa disebut headlines menjadi aspek penting saat Anda membuat konten. Judul menjadi bagian pertama yang menentukan apakah user atau pengunjung tertarik untuk melanjutkan membaca konten Anda, terlebih jika Anda membaginya dalam platform sosial media. Pastikan Anda membuat headlines yang singkat, padat, menarik, dan mampu menggambarkan isi konten. 

2. Pertimbangkan Long-Tail Keywords

Kata kunci atau keywords juga menjadi elemen yang bisa meningkatkan traffic website Anda. Hindari berfokus pada keywords yang spesifik, pertimbangkan untuk menggunakan long-tail keywords atau mencari kata kunci yang sering digunakan user dan relevan dengan konten Anda. 

Baca Juga: Backlink Website: Pengertian dan Jenisnya

3. Pertahankan Kualitas Konten

Anda perlu tahu bahwa sebuah konten dikatakan baik jika mampu memberikan informasi yang akurat kepada pembaca, dan disajikan dengan menarik. Artinya, Anda perlu melakukan riset yang mendalam sebelum menulis sebuah topik. Agar lebih maksimal, Anda bisa menambahkan video, gambar, atau infografis dengan visual yang unik. 

Saat membuat konten, pastikan Anda tidak melakukan plagiasi atau menyalin artikel milik orang lain. Hindari pula menggunakan kata yang sama berulang kali sehingga sebaiknya Anda memakai kata sinonim. Selanjutnya, buatlah sebuah konten yang berkualitas, profesional, dan tidak membahas hal lain yang tidak berhubungan dengan tema.

4. Pertimbangkan Penggunaan On-Page SEO

Jika Anda ingin menaikkan traffic website secara organik, jangan lupa untuk menerapkan teknik On-Page SEO. Coba cek kembali konten Anda, apakah sudah menggunakan kata kunci yang tepat? Apakah sudah dilengkapi dengan alternative texts pada setiap gambar yang Anda gunakan? Apakah sudah memasukkan tautan lain dan menambahkan meta deskripsi? 

Ternyata, masih banyak pemilik website yang belum mengetahui bahwa penerapan On-Page SEO dalam konten sebenarnya tidak membutuhkan banyak waktu. Pun, teknik ini masih menjadi salah satu aspe k yang bisa dikatakan punya peran penting untuk membantu menaikkan traffic website Anda.

5. Tambahkan Tautan Internal

Tautan internal bisa disebut juga tautan yang berasal dari satu halaman situs menuju ke halaman lain dalam situs yang sama. Namun, selalu ingat untuk menggunakan tautan yang memiliki informasi yang masih berkaitan dengan konten di dalam website Anda.

Menggunakan link internal bisa menjadi cara menaikkan traffic situs yang tepat karena membantu Google untuk turut menjelajah situs Anda. Tidak hanya itu, tautan internal juga membuat user yang mengunjungi situs Anda bisa menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan lebih mudah.

6. Teratur dan Rutin dalam Menerbitkan Konten

Banyak pemilik website sering menanyakan seberapa sering mereka harus menerbitkan konten? Jawabannya tentu saja adalah terbitkan konten baru secara teratur dan rutin. Pasalnya, rutin membuat konten menjadi cara terbaik untuk memberi tahu user bahwa situs Anda selalu aktif dan up-to-date.

Sayangnya, membuat tulisan yang berkualitas secara rutin bukan menjadi hal yang mudah dilakukan. Tak heran jika masih sering ditemui situs yang tidak update karena pemiliknya yang tidak menerbitkan konten baru secara konsisten. Padahal, ini akan berdampak pada domain authority website. Tidak hanya itu, traffic website sudah pasti akan mengalami peningkatan apabila Anda menerbitkan konten baru secara rutin dan konsisten.

Baca Juga: Apa Itu Content Marketing dan Tipe Konten

Selain traffic yang meningkat, menerbitkan konten baru secara teratur juga membantu menaikkan peringkat website Anda. Lalu, Anda pun memiliki lebih banyak konten untuk ditautkan dengan konten sejenis lainnya dalam situs. Pengunjung pun akan bertambah karena mereka merasa Anda aktif memberikan informasi.

7. Manfaatkan Media Sosial

Tidak hanya membuat konten yang menarik, informatif, dan pastinya berkualitas, Anda pun perlu aktif melakukan sosialisasi agar semua orang, terlebih calon pelanggan potensial membaca konten tersebut. Cara mudah yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan platform media sosial.

Membagi konten menjadi cara sederhana untuk mempromosikan bisnis Anda. Namun, gunakan strategi yang tepat agar tidak dianggap melakukan spam. Anda bisa membuat jadwal posting sehingga informasi yang ingin disampaikan bisa tepat sasaran. Jangan lupa, gunakan desain yang menarik dan tentunya berkaitan dengan konten Anda. 

8. Menggunakan Strategi Digital Marketing

Jika Anda memiliki bujet lebih, tidak ada salahnya untuk menggunakan strategi pemasaran secara digital atau digital marketing untuk menaikkan traffic website. Jika bisa meletakkan CTA yang tepat dalam konten yang sedang Anda promosikan, hasilnya akan lebih maksimal.
Mudahnya, mendapatkan traffic website bergantung pada seberapa informatif dan menarik konten Anda dan bagaimana Anda konsisten memperbarui konten dalam situs. Anda bisa menggunakan jasa Master SEO atau Pakar SEO untuk membantu memaksimalkan isi website dan lebih mudah mencapai tujuan bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post