Backlink Website: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya untuk SEO

apa itu backlink dan manfaat backlink untuk website Anda 1280x720 1

Istilah backlink untuk para ahli di bidang SEO mungkin sudah tidak asing didengar. Backlink merupakan salah satu aspek penting yang bisa menentukan posisi website di penelusuran mesin pencari. Alhasil, pertanyaan tentang apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkan backlink. Simak artikel berikut ini

Apa itu backlink?

Pengertian backlink adalah salah satu faktor dasar dalam penilaian matriks SEO. Pada website, backlink adalah link yang di sisipkan di website lain dan mengarahkannya ke website milik kita sendiri atau halaman web lain yang sedang di optimasi. Fungsi dan manfaat dari backlink sangat penting untuk meningkatkan peringkat website kita pada mesin pencari dan juga bisa meningkatkan popularitas website serta menaikkan pagerank.

Baca juga: Jenis-Jenis dan Cara Membangun Backlink Berkualitas dalam SEO

Banner SEO - General 2

Setelah memahami apa itu backlink, kini saatnya untuk mempelajari mengapa backlink itu penting. Apa manfaat yang bisa didapatkan dari backlink dan mengapa Anda juga harus memanfaatkannya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa backlink itu penting:

1. Berperan sebagai lalu lintas referral

Jika diperhatikan dengan baik, traffic dari sebuah situs website tidak hanya berasal dari mesin pencari Google, Yahoo dan search engine lainnya. Lalu lintas referral dapat menjadi persentase besar untuk jenis lalu lintas tertentu.

2. Dapat menciptakan hubungan baru

Terkadang saat seseorang sedang membaca sebuah konten, pembaca tersebut memiliki keinginan untuk mengenal pembuat konten dan hal-hal apa saja yang disajikan oleh konten. Orang tersebut kemungkinan besar akan mengikuti media sosial yang dimiliki oleh pemilik konten. Dari situlah hubungan baru tercipta pada pengguna yang satu dengan pengguna lain.

Baca Juga: 4 Cara Membangun Backlink yang Baik dan Tepat

Jenis Backlink

Ada 2 jenis backlink itu sendiri, yaitu one way backlink dan recriprocal backlink

1. One Way Backlink

One way backlink atau backlink satu arah, dimana hanya pemilik website yang dapat menyisipkan link ke website-website tanpa harus menyertakan backlink kembali ke website tersebut. Contoh teknik one way backlink yaitu:

Blog Comment

 Pengguna dapat menyertakan url website pada setiap blog comment sesuatu dengan anchor text yang akan di optimasi

Social Bookmark

Social bookmark merupakan sebuah website dimana pengguna dapat menyisipkan website Anda ke website tujuan dan menjadikannya bookmark.

Signature Forum

Beberapa forum memiliki signature yang akan terpasang setiap pengguna melakukan post, hal ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan backlink 1 arah untuk website pengguna.

Banner SEO - Ebook 2

2. Reciprocal Backlink

Contoh reciprocal link atau backlink 2 arah yang dapat pengguna dapatkan adalah :

Submit directory 

Submit directory merupakan sebuah website dimana website tersebut mengklasifikasikan berbagai website dalam kategori tertentu dan meletakan url website yang di submit kedalam kategori tersebut. Namun biasanya banyak direktori website yang mengharuskan adalah reciprocal link, jadi penguna harus memasang banner, link, dan lain lain pada website mereka.

Link Exchange

Nah ini biasanya di lakukan para blogger di berbagai komunitas blogger, mereka kebanyakan memang menawarkan link exchange, yang tujuannya untuk mendapatkan backlink.

Baca Juga: Jika Anda Menggunakan Backlink, Apakah itu Termasuk White-Hat atau Black-Hat?

Manfaat dari Backlink untuk Ranking Website

Secara umum, manfaat backlink adalah untuk memverivikasi otoritas dan relevansi suatu domain terhadap produk, layanan, atau topik tertentu. Ini tentunya memberikan keuntungan besar bagi pemilik website dalam menghasilkan pendapatan.

Jika website mendapatkan banyak backlink berkualitas dari situs lain, mesin pencari akan lebih cenderung memberikan prioritas pada website tersebut untuk mendapatkan peringkat tinggi.

Mesin pencari seperti Google memandang bahwa website atau konten yang banyak mendapat referensi melalui backlink adalah sumber yang kredibel dan dapat dipercaya, sehingga lebih mungkin muncul di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci terkait.

Dengan meningkatkan peringkat tinggi, lalu lintas organik dan otoritas halaman (seperti nilai Domain Authority dan Page Authority) dari website akan meningkat, yang akan memperkuat reputasinya sebagai referensi yang terkait dengan topik tertentu.

Anda dapat memulai kampanye penjualan produk atau bekerja sama untuk menempatkan iklan berbayar di website yang berhasil mencapai peringkat tinggi di hasil pencarian. Dengan prinsip ini, penting untuk diingat bahwa backlink internal dan eksternal merupakan hal yang penting bagi kesuksesan sebuah website. Selain itu, penting juga untuk mengetahui cara mendapatkan backlink yang berkualitas, bukan hanya sekedar jumlahnya.

Cara Mendapatkan Backlink

Setelah menyadari keuntungan yang bisa diperoleh dari backlink, mungkin Anda mulai tertarik untuk membangun backlink untuk situs web Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mendapatkan backlink.

1. Membuat Konten Berkualitas

Dengan menghasilkan konten berkualitas, orang-orang akan dengan cepat menganggap situs Anda sebagai sumber referensi dan memberikan backlink ke situs Anda.

2. Memanfaatkan Platform Lain

Selain mendapatkan backlink dari pengguna yang menganggap situs Anda sebagai rujukan, Anda juga dapat memanfaatkan platform media sosial untuk mendapatkan backlink. Pasang tautan menuju situs Anda di berbagai platform media sosial yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan tautan situs di berbagai forum diskusi online, kolom komentar blog, dan tempat lainnya.

3. Menggunakan Beberapa Metode Link Building

Berikut beberapa teknik yang dapat Anda terapkan untuk membangun backlink berkualitas:

Melakukan Guest Post: Menulis artikel di blog orang lain dengan menyertakan tautan menuju situs Anda. Hal ini dikarenakan pengunjung akan lebih percaya pada website yang memiliki banyak backlink dari website lain.
Membangun broken link: Mencari tautan yang rusak yang relevan di suatu situs web, kemudian menawarkan situs Anda sebagai penggantinya.
Menggunakan Teknik Skyscraper: Menemukan konten yang memiliki banyak tautan, kemudian membuat konten yang lebih baik dan relevan, serta meminta tautan kembali ke situs Anda.

4. Memanfaatkan Social Media

Media sosial merupakan salah satu alat yang sangat efektif untuk membangun citra dan otoritas di dunia digital. Oleh karena itu, buatlah halaman atau komunitas untuk blog atau brand Anda.

Namun, tidak cukup hanya sampai di situ, Anda juga perlu aktif berinteraksi dengan pengunjung dan pelanggan. Ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan, berkomunikasi melalui komentar, dan mengajukan pertanyaan secara rutin.

Media sosial dapat membantu dalam penyebaran tautan situs web Anda secara alami, meskipun sebagian besar tautan tersebut akan ditandai sebagai bentuk backlink nofollow ketika dipublikasikan. Anda dapat melakukan setelah mempublikasikan postingan baru atau ketika ada informasi terbaru mengenai toko online Anda.

Cara Memeriksa Backlink Kompetitor

Banyak alat gratis yang tersedia untuk memeriksa strategi pembangunan tautan dari pesaing. Untuk penjelasan lebih lanjut, berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa backlink pesaing secara gratis:

1. Menggunakan Site: inurl “nama situs/domain”

Untuk memeriksa backlink pesaing, Anda dapat mengetikkan kode atau jejak langsung ke Google, seperti ini:

site: inurl “nama domain/halaman” Sebagai contoh, site: inurl “https://toffeedev.com/blog/optimasi-seo/”

2. Menggunakan Ahrefs Free Backlink Checker

Ahrefs merupakan salah satu alat yang bisa membantu Anda mengakses data backlink pesaing. Ahrefs dianggap sebagai alat yang direkomendasikan oleh para ahli untuk mendukung optimasi SEO yang terkait dengan pembangunan tautan.

Banner SEO x CRO 2

3. Menggunakan Ubersuggest by Neil Patel

Anda juga bisa menggunakan Ubbersugest untuk memeriksa backlink. Alat ini dapat membantu Anda mengevaluasi kinerja situs web Anda sendiri atau pesaing, termasuk dengan fitur backlink checker. 

Untuk membantu Anda mencapai kesuksesan dalam pemasaran digital, manfaatkan layanan Digital Marketing dari ToffeeDev. Tim ahli yang berpengalaman siap membantu Anda mencapai audiens yang lebih besar melalui strategi pemasaran yang efektif. Segera hubungi kami untuk memulai perjalanan pemasaran yang berhasil!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat