Mengapa Biaya Membuat Website Mahal? Ini Penjelasannya!

biaya buat website

Biaya buat website tidak mahal jika webiste yang dibuat berkualitas. Membuat sebuah website yang bagus tidak mungkin dilakukan tanpa adanya investasi. Dan, sama seperti produk berkualitas lainnya, website yang baik tidak bisa terlalu murah.

Membuat sebuah website seperti anda membuat rumah. Untuk membuat rumah yang baik dan sesuai dengan keinginan anda tidak bisa hanya mengandalkan anda saja. Tetap diperlukan arsitek, kontraktor, dan juga tukang untuk membangunnya.

Website Design & Development juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Web developer banyak menggunakan pengetahuan-nya, waktu dan juga software sebagai sumber daya (resources) untuk mendukung pembuatan sebuah website. Sebuah website bisa menjadi lebih mahal karena web developer menggunakan berbagai resources terbaik dalam pembuatannya.

Dengan banyaknya waktu dan usaha yang diperlukan untuk membuat rencana, mengumpulkan materi, photo, tulisan, design dan development untuk sebuah website, biaya yang di butuhkan semakin tinggi hari demi hari.

Kenapa?

Web Development

Karena permintaan semakin tinggi!

Sekarang pemilik bisnis menginginkan lebih untuk websitenya. Seperti interaksi, terhubung dengan social media, kemampuan mengubah website sendiri, dsb. Dengan kebutuhan fungsi yang tinggi, design untuk mobile (responsive), tampilan menarik, dan mementingkan pengalaman bagi pengguna maka kebutuhan untuk pengerjaan menjadi semakin kompleks dan harapan jauh lebih tinggi dibandingkan 3 tahun lalu. Ini membuat proses pengerjaan menjadi jauh lebih banyak.

Mungkin anda senang untuk menggunakan website seperti Apple, eBay, atau Facebook – dan anda mengharapkan untuk mendapatkan pengalaman yang sama di website anda. Sayangnya, website-website tersebut menggunakan biaya membuat website yang jauh lebih besar. Untuk mendapatkan hasil seperti mereka, dibutuhkan perencanaan, code, refine dan test.

Untuk membuat sebuah website dengan tingkat fungsional dan efektifitas yang baik, ada beberapa element yang dibutuhkan

Goals

Kesalahan utama mereka yang ingin membuat website adalah mereka tidak memiliki tujuan mengapa mereka membuat sebuah website. Alih-alih memikirkan pentingnya dampak website, mereka justru fokus pada biaya buat website. Hal ini sebenarnya bisa dikondisikan dengan tujuan Anda, kenali dulu baru petakan harga dan konsultasikan pada ahlinya. Tidak ada yang salah dengan bertanya dan nego bukan?

Seperti hal lainnya di dunia ini, anda perlu membuat tujuan. Apapun tujuannya! Baik itu jumlah pengunjung, rata-rata waktu yang digunakan oleh pengunjung, mendapatkan calon pelanggan, hingga penjualan.

Design

Bagian ini adalah yang terpenting dalam sebuah website. Kami menghabiskan banyak waktu untuk menyesuaikan antara Brand bisnis anda, dengan goal, dan pengalaman pengguna yang masuk kedalam website anda.

Beberapa elemen yang biasa kami kerjakan termasuk:

  • Konsep – Riset dari kompetitor, industri, melihat bagaimana brand anda. Kami perlu melihat berbagai resource agar mencapai kebutuhan yang pas.
  • Multiple Screen Size – Dengan berkembangnya mobile dan tablet, semakin banyak orang mengakses menggunakan alat-alat tersebut. kami perlu menyiapkan untuk memberikan tampilan yang baik bagi mereka. Belum lagi ditambah dengan Retina Display (thanks to Apple).
  • Layout – Setiap website setidaknya memiliki halaman Home, About, Service, dan Contact. Setiap halaman ini memiliki layout yang berbeda karena memang kebutuhannya berbeda. Designer perlu membuat halaman ini menjadi lebih menarik bagi para pengunjung website sekaligus juga dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Development

Ada dua komponen dalam pembuatan sebuah website. Kami menyebutnya front-end dan back-end. Front-end adalah apa yang dilihat oleh pengunjung website anda. Disini adalah tugas designer untuk memberikan tampilan (User Interface – UI) dan Pengalaman pengguna (User Experience – UX).

Komponen lainnya adalah back-end. Disinilah bagian terpenting yang memungkinkan semua fungsi di front-end dapat berfungsi dengan baik. Setiap fitur dari sebuah website terbentuk dari barisan kode dalam back-end yang terdiri dari ribuan hingga jutaan baris.

Beberapa element yang diperhatikan untuk tahap ini:

  • Memilih Content Management System (CMS) – Apakah website menggunakan WordPress atau Joomla, atau Magento, atau yang lainnya? Setiap sistem memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung dari kebutuhan website tersebut.
  • Device Support – Siapa pengguna anda dan dimana mereka akan menggunakan website anda. Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini, banyak yang perlu diperhatikan baik dari code, design, dan future development.
  • Third-Party Integration – Apakah website anda perlu di integrasikan dengan aplikasi pihak ketiga seperti marchant account, credit card processing? atau integrasi dengan  Facebook login, atau Google Maps? Share cerita melalui Twitter, Facebook, Google+? Kami dapat membuat code untuk aplikasi sendiri. Tapi apabila memerlukan integrasi ini, maka kami akan bergantung pada dokumentasi dan kemampuan integrasi yang disesuaikan agar dapat memenuhi kebutuhan anda. Ini akan membutuhkan waktu untuk mempelajarinya agar mendapatkan hasil yang tepat.

Dengan banyaknya Software yang dibuat untuk lebih banyak dijual dengan biaya rendah dan volume tinggi, Orang-orang berpikir sekarang ‘mudah’ dan ‘murah’ untuk membuat sebuah website.

Sebenarnya tidak ada langkah mudah untuk melakukan semua hal tersebut. Dibutuhkan Rencana, Waktu, Perhatian, Usaha, dan Keahlian. Simak lebih lengkap elemen apa saja yang menyebabkan harga jasa pembuatan website bisa sangat berbeda.

Apabila anda mencari untuk website yang dapat menceritakan brand anda, mencapai target pelanggan yang tepat, dan mudah digunakan, maka anda perlu menyiapkan budget yang lebih tinggi – tetapi tetap sesuai dengan ekspektasi anda

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat