Mengenal UI Design Secara Lebih Mendalam

UI Design Adalah

Jika Anda memperhatikan website atau aplikasi yang digunakan di dalam smartphone, Anda pasti merasa bahwa produk tersebut nyaman digunakan. Maka dari itu Anda sering membuka dan menggunakannya. Namun di dalam proses pembuatan website atau aplikasi tersebut, sebenarnya ada usaha besar yang dilakukan. Salah satunya adalah mengurus UI Design. Apa itu UI Design? UI Design adalah kepanjangan dari User Interface Design.

Bisa dibilang, posisi UI Design dalam dunia pembuatan website dan aplikasi sangatlah penting. Tanpa ada UI Design, maka ada pekerjaan yang tidak akan bisa terselesaikan dengan baik dan sesuai. Untuk membahas UI Design lebih lanjut, maka simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

UI Design Adalah…

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, UI Design adalah kepanjangan dari User Interface Design. Artinya adalah desain antarmuka yang dibentuk untuk website dan aplikasi. Selain itu juga bisa untuk komputer, peralatan elektronik, dan lainnya. Dengan begitu maka ketika digunakan oleh penggunanya, akan terasa maksimal.

Memang, UI Design itu fokus kepada desain dari tampilan website dan aplikasi yang ingin dibuat. Jadi, sudah jelas bagaimana pengertian UI Design itu sendiri. Tanpa adanya UI Design, maka sudah pasti penampilan website dan aplikasi tersebut akan buruk.

Untuk membuat UI Design yang baik pun tidaklah mudah. Banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan dan dikerjakan. Apalagi di sini kita berbicara perihal desain. Tidak semua orang memiliki taste desain yang baik. Ada yang memang berbakat dalam memilih desain, tapi tidak untuk pembuatan website dan aplikasi. Kondisi ini sering ditemui. Sayangnya tidak disadari oleh pemilik website dan aplikasi tersebut. Pada akhirnya, satu paket desain yang terdapat di dalamnya terhitung buruk dan membuat penggunanya merasa tidak nyaman.

Unsur Dalam UI Design

Di dalam UI Design sendiri cukup banyak unsur yang memiliki posisi sama penting. Dimulai dari Layout (tata letak), Visual Design (desain visual), serta Branding. Memang tidak ada satupun bagian dari tiga unsur ini yang memiliki posisi yang tidak terlalu penting.

Dengan Layout yang baik, maka para pengguna website dan aplikasi bisa mengerti apa saja yang ada di dalam halaman tersebut. Mereka tidak akan merasa bingung ketika menggunakannya. Kemudian dengan Visual Design yang baik, maka kombinasi warna dan gambar yang ada di dalamnya membuat website dan aplikasi itu jauh lebih bagus lagi. Terakhir adalah Branding. Bisa dibilang untuk Branding ini cukup kompleks karena dengan kesan yang ingin didapatkan dari UI Design tersebut, maka diperlukan satu paket desain yang baik.

Apalagi branding setiap perusahaan itu berbeda-beda. Tidak semuanya memiliki branding yang sama. Ada yang ingin lebih formal. Ada yang ingin terlihat muda. Bahkan ada yang ingin berada di antara kedua branding tersebut. Tidak terlalu formal, tapi tetap terlihat muda. Maka dari itu, posisi UI Design itu sangat penting karena tanpa adanya UI Design, maka website dan aplikasi yang dibuat tidak akan sukses.

Baca Juga: Asah Kemampuan Belajar UI UX Dengan Cara Ini

Itulah penjelasan tentang apa itu UI Design beserta unsur-unsur di dalamnya. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat