Mengerti Lebih Banyak Tentang Local SEO

Dalam beberapa tahun belakangan ini, SEO (Search Engine Optimization) telah menjadi salah satu strategi pemasaran paling populer di dunia online. Ini adalah proses optimasi website anda untuk memastikan search engine menemukan website anda dan menampilkan informasi bisnis anda kepada para pencari.

Salah satu hal yang utama dan paling penting dalam SEO yang perlu diketahui oleh semua bisnis adalah mereka perlu mengetahui perbedaan antara mendapatkan pengunjung website dan mendapatkan pengunjung yang tepat kedalam website. Siapapun yang menggunakan internet dapat secara tidak sengaja masuk ke website anda, tetapi untuk memastikan lebih banyak pengunjung website yang akhirnya menjadi pelanggan, anda perlu mendapatkan pengunjung website yang tepat untuk masuk ke website anda.

Internet adalah tempat yang besar, dan apabila bisnis ingin memastikan kalau mereka tidak hanya mendapatkan pengunjung, tetapi mendapatkan pengunjung di sekitar area bisnis mereka, maka mereka perlu menerapkan local SEO. Selain itu, mendapatkan pengunjung di Surabaya untuk bisnis yang berada di Jakarta berarti tidak menggunakan SEO secara efektif.

Logika dibelakang pendekatan ini cukup sederhana. Pertama, anda perlu mengetahui apa yang calon pelanggan anda ketikkan saat mereka mencari informasi untuk menemukan bisnis anda di search engine seperti Google, Yahoo! atau Bing.

Selanjutnya, anda perlu memilih kata kunci yang tepat untuk mencapai lokasi dari bisnis anda. Menargetkan kepada pasar lokal dengan menambahkan kota di depan atau belakang kata kunci pilihan anda.

Sebagai contoh, Daripada menggunakan frase keyword SEO ‘Dokter Gigi’, anda bisa menggunakan frase ‘Dokter Gigi Jakarta Barat’. Dengan cara ini, anda hanya berkompetisi dengan dokter gigi lain di kota anda, daripada anda berkompetisi dengan seluruh dokter gigi di Indonesia.

Ini kenapa memilih frase kata kunci lokal sangat penting. Perlu di ingat, apabila anda ingin mencapai pelanggan di suatu area dengan beberapa kota kecil, atau anda berada di kota sebelah kota besar, anda lebih baik menggunakan nama kota sekitar dalam proses optimasi.

Saat anda membuat konten untuk local SEO, penting bagi anda untuk menambahkan kata kunci anda se-natural mungkin. Hal ini bukan hanya bagus untuk search engine, tetapi juga bagus untuk calon pelanggan anda yang membaca konten tersebut.

Walaupun saat ini Google adalah search engine terbesar di Indonesia, ini bukanlah satu-satunya. Oleh karena itu, pastikan anda mengembangkan keberadaan anda di search engine besar lainnya seperti Yahoo! dan Bing.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat