Studi Kasus: Search Campaign Dengan Penargetan Demografik

Meskipun Google selalu menawarkan pengiklan banyak kontrol atas pencocokan istilah pencarian iklan mereka dengan berbagai tipe pencocokan keyword dan keyword negatif, banyak pengiklan sering harus bekerja keras untuk mencocokkan niat pengguna untuk pencarian mereka.

Sebagaimana dalam menjalankan SEM menghabiskan banyak waktu untuk penelitian keyword, membangun daftar keyword, dan meninjau kinerja keyword membuat orang terlupa bahwa pelanggan mereka bukanlah keyword melainkan orang. Seorang yang berusia 19 tahun dan 70 tahun melakukan pencarian di Google untuk istilah “ekstensi rambut” yang mungkin mencari produk yang sangat berbeda. Dan seorang pria dan seorang wanita mencari “sepatu kulit” online tidak mungkin mencari jenis sepatu yang sama.

Dengan adanya tujuan pengguna itu maka Google memungkinkan pengiklan AdWords untuk penargetan usia dan jenis kelamin dalam kampanye pencarian, seperti kebanyakan platform iklan online lainnya.

Opsi penargetan demografis baru dapat ditemukan di tingkat grup iklan kampanye penelusuran Google AdWords. Dari tab “Audiences”, sebuah sub-tab baru bernama “Demographics” tersedia dan menunjukkan data kinerja bagaimana usia dan jenis kelamin yang berbeda tampil di grup iklan. Pengiklan dapat menggunakan data ini baik untuk  membuat penyesuaian bid untuk demografi yang berbeda atau dapat mengecualikan pengguna berusia tertentu atau jenis kelamin dari iklan yang mereka jalankan di SERP.

 penargetan-demografik

Sama seperti ketika menggunakan penargetan demografis untuk kampanye display, pengiklan dapat lebih terperinci tentang pilihan demografis, seperti wanita usia 25-34, tampil di kampanye pencarian mereka dengan memilih “View demographic combinations.” Tidak seperti pada jaringan display, pengiklan pencari tidak dapat secara khusus menargetkan pengguna berdasarkan status keorangtuaan mereka saat ini.

 

Studi Kasus : Penargetan Demografis Untuk Search Campaign

Meskipun baru untuk sebagian besar pengiklan, namun mungkin bisa menjadi referensi Anda dalam mengoptimalkan kampanye Anda. Berikut dapat dilihat beberapa studi kasus yang menggunakan penargetan demografis dalam mengoptimalkan Search Campaign:

Bedah Plastik Memblokir Jenis Kelamin Laki-Laki Untuk Melihat Iklan Mereka

Sekarang ini ternyata, wanita cenderung menjadi satu-satunya mendapatkan pengobatan pembesaran payudara. Menariknya, bagaimanapun, sebagian besar orang yang mencari “payudara yang lebih besar” secara online cenderung adalah laki-laki! Sungguh tidak dapat dipercaya!

Contoh seorang klien ahli bedah plastik telah berupaya untuk mengatasi masalah “rasa ingin tahu” laki-laki dengan iklan pencarian selama bertahun-tahun. Baru-baru ini, dengan menggunakan penargetan demografis baru AdWords ‘, ia mampu memblokir orang dari melihat iklannya di SERP. Setelah memblokir status laki-laki untuk melihat iklannya untuk prosedur perempuan, biaya pencarian dan CPA berkurang setengah tanpa kehilangan lead!

Penjual Bunga Membuat Pengaturan Bid Untuk Target Laki-Laki

Contoh seorang klien toko bunga lokal menemukan bahwa meskipun laki-laki relatif sedikit mengunjunginya situs-nya, pria yang berkunjung di situsnya jauh lebih mungkin untuk mengkonversi dan biasanya ketika mereka melakukan pembelian jauh lebih banyak dari pada perempuan!

Menanggapi pengamatan tingkat konversi yang lebih tinggi dilakukan oleh laki-laki, ia melakukan bidding lebih agresif untuk pria mencari bunga daripada wanita dengan penyesuaian bid. Hasilnya adalah bahwa sekarang ia menarik lebih banyak orang ke situs dan orang-orang sekarang membuat sebagian besar penjualan online-nya melalui kampanye pencariannya!

 

Dari dua contoh studi kasus diatas dapat dilihat beberapa hal yang dapat kita manfaatkan dalam penggunaan kampanye iklan pencarian pada suatu bisnis.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda akan mencobanya?

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top
WhatsApp chat