Optimalkan Blog Anda Dengan 10 Cara SEO Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Memiliki blog sendiri memang menjadi nilai penting yang wajib dipenuhi untuk setiap website bisnis. Selain untuk meningkatkan traffic ke dalam website, blog juga berguna untuk memberikan informasi kepada para pengunjung. Dengan melihat bagaimana website Anda sering membagikan informasi penting dan bermanfaat, maka nilai brand bisnis menjadi lebih meningkat lagi. Namun bagaimana caranya mengoptimalkan blog?

Pertanyaan di atas memang sering dilontarkan oleh bisnis dengan website yang memiliki blog. Keberadaan blog mampu membantu kinerja website lebih baik lagi dalam penerapan strategi SEO (Search Engine Optimization). SEO memang penting untuk dilakukan dan dioptimasi untuk konten blog karena sangat membantu dalam mendapatkan traffic yang jauh lebih tinggi. Pengunjung lebih mudah menemukan berbagai konten blog di dalam website Anda berkat SEO. Bahkan dapat muncul di peringkat pertama dalam Google Search Engine.

Dalam mengoptimalkan blog, Anda dapat menggunakan beberapa cara SEO yang sudah terbukti ampuh. Namun dari sekian banyak cara ini, memang sebaiknya lebih disarankan untuk melakukan secara menyeluruh. Jadi, bagaimana cara mengoptimalkan blog dengan strategi SEO? Anda dapat mengikuti informasi selengkapnya dari Digital Marketing Agency ToffeeDev di bawah ini.

10 Cara SEO untuk Optimalkan Blog

Total ada 10 cara SEO untuk melakukan optimalisasi blog. Optimalisasi ini memang membutuhkan tenaga kerja yang lebih besar. Namun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tepat, maka dapat berakhir manis melalui hasil kenaikan traffic dan meningkatnya brand awareness. Berikut barisan caranya.

1. Riset Keyword

Ketika berbicara mengenai SEO, maka tidak akan bisa lepas dari riset keyword. Keyword menjadi kebutuhan penting untuk optimasi konten blog. Alasannya adalah keyword mampu dilihat oleh mesin Google dengan lebih mudah sehingga dapat terindeks secara optimal. Dengan begitu, konten blog Anda jauh lebih mudah ditemukan di dalam Google Search Engine.

Proses riset keyword juga tidak boleh sembarangan. Anda dapat menggunakan beberapa tools bantuan untuk riset keyword. Bisa juga memanfaatkan Google Search Engine melalui fitur suggested keyword di dalam kolom pencarian. Apapun cara yang Anda gunakan, jangan lupa untuk riset keyword terlebih dulu.

2. Gunakan Keyword Semantik

Coba gunakan keyword semantik yang merupakan bagian dari kata kunci Latent Semantic Indexing (LSI). Ketika Anda memasukkan sebuah keyword lalu melakukan pencarian di Google Search Engine, maka terlihat penelusuran yang terkait keyword tersebut. Dari penelusuran yang terkait itu, Anda dapat menggunakan sebagai keyword untuk konten di blog. Mudah, bukan? Itulah mengapa Anda jangan lupa memanfaatkan keyword semantik ini.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Tentang Semantik SEO

3. Buat Judul yang Menarik dan Efektif

Sekarang waktunya masuk ke proses pembuatan konten blog. Nilai penting dalam membuat judul konten blog adalah menarik dan efektif. Menarik untuk diklik pengunjung dan efektif karena tidak terlalu panjang. Memang untuk cara ini terhitung susah-susah gampang. Namun dengan langsung mempraktikkannya, Anda dapat belajar untuk membuat judul yang menarik dan efektif lebih cepat lagi.

Jangan lupa untuk memasukkan keyword yang akan dioptimasi ke dalam judul. Hal ini menjadi bagian penting dalam penerapan strategi SEO. Jika tidak ada keyword di dalam judul, optimasi menjadi kurang maksimal lagi.

Jasa SEO

4. Gunakan Internal Linking

Internal linking adalah praktik memasukkan beberapa link dari laman lain di website Anda ke dalam konten blog. Dengan praktik ini, maka konten-konten lain di dalam blog Anda dapat menarik pengunjung juga. Jadi, yang mendapatkan kenaikan traffic tidak hanya di satu laman blog saja, tetapi juga konten lainnya. 

Baca juga:  7 Tren Terbesar SEO Untuk Bisnis Anda di 2021.

5. Manfaatkan Gambar dan Video

Tidak dapat dimungkiri bahwa setiap orang lebih senang dengan tampilan visual, seperti gambar dan video, dibandingkan dengan teks saja. Namun ketika teks digabungkan dengan tampilan visual dari gambar dan video, maka konten blog Anda semakin bernilai dan menarik. 

Namun agar tetap bisa dioptimasi, jangan lupa untuk memasukkan keyword untuk judul gambar karena dapat membantu untuk menarik pengunjung website. Google juga lebih senang dengan gambar yang memiliki judul mengandung keyword

6. Tambahkan Meta Description

Optimasi SEO di dalam konten blog tidak berhenti sampai dengan gambar saja. Anda wajib menambahkan meta description sebagai teaser dari konten blog di dalam hasil pencarian atau SERP. Pembuatan meta description harus mengandung keyword dengan kombinasi kata-kata menarik untuk membuat orang yang melihatnya tertarik membacanya. 

Meta description tidak boleh lebih dari 160 karakter karena akan membuat tampilannya di dalam hasil pencarian menjadi terlalu panjang. Akhirnya ada yang terpotong sehingga tidak enak untuk dipandang. 

Baca Juga: 5 Cara Membuat Meta Description Terbaik

7. Gunakan Heading

Untuk semakin mengoptimalkan penggunaan keyword, jangan lupa untuk menggunakan heading dalam konten blog. Heading 2 dan 3 menjadi hal paling penting untuk digunakan. Khusus untuk heading 2, sebaiknya masukkan keyword di dalamnya agar semakin mengoptimalkan konten tersebut dalam penerapan strategi SEO. 

Penggunaan heading dalam konten blog juga membuatnya lebih mudah dibaca oleh mesin Google yang melakukan crawling ke website Anda. Dengan begitu, semakin mudah untuk mendapatkan posisi tinggi di dalam hasil pencarian. 

Baca Juga: 6 Strategi Pemasaran SEO untuk Jangka Panjang

8. Pilih Kategori

Untuk menata konten blog menjadi lebih rapi, Anda perlu memasukkan kategori di dalamnya. Kategori ini dapat dipisahkan dari topik utama dari konten tersebut. Contohnya, ada kategori tips n trick, review, dan news.

Jika konten tersebut lebih condong membahas tips n trick, maka pilih kategori tersebut. Dengan mengumpulkan konten-konten berdasarkan kategori, blog website Anda semakin rapi dan tertata. 

9. Optimasi Konten Blog Lama

Bagaimana jika ternyata Anda memiliki barisan konten blog lama yang memang belum dioptimasi dengan SEO? Jangan ragu untuk melakukan optimasi SEO untuk konten blog lama. 

Tambahkan keyword yang tepat, lalu letakkan di judul, meta description, kalimat pertama, hingga judul gambar. Jangan lupa lakukan internal linking agar konten-konten di dalam blog Anda membentuk satu rangkaian yang saling menyambung berkat cara tersebut. 

10. Buat Artikel Lebih Mudah Dibaca

Untuk poin ini, Anda harus memastikan bahwa artikel atau konten yang dibuat lebih mudah dibaca. Caranya dengan membahas artikel dengan lebih rinci, tapi menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Selain itu, jangan sampai ada paragraf yang terlalu panjang karena sudah pasti tidak terlalu nyaman untuk dibaca dalam jangka waktu lama. 

Membuat artikel yang mudah dibaca memang membutuhkan latihan dan praktik secara langsung. Seiring berjalannya waktu, sudah pasti konten yang dibuat jauh lebih berbobot dan mudah dibaca dengan penulisan rapi. 
Itulah informasi lengkap tentang bagaimana mengoptimalkan blog dengan berbagai cara SEO yang bermanfaat untuk Anda terapkan. Apakah Anda membutuhkan dukungan strategi SEO yang tepat sasaran dan sesuai target bagi bisnis? Jangan ragu untuk menghubungi Jasa SEO ToffeeDev sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post