Pentingnya Promosi Kesehatan di Tengah Pandemi

Pandemi COVID-19 yang sudah terjadi selama beberapa bulan terakhir ini memang membuat banyak sektor industri terkena dampak yang cukup menyakitkan. Sudah banyak keputusan PHK, pemotongan gaji, hingga dirumahkan karena dampak pandemi ini. Dengan kondisi yang sangat tidak bagus untuk sebagian besar bisnis, maka sebenarnya perlu ada usaha besar dari sektor industri lain yang bisa bertahan di tengah krisis. Salah satunya adalah dengan melakukan promosi kesehatan.

Ya, mungkin Anda akan mengernyitkan dahi ketika mendengar soal promosi kesehatan. Namun memang, untuk masalah pandemi yang menyerang kesehatan, maka diperlukan promosi yang terkait dengan kesehatan juga.

Bagi yang belum tahu, dalam dunia promosi, memang ada term promosi kesehatan. Promosi kesehatan adalah sebuah ilmu yang berusaha membantu masyarakat untuk mengubah gaya hidup mereka menjadi lebih sehat agar tubuh tetap befgunsi secara optimal. Tidak dapat dipungkiri, ketika ada masalah pandemi yang berimbas kepada perputaran roda bisnis, membuat banyak orang mengalami masalah.

Apalagi ditambah dengan banyak yang tidak hanya terkena masalah kesehatan fisik saja, tetapi juga kesehatan jiwa dan sosial. Inilah yang coba dipromosikan dalam hal ini. Diperlukan perbaikan dari keseimbangan kesehatan fisik, sosial, emosi, spiritual, hingga intelektual. Jadi banyak sekali hal yang harus diperbaiki di dalam promosi kesehatan.

Dengan banyaknya hal yang harus diperbaiki, kondisi ini membuat promosi ini selalu berusaha mencakup semua hal. Apa saja bagian-bagian yang dicakup dalam promosi kesehatan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Lingkungan

Promosi kesehatan berusaha untuk mengubah lingkungan yang ada menjadi lebih mendukung dari sisi kesehatan. Tidak dapat dipungkiri, dalam pandemi ini masih banyak orang yang tidak sadar dengan kesehatan diri sendiri dan orang lain. Tetap saja mereka melakukan aktivitas yang sebenarnya bisa saja tidak perlu dilakukan pada saat ini. Masih sering pergi untuk nongkrong dan lainnya malah bisa membahayakan orang lain yang memang juga harus berada di luar karena hal penting.

Promosi kesehatan selalu didengungkan agar lingkungan yang ada menjadi lebih mendukung keselamatan dari setiap orang yang ada. Jadi, tidak ada lagi orang yang hanya memikirkan dirinya sendiri saja. Semuanya bahu membahu membangun lingkungan yang menjaga kesehatan.

Perilaku

Selain itu diperlukan juga perubahan dari perilaku setiap orang. Tidak lagi hanya memikirkan diri sendiri, tetapi juga orang lain. Menggunakan masker, sering cuci tangan, dan berusaha untuk tidak keluar rumah menjadi kesadaran yang sekarang coba dibangun. Dengan perubahan perilaku yang terjadi, maka kesehatan masyarakat akan lebih terjaga.

Kesadaran

Pada akhirnya, semuanya ini dilakukan ada setiap orang orang sadar bahwa kesehatan itu penting. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 ini. Kian hari, kian banyak orang yang sadar bahwa menggunakan masker, sering cuci tangan, dan hal-hal lainnya yang sebelum pandemi tidak pernah dilakukan, memang sudah harus menjadi kebiasaan. Dengan semakin meningkatnya kesadaran, maka semakin meningkat pula standar gaya hidup sehat masyarakat banyak.

Baca Juga: Mencari Tahu Cara Promosi Yang Menarik

Itulah penjelasan tentang pentingnya promosi kesehatan di tengah pandemi COVID-19 ini. Jadi, jangan lupa untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda. Semoga informasi yang diberikan di dalam artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat