Pentingnya Sebuah Artikel Di Dalam Website

Halo semuanya. Welcome back to Toffee #SharingMonday. Kali ini bersama saya dengan Eddy. Untuk kalian yang baru pertama kali menyaksikan Toffee #SharingMonday, jangan lupa untuk klik tombol ‘subscribe‘-nya. Karena, setiap hari Senin, tim Toffee akan memberikan informasi dan tips menarik seputar dunia digital marketing. Mulai dari web developing, web design, Search Engine Optimization, engine marketing, dan masih banyak hal lainnya.

Mengapa Artikel Penting untuk Sebuah Website?

Untuk pekan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai ‘pentingnya artikel di dalam sebuah website’. Tahukah kalian, kenapa sebuah website harus memiliki artikel-artikel di dalamnya? Ada beberapa kegunaan dari penggunaan artikel tersebut.

1. Sumber Traffic

Yang pertama adalah sebagai sumber traffic atau keuntungan di dalam website kalian. Jika kalian sudah mempunyai website, tentunya kalian ingin meningkatkan penjualan di dalam website tersebut. Salah satunya adalah dengan cara meningkatkan traffic atau kunjungan di dalam website kalian. Kalian bisa memanfaatkan artikel-artikel tersebut untuk meningkatkan hal ini. Kalian bisa memberikan artikel yang bersifat informatif dan sesuai dengan produk, jasa, atau website kalian.

Selain itu juga, jika kalian mempunyai tools seperti SEMrush, maka kalian bisa melihat bahwa intensitas penggunaan internet atau volume pencarian di dalam internet, itu jauh lebih banyak orang-orang menggunakan internet untuk mencari hal-hal yang bersifat informatif dibandingkan mencari produk atau jasa yang sifatnya spesifik.

2. Membangun Image Brand

Fungsi lainnya dari artikel tersebut adalah untuk membangun image brand website kalian. Semakin banyak artikel yang kalian buat, maka image brand terhadap website kalian akan semakin baik. Lalu, bagaimana artikel tersebut dapat dikatakan baik? 

Artikel yang baik adalah artikel yang dapat memberikan informasi yang sesuai dengan yang dicari oleh pengguna internet. Bisa menjawab beberapa hal yang dicari oleh pengguna internet, bisa dengan mudah mencapai halaman 1 Google dan juga harus diperhatikan dari segi user experience, baik itu versi mobile ataupun desktop.

Bagaimana Sebuah Artikel Bisa Memasuki Halaman 1 Google?

Untuk memasuki halaman 1 Google, maka sebuah artikel harus mempunyai isi yang tepat. Lalu, ada juga penggunaan URL yang digunakan. Adanya heading 1 di dalam artikel tersebut,  lalu isi dan juga panjang dari title tag dan deskripsi dari artikel tersebut. Ada juga penggunaan internal link. Kemudian ada juga penggunaan alt image untuk gambar-gambar yang digunakan di dalamnya. Lalu ada juga informasi mengenai date published atau kapan artikel tersebut di-published di dalam website kalian. Lalu, ada juga informasi di bagian outer box, yaitu informasi tentang siapa yang memberikan artikel tersebut.

Lalu kemudian, kalian juga harus memperhatikan dari segi user experience. Dari segi user experience kalian bisa menggunakan atau memanfaatkan subheading atau heading 2 di dalam artikel kalian. Karena, tidak semua orang akan membaca dari awal sampai akhir artikel-artikel kalian. Mungkin kebanyakan orang hanya akan membaca di awal lalu kemudian menuju ke bagian atau paragraf yang mereka butuhkan. Itu pentingnya penggunaan subheading atau heading baru artikel tersebut.

Lalu kemudian adanya internal link. Kalian bisa memanfaatkan internal link, agar pengguna internet di dalam website kalian bisa tetap berada di dalam website kalian. Kalian bisa menggunakan internal link dari satu artikel ke artikel lainnya yang masih relate. 

Lalu kemudian ada juga dari segi time loading baik itu versi mobile ataupun desktop. Jangan sampai artikel kalian dimuat terlalu lama sehingga pengguna internet tidak jadi membaca artikel-artikel di dalam website kalian.

Sekian insight yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat. Jangan lupa like dan share, dan juga comment jika kalian ada beberapa hal atau topik yang ingin dibahas. Sekian dan terima kasih.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat