Perbedaan SEO On Page dan Off Page

Welcome to Toffee #SharingMonday, kali ini bersama saya Raditya. Setiap Senin kami akan share insight seputar Digital Marketing, design, dan website. Kali ini saya akan membahas mengenai Perbedaan On Page dan Off Page SEO. Mungkin beberapa sudah familiar dengan apa itu SEO. Sebagai pengingat, SEO adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan website yang Anda miliki untuk berada di halaman pencarian mesin pencari seperti Google. Dalam SEO, kita mengenal On Page dan Off Page SEO. Lantas, apa itu On Page dan Off Page SEO, serta apa saja perbedaannya? Mari kita bahas!

SEO On Page

On Page SEO adalah sebuah langkah SEO untuk mengoptimalkan halaman web agar mendapat traffic organic yang baik, serta peringkat tinggi di mesin pencari seperti Google. Selain berfokus untuk membuat dan menerbitkan konten yang relevan dan berkualitas tinggi, On Page SEO juga memiliki fokus untuk mengoptimalkan judul artikel, heading artikel, paragraf, title tag, meta description, dan juga gambar di dalam halaman tersebut.

SEO Off Page

Lantas, apa itu Off Page SEO? Berbeda dengan On Page SEO, Off Page SEO adalah sebuah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar website, untuk mendukung langkah On Page SEO. Tujuannya adalah untuk membuat website dapat muncul di halaman teratas mesin pencari. Off Page SEO memiliki beberapa fokus, seperti menjaga domain dan page authority, melalui link building dan aktivitas pengoptimalan eksternal lain.

Perbedaan SEO On Page Dan SEO Off Page

Nah, setelah kita mengetahui pengertian On Page dan Off Page SEO, kita bisa menyimpulkan perbedaan di antara keduanya, yaitu On Page SEO merupakan salah satu praktik SEO yang berkutat di dalam halaman website dan bertanggung jawab atas pembuatan dan pengoptimalan konten di sebuah halaman website, agar dapat muncul di peringkat teratas mesin pencari, dengan mengutamakan relevansi konten dengan keyword yang telah dipilih. Sedangkan Off Page SEO merupakan salah satu langkah optimasi yang berkutat di luar halaman website dan bertanggung jawab atas pengoptimalan sebuah website dengan melakukan link building, menjaga domain dan page authority, mengoptimalkan local SEO, serta meningkatkan EAT atau Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness. Sebagai kesimpulan, On Page SEO merupakan langkah optimasi yang berfokus pada perbaikan internal website Anda, sedangkan Off Page SEO merupakan langkah optimasi yang berfokus pada perbaikan eksternal website Anda.

Sekian insights hari ini.  Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share. Serta jika Anda punya usulan topik yang bisa kami bahas di video berikutnya, silakan comment dibawah ini. Sampai jumpa di Toffee #SharingMonday berikutnya!

Share this on :

Follow Us