Mengenal Perbedaan Promosi dan Pemasaran yang Serupa Tapi Tak Sama

Perbedaan promosi dan pemasaran menjadi salah satu hal yang banyak ditanyakan oleh para pemilik bisnis ketika mereka ingin melakukan sesuatu untuk mengembangkan bisnis mereka. Keduanya sering sekali digunakan dalam berbagai macam kesempatan. Tiap bisnis mungkin sudah menerapkan keduanya. Namun, masih banyak juga yang belum mengerti bahwa dua hal ini adalah hal yang berbeda satu sama lain. Memahami perbedaan ini akan bisa membuat Anda lebih mudah dalam menyusun berbagai rencana pemasaran serta memilih sarana promosi yang tepat untuknya.

Lalu, bagaimana cara untuk bisa membedakan antara promosi dan pemasaran? Kita bisa mengenali perbedaan dari hal ini dengan mengetahui pengertian dan fungsi dari keduanya. Secara umum, pemasaran dianggap sebagai proses menciptakan, mengomunikasikan, dan memberikan nilai kepada audiens. Sedangkan itu, promosi adalah tindakan menyebarkan berita tentang suatu produk atau jasa. Jika pernyataan tersebut masih belum bisa memberikan Anda gambaran mengenai perbedaan keduanya, maka penjelasan di bawah ini mungkin bisa membantu. Pahami informasi berguna mengenai promosi dan pemasaran hanya di sini.

Perbedaan Promosi dan Pemasaran

Untuk bisa memahami letak perbedaan mengenai dua hal ini, kita akan butuh pemahaman yang lebih baik mengenai pengertian, tipe dan keuntungannya. Berikut ini adalah informasi mengenai hal tersebut.

Mengenal Apa Itu Promosi

Promosi adalah ketika Anda menciptakan sebuah produk atau jasa yang bisa memenuhi kebutuhan atau menciptakan keinginan dalam diri seseorang dengan tujuan menarik calon pembeli, kemudian memberitahukan atau menawarkan hal tersebut kepada khalayak yang lebih ramai. Anda menawarkan produk atau jasa dan kemudian mempromosikan solusi, manfaat solusi, atau nilai solusi. Hal ini membuat promosi sering dikaitkan dengan penjualan, yang sama sekali tidak salah. 

Anda akan menjual sebuah produk atau jasa. Tentu saja ini akan membuka kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan sesuatu sebagai imbalannya. Dengan begitu, promosi bisa diartikan sebagai tindakan menyebarkan berita tentang produk atau jasa agar bisa mempengaruhi minat para target audiens untuk membelinya. 

Baca Juga: Jenis-jenis Promosi Dalam Dunia Bisnis

Jenis-jenis Promosi

Ada banyak jenis promosi, tentunya dengan banyak teknik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Beberapa bentuk yang paling umum dijumpai adalah sebagai berikut ini:

  • Promosi penjualan
  • Promosi Digital
  • Periklanan
  • Pemasaran langsung
  • Penjualan pribadi

Manfaat Promosi

Sebagai sebuah cara untuk bisa memperkenalkan produk dan jasa yang Anda jual, promosi juga memiliki berbagai macam manfaat lainnya yang tentu saja berguna bagi bisnis Anda. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Meningkatkan brand awareness
  • Mendorong lebih banyak trafik dari calon konsumen
  • Meningkatkan angka penjualan dan keuntungan
  • Memberikan informasi yang sesuai dan berguna untuk pelanggan

Jasa SEO

Mengenal Apa Itu Pemasaran

Ada beberapa cara untuk menggambarkan pemasaran, yang paling sederhana adalah menganggap sebuah pemasaran sebagai proses menciptakan produk atau jasa bisnis. Dengan ide yang tepat, persiapan dan pelaksanaan yang matang, sebuah bisnis akan bisa menyusun produk atau jasa yang akan disukai dan akan digunakan oleh pelanggan. 

Hal ini akan membantu bisnis untuk menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitif serta menghasilkan basis pelanggan. Pemasaran juga menjadi sebuah metode bagi bisnis untuk bisa membangun citra brand dengan memproduksi dan memperkenalkan produk atau jasa ke pasar melalui pemasaran bertarget yang dilakukan melalui berbagai macam sarana.

Hal di atas bisa disederhanakan menjadi 4P,  Product, Price, Place dan Promotion atau biasa juga disebut sebagai marketing mix. Untuk strategi pemasaran, Anda akan memulai dengan pengembangan produk, yang melibatkan penelitian dan riset pasar, menentukan target pelanggan Anda, menganalisis pesaing, dan memutuskan manfaat apa yang akan ditawarkan dengan produk atau jasa Anda.

Selanjutnya, memutuskan strategi penetapan harga yang akan bergantung pada berbagai faktor, seperti menjual dengan biaya rendah untuk meningkatkan penjualan dan menghasilkan keuntungan berdasarkan volume, atau menetapkan harga tinggi untuk menciptakan margin yang lebih tinggi dan menghasilkan keuntungan seperti itu.

Place” mengacu pada tempat Anda akan menjual produk atau jasa, bisa melalui online, melalui toko atau menggunakan grosir, pengecer, dan lain-lain. Terakhir, melakukan promosi untuk memperkenalkan produk dan jasa ini ke target audiens Anda. Bisa dibilang jika promosi menjadi bagian dari sebuah kegiatan pemasaran.

Baca Juga: Memahami Konsep Strategi Pemasaran yang Tepat

Jenis-jenis Pemasaran

Pemasaran adalah tentang merancang, menciptakan, dan mengomunikasikan. Ini adalah proses membuat khalayak ramai sadar akan nilai yang bisa diberikan oleh perusahaan dan bisnis Anda. Proses ini dimulai dengan mengumpulkan informasi dari pelanggan Anda untuk memahami siapa mereka dan apa yang mereka inginkan. Anda harus menyebarkan informasi itu ke seluruh dunia, dalam bentuk yang mudah dicerna oleh massa. Artinya Anda harus memiliki sesuatu yang nyata dan dapat ditempatkan di depan audiens, di mana mereka akan memperhatikannya dan merasak ketertarikan. Kegiatan ini biasanya terdiri dari dua bentuk utama: digital atau fisik. Contohnya adalah:

  • Pemasaran media sosial
  • Pemasaran Berbayar
  • Pemasaran Afiliasi
  • Email Pemasaran
  • Pemasaran Internet
  • Pemasaran Luar Ruangan

Manfaat Pemasaran

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dari sebuah pemasaran yang dibuat dengan teliti, rapi, dan juga berdasarkan data yang akurat. Manfaat-manfaat tersebut adalah:

  • Jangkauan yang luas
  • Penghematan biaya
  • Tingkatkan prospek dan konversi
  • Hasil yang terukur

Baca Juga: Apa itu Pemasaran Online dan Manfaatnya untuk Bisnis

Penggunaan Promosi dan Pemasaran yang Tepat

Selain mengetahui perbedaan keduanya dari segi pengertian dan jenisnya, penting juga bagi kita untuk mengetahui waktu yang tepat untuk menggunakannya. Pemasaran sering kali terjadi ketika sebuah perusahaan ingin menjangkau jumlah orang sebanyak mungkin dan mempromosikan produk dan jasanya. Mencakup penyebaran pesan melalui media sosial, iklan cetak, dan segala bentuk promosi lainnya. Sedangkan itu, promosi lebih banyak mengacu pada waktu ketika bisnis tidak dalam posisi untuk secara aktif memasarkan produk dan jasanya. Contohnya seperti ketika perusahaan sedang berkembang dan berusaha untuk mempromosikan produknya kepada pelanggan yang sudah ada atau pelanggan potensial.

Bagi pemilik bisnis membedakan antara pemasaran dan promosi adalah hal yang wajib. Pemasaran bisa menjadi fokus yang lebih besar dengan menjadikan promosi bagian didalamnya. Pemasaran adalah proses memperkenalkan brand kepada audiens yang ditargetkan, sedangkan promosi adalah ketika brand “dijual” ke publik. Satu hal yang penting untuk dipahami adalah bahwa kedua istilah tersebut tidak dapat disamakan, dan cara yang bagus untuk menunjukkannya adalah dengan mengenali fungsinya. Dengan perubahan teknologi, baik pemasaran maupun promosi menjadi lebih rumit dan mendalam sifatnya adalah sebuah kewajiban untuk bisa bersaing dengan banyak orang dan brand lainnya.

Untuk memantapkan bisnis Anda, gunakan  Jasa SEO dari Digital Marketing Agency ToffeeDev. Kami siap menjadi mitra yang membantu dalam menyukseskan rencana pemasaran bisnis yang sudah disusun. Tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan jasa kami. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lainnya yang lebih lengkap serta memulai untuk konsultasi mengenai digital marketing bisnis Anda di sini

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat