Perkembangan Teknologi Informasi : Dampaknya Sampai Saat Ini

perkembangan teknologi informasi

Perkembangan teknologi informasi kini semakin pesat, terutama dalam era digital seperti saat ini. Jika pada zaman dahulu manusia melakukan komunikasi secara lisan, kini manusia dapat melakukan komunikasi secara mudah melalui email, telepon, televisi, internet, hingga media sosial. 

Sebagai makhluk sosial, tentu manusia akan memiliki ketergantungan terhadap orang lain yang ada di sekitarnya. Dalam menjalani kehidupan sehari-harinya, mereka juga perlu melakukan interaksi dan komunikasi dengan orang lain.

Melalui artikel kali ini, Anda akan mempelajari lebih mendalam mengenai perkembangan teknologi informasi hingga dampaknya pada kehidupan masyarakat saat ini. Simak penjelasan berikut ini sampai tuntas ya!

Sejarah Singkat Perkembangan Teknologi Informasi

Sejarah Singkat Perkembangan Teknologi Informasi

Untuk membantu Anda dalam memahami perkembangan yang terjadi pada bidang teknologi informasi, berikut adalah penjelasan singkat sejarah perkembangan teknologi informasi yang perlu Anda ketahui.

1. Sebelum Abad ke-20

Pada perkembangan teknologi einformasi, terdapat hal-hal yang berkesan. Salah satunya adalah ditemukannya telepon pertama kali oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875.

Penemuan ini selanjutnya dikembangan untuk menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan menggunakan kabel yang meliputi seluruh daratan di Amerika hingga komunikasi trans-atlantik. 

Jaringan komunikasi ini sendiri merupakan salah satu infrastruktur masif pertama yang dibangun oleh manusia dalam melakukan komunikasi global. 

2. Abad ke-20

Sejarah perkembangan teknologi informasi selanjutnya yaitu memasuki abad ke-20, tepatnya yang terjadi di antara tahun 1910 hingga 1920. 

Pada abad ke-20, perkembangan dalam teknologi informasi ditandai dengan transmisi suara secara nirkabel melalui siaran Radio AM.

Semenjak saat itu, perkembangan komunikasi tanpa kabel ini terus mengalami perkembangan dengan pesat, hingga akhirnya ditemukan teknologi komputer elektronik pada tahun 1943.

3. Abad ke-21

Selanjutnya memasuki abad ke-21 yang dimulai pada penemuan komputer elektronik pada tahun 1943. Pada tahun ini, penemuan komputer elektronik terus mengalami perkembangan yang diikuti dengan miniaturisasi komponen elektronik dengan penemuan transistor pada tahun 1947.

Hingga akhirnya, miniaturisasi menciptakan rangkaian yang terpadu dan melahirkan mikroposesor yang merupakan otak dari perkembangan komputer hingga saat ini,

Perkembangan dalam teknologi informasi pun semakin berkembang dan berevolusi hingga menghasilkan telepon seluler yang saat ini sudah banyak digunakan oleh kalangan masyarakat. 

Baca Juga : 5 Cara Dalam Optimalkan Teknologi Voice Search

Jasa SEO

Dampak Teknologi Informasi di Kehidupan Masyarakat

Perkembangan teknologi informasi tentu memberikan dampak tersendiri bagi kehidupan masyarakat. Melalui perkembangan ini, para masyarakat sangat dimudahkan dalam melakukan pekerjaan pada berbagai bidang yang dimilikinya. 

Adapun beberapa dampak dari perkembangan teknologi informasi dalam berbagai bidang, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis, dampak teknologi informasi diterapkan pada proses perdagangan secara elektronik atau biasa dikenal dengan istilah e-commerce. E-commerce sendiri merupakan platform yang memudahkan dua belah pihak, yaitu antara penjual dan pembeli. Sehingga dalam melakukan transaksi tanpa harus bertemu secara tatap muka. 

2. Dunia Pendidikan

Perkembangan dalam teknologi informasi juga memiliki dampak pada dunia pendidikan, yaitu dengan hadirnya platform e-learning yang memberikan kemudahan kepada pengajar dan pelajar dalam melakukan proses pembelajaran secara daring.

Dengan kehadiran e-learning dalam kegiatan pembelajaran, maka kini para pelajar dan pengajar sudah tidak diharuskan lagi untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka dan sudah bisa dilakukan melalui jarak jauh.

Kehadiran e-learning sendiri memiliki peranan yang penting dalam dunia pendidikan, terutama ketika dunia mengalami pandemi Covid-19 seperti pada tahun 2019 lalu. Karena melalui e-learning, proses pembelajaran bisa tetap dilakukan walaupun melalui jarak yang jauh. 

3. Dunia Transportasi

Ternyata, perkembangan dalam bidang teknologi informasi juga memiliki dampak dalam dunia transportasi. Jika pada zaman dahulu masyarakat harus membeli tiket pesawat, kereta, dan bus secara langsung, kini para masyarakat bisa melakukan pemesanan tiket hanya melalui telepon seluler yang dimilikinya. 

Tak hanya itu, perkembangan dalam dunia transportasi juga semakin berkembang semenjak hadirnya teknologi pesawat terbang. Di mana, pada pesawat terbang ini terdapat fitur pilot otomatis yang dapat dikendalikan melalui program komputer. 

Baca Juga : 8 Cara Mempercepat Loading Website

Tren Teknologi Informasi Saat Ini

Tren Teknologi Informasi Saat Ini

Dalam perkembangannya, kini teknologi informasi sudah menghadirkan berbagai macam produk yang memberikan banyak manfaat kepada penggunanya. Adapun beberapa tren teknologi informasi yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat, berikut di antaranya:

1. Cloud Computing

Cloud computing atau komputasi awan merupakan penyampaian layanan komputasi, termasuk server, penyimpanan, basis data, jaringan perangkat lunak, dan intelijen melalui internet “awan” untuk menawarkan inovasi yang lebih cepat, sumber daya yang fleksibel, dan lebih hemat biaya. 

  1. Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) adalah salah satu teknologi informasi yang saat ini sedang ramai dibicarakan oleh para masyarakat luas. Hal ini dikarenakan kemampuan yang dimilikinya dalam melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia. 

2. APIs

API atau Application Programming Interface merupakan produk teknologi informasi yang dapat memungkinkan bagi perusahaan untuk membuka data dan fungsionalitas aplikasi mereka kepada pengembang pihak ketiga eksternal, mitra bisnis, dan departemen internal di dalam perusahaan mereka.

Penggunaan APIs sendiri dapat memungkinkan bagi layanan dan produk untuk saling melakukan komunikasi antara satu sama lain dengan memanfaatkan data serta fungsionalitas antarmuka yang terdokumentasi.

Baca Juga : 5 Cara Kerja Artificial Intelligence dan Contohnya

Kesimpulan

Perkembangan teknologi informasi kini semakin pesat dan menghadirkan banyak kemudahan kepada masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari, terutama dalam melakukan komunikasi.

Sebelum ditemukannya telepon pertama kali oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875, manusia pada zaman dahulu hanya bisa melakukan komunikasi melalui lisan saja. Setelah itu, manusia mulai merasakan kemudahan dalam berkomunikasi melalui telepon seluler seperti saat ini.

Dengan perkembangan dalam teknologi dan informasi, kini para masyarakat bisa melakukan komunikasi secara mudah melalui telepon seluler yang dimilikinya, walaupun melalui jarak yang jauh. 

Melalui perkembangan teknologi informasi, tentu Anda tidak bisa terlepas dari kegiatan digitalisasi dalam melakukan kegiatan bisnis. Untuk memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan pemasaran, Anda bisa memanfaatkan jasa web developer dari ToffeeDev untuk menyusun kegiatan pemasaran yang efektif dan efisien.

ToffeeDev sendiri merupakan salah satu Digital Marketing Agency Indonesia terbaik di Jakarta yang siap membantu bisnis Anda dalam merencanakan dan mengembangkan strategi Digital Marketing terbaik untuk mencapai tujuan bisnis yang Anda miliki.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai layanan apa saja yang disediakan oleh ToffeeDev, Anda bisa langsung menghubungi kami di sini!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat