Kenali Proses Riset Pemasaran di Dunia Digital

proses riset pemasaran

Menjalankan sebuah usaha tidak hanya dibutuhkan perencanaan mengenai bagaimana sebuah bisnis akan dibangun. Tetapi diperlukan pula proses riset pemasaran sebagai salah satu cara agar brand dapat berkembang lebih besar bahkan menjadi pemimpin pasar. 

Pemasaran bertujuan untuk memperkenalkan sebuah produk kepada publik melalui berbagai media baik digital maupun konvensional, sehingga riset terhadap pasar mengenai minat terhadap produk sangat dibutuhkan. Simak penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu riset pemasaran di bawah ini.

Apa Itu Riset Pemasaran?

apa itu riset pemasaran

Marketing research atau riset pemasaran adalah proses pengumpulan data yang berkaitan dengan produk dan pasar sebagai paduan seluruh kegiatan pemasaran. Riset pemasaran dilakukan dengan menganalisis kondisi sebuah produk barang atau jasa yang dihasilkan diterima target pasar atau tidak. 

Riset pemasaran membutuhkan berbagai sumber data untuk hasil yang lebih akurat dan diolah dengan beberapa metode. Hal ini dikarenakan sebuah usaha membutuhkan data yang benar-benar menunjukkan kondisi pasar terhadap produk guna menyusun strategi pemasaran baru dan meningkatkan penjualan. Riset pemasaran juga digunakan sebagai tolak ukur kesuksesan produk yang beredar. 

Tujuan Riset Pemasaran

Riset pemasaran tidak hanya bertujuan untuk membantu perusahaan menentukan strategi pemasaran dan penjualan, tetapi terdapat banyak tujuan penting berkaitan dengan pengembangan sebuah usaha. Beberapa tujuan riset pemasaran yang harus Anda ketahui antara lain:

  1. Evaluasi produk barang dan jasa, sehingga diketahui kelebihan dan kekurangan pada produk
  2. Membantu memanfaatkan celah pasar untuk mengembangkan produk dan memenuhi kebutuhan pasar
  3. Membantu menentukan metode penjualan yang sesuai agar tepat sasaran
  4. Mendapatkan informasi berkaitan dengan penilaian produk yang secara langsung diberikan oleh konsumen
  5. Mengetahui sejauh mana keberhasilan proses pengenalan produk kepada khalayak
Jasa SEO

Pentingnya Riset Pemasaran Bagi Bisnis Online

Perlu diketahui bahwa riset pemasaran memiliki manfaat besar dalam berjalannya sebuah usaha, terutama bisnis online. Riset pemasaran dapat membantu Anda untuk menentukan segmentasi pasar sehingga manfaat dan tujuan produk dapat tersampaikan. Selain itu, riset memberikan berbagai data yang dapat membantu meningkatkan kinerja perusahaan dan kualitas suatu produk. 

Sebuah usaha dibentuk dengan melihat peluang pasar melalui penyediaan kebutuhan akan barang maupun jasa. Sehingga beragam informasi mengenai kebutuhan pasar dapat membantu memberikan preferensi barang atau jasa yang sedang dibutuhkan dan banyak diminati. 

Dalam pemasaran digital, penting untuk mengikuti perubahan tren yang terjadi. Hal tersebut dapat menjadi peluang pemasaran karena produk berpotensi untuk dilihat lebih banyak orang. 

Data yang diperoleh melalui riset pemasaran juga dapat digunakan untuk mengarahkan iklan agar lebih tepat sasaran melalui digital marketing. 

Sebagai pemilik usaha, Anda dapat menganalisis perilaku belanja pelanggan dan jenis pemasaran seperti apa yang menarik bagi target pasar. Kemudian, terapkan strategi yang disusun melalui data tersebut untuk mencapai tujuan pemasaran yang maksimal.

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Promosi

Peran Riset Pemasaran Dalam Rencana dan Strategi Pemasaran  

1. Menciptakan Ide

Setiap pertumbuhan pasar dapat membantu Anda membangun konsep bisnis Anda. Secara khusus, ini akan memberi tahu Anda tentang pasar yang akan berkembang dan bertindak sebagai fondasi bagi perusahaan Anda begitu Anda mulai menjalankan bisnisnya secara mandiri.

2. Variasi Pilihan Ide

Jangan membatasi diri Anda hanya pada satu konsep perusahaan ketika Anda melakukan bisnis di pasar karena ada banyak pilihan yang tersedia. Di masa mendatang, Anda dapat menemukan beberapa konsep yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan dapat digunakan sebagai alternatif.

3. Mempermudah Pengembangan Konsep

Kesulitan mengembangkan konsep merupakan salah satu kendala yang biasa dirasakan dalam kaitannya dengan pengembangan bisnis perusahaan. Anda bisa memiliki akses ke banyak informasi dan data dengan bantuan pemasaran riset, yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengembangkan business plan.

4. Pengembangan dan Strategi Pemasaran

Anda dapat terhubung ke sejumlah pelatihan aktif melalui riset pemasaran. Ini penting karena ini menunjukkan seberapa cepat keadaan pasar dapat berubah dari satu hari ke hari berikutnya. Anda dapat memperoleh berbagai pengetahuan yang dapat digunakan sebagai panduan untuk rencana pemasaran berikut dengan strategi yang tepat.

5. Mengembangkan Produk

Apakah Anda pernah berpikir bagaimana sebuah perusahaan dapat meningkatkan penjualan hanya dengan mengubah kemasan yang tersedia bagi pelanggan? Hal ini dikarenakan adanya penyesuaian strategi yang dilakukan melalui peningkatan pemasaran yang ditargetkan pada pasar sasaran atau segmen pasar sehingga dapat memahami kebutuhan dengan baik.

6. Test Pasar (Bertujuan untuk komersialisasi)

Riset pasar apa pun dapat digunakan sebagai percobaan untuk melihat apakah hasil riset yang sudah ada sesuai dengan tujuan kita. Ini jelas mempengaruhi komersialisasi atau terciptanya penjualan di masa depan yang menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

6 Langkah Dalam Proses Riset Pemasaran

langkah riset pemasaran

Riset pemasaran memiliki beberapa proses yang harus diperhatikan. Lakukan proses riset pemasaran secara berurutan agar data yang diciptakan valid dan dapat digunakan untuk perencanaan, evaluasi, serta pengembangan strategi pemasaran. Berikut merupakan langkah proses riset pemasaran:

1. Perumusan Masalah

Setiap penelitian membutuhkan rumusan masalah sebagai kerangka awal penelitian. Temukan masalah dalam pemasaran yang membuat penjualan produk kurang optimal, sehingga nantinya penelitian dapat berjalan terarah sesuai dengan tujuan dan menghasilkan jawaban atas masalah yang dirumuskan sebelumnya.

2. Tentukan Jenis Data Riset Pemasaran

Setelah merumuskan masalah, selanjutnya tentukan jenis data yang dibutuhkan dalam riset pemasaran. Terdapat beberapa jenis riset pemasaran berdasarkan data yang dibutuhkan seperti analisis kompetitor, penjualan produk, strategi pemasaran, persaingan harga, dan masih banyak lagi. 

Menentukan jenis data dilakukan agar fokus pencarian data penelitian tidak melebar dan menghasilkan banyak data yang tidak berkaitan dengan rumusan masalah.

Baca Juga: Melihat SEO dari Cara Pandang Digital Marketing

3. Tentukan Metode Riset Pemasaran

Riset pemasaran dapat dilakukan dengan beberapa metode pengumpulan data yaitu kuesioner, focus group discussion, survei, wawancara, dan observasi. Sesuaikan metode riset dengan target pasar dan kemampuan perusahaan mendapatkan narasumber. Namun, kemudahan teknologi saat ini memudahkan peneliti untuk menemukan narasumber serta mengambil data tanpa batasan jarak dan waktu. 

Disarankan untuk menggunakan 2 jenis data yaitu primer yang didapatkan langsung dari target pasar dan data sekunder yang didapatkan melalui referensi beberapa sumber baik buku, situs online, maupun pendapat ahli.

4. Pengumpulan Data

Setelah seluruh rancangan riset pemasaran tersusun, Anda dapat mulai melakukan penelitian dengan metode yang telah ditentukan. Pilih narasumber yang mengetahui produk serta proses pemasaran baik secara digital maupun konvensional. Selain itu, pastikan narasumber untuk bersikap responsif dan memberikan jawaban yang jujur agar data yang dikumpulkan akurat.

5. Analisis Data

Setelah seluruh data dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah melakukan analisis. Data mentah cenderung sulit memberikan jawaban atas masalah mengingat berbagai respon yang diterima dari beberapa narasumber. Untuk itu perlu dilakukan analisis untuk menciptakan data yang mudah dibaca dan disimpulkan.

6. Membuat Laporan Hasil Riset Pemasaran

Langkah terakhir dalam proses riset pemasaran adalah membuat laporan hasil penelitian. Laporan riset pemasaran berisi tentang seluruh rencana penelitian, proses riset, dan hasil yang ditemukan. Melalui laporan hasil ini, perusahaan menemukan jawaban atas permasalahan dan dapat merancang rencana pemasaran baru sebagai solusi.

Jadi itulah proses riset pemasaran yang memiliki berbagai manfaat bagi usaha Anda. Pemasaran merupakan kunci keberhasilan sebuah produk sebab berkat iklan yang baik, produk dapat dilihat lebih banyak audiens. Temukan jalan keluar permasalahan pemasaran Anda dengan jasa optimalisasi digital marketing ToffeeDev. 

ToffeeDev hadir membantu mengembangkan usaha Anda melalui strategi dan berbagai produk layanan digital marketing terbaik untuk mendukung setiap tujuan,visi, serta misi perusahaan. Hubungi ToffeeDev sekarang untuk solusi strategi pemasaran terbaik bagi bisnis Anda. 

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat