Referral Marketing, Cara Pemasaran Klasik yang Harus Anda Ketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Tidak salah jika referral marketing disebut sebagai cara pemasaran klasik dan sederhana. Teknik marketing ini sangat berhubungan erat dengan word of mouth marketing atau pemasaran dari mulut ke mulut. Contohnya adalah pelanggan Anda yang merekomendasikan produk atau brand kepada orang lain. Itulah kenapa referral marketing dikenal sebagai teknik yang ampuh untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Lalu, seperti apa model dan cara menggunakannya?

Pengertian referral marketing

Referral marketing adalah strategi promosi yang mendorong pelanggan untuk mengajak pelanggan baru. Jadi, bukan Anda yang mengajak calon pelanggan baru untuk bergabung, tapi pelanggan yang sudah dimiliki. Karenanya, tekniknya bisa dibilang mirip dengan teknik promosi word of mouth. Namun, bentuk ajakannya bisa beragam, baik itu ajakan membeli, membuat akun, hingga membagikan konten. 

Pemasaran Referral termasuk salah satu strategi terbaik. Idealnya, seseorang lebih percaya pada referensi dari kenalan mereka daripada apa yang dikatakan oleh brand. Sebab, sudah pasti sebuah brand akan menyampaikan hal baik tentang produknya, namun orang terdekat bisa memberi tahu review yang lebih jujur, entah itu sisi positif atau negatif dari sebuah brand. 

Baca Juga : Seberapa Berharga Review Produk Dalam Bisnis Online?

Kelebihan referral marketing

Pemsaran Referral banyak disukai dan dilakukan oleh brand bukan tanpa alasan. Selain karena bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan melalui ajakan dari pelanggan yang telah dimiliki, berikut kelebihannya yang lain: 

1. Targetnya jelas

Referral marketing adalah teknik pemasaran yang memiliki target jelas. Anda berharap agar pelanggan yang sudah dimiliki sekarang akan merekomendasikan produk atau jasa ke kenalan mereka. Pasalnya, pelanggan dan kenalannya memiliki karakteristik yang mirip. 

2. Tingkat kepercayaan tinggi

Umumnya, orang cenderung lebih percaya pada apa yang dikatakan oleh orang lain daripada promosi dari brand. Orang-orang ini berpikir bahwa rekomendasi dari orang lain lebih tepercaya sebab ia tidak berafiliasi dengan brand tersebut. Makanya, apa yang dikatakan oleh orang lain terhadap suatu produk maupun brand bakal lebih mudah dipercaya. 

3. Jangkauannya tinggi

Berkat adanya website, media sosial, dan e-commerce, tingkat jangkauan atau reach referral marketing jauh lebih luas. Kalau dulunya seseorang hanya bisa merekomendasikan produk atau jasa ke keluarga atau orang terdekatnya, kini bisa jauh lebih luas dengan memanfaatkan bantuan teknologi. Sebagai contoh, orang menulis di blog atau media sosial untuk merekomendasikan produk atau jasa Anda. 

4. Gratis

Teknik pemasaran referral marketing adalah seratus persen gratis tanpa perlu biaya sedikit pun. Orang yang merasa puas dengan produk atau jasa Anda akan dengan sukarela merekomendasikannya pada orang terdekat. Dengan begitu, Anda tak perlu repot melakukan promosi ke orang yang lebih banyak. Biarkan pelanggan yang puas dengan produk Anda merekomendasikannya untuk orang lain. 


Referral marketing adalah teknik pemasaran klasik yang masih amat ampuh menjaring pelanggan baru sampai dengan saat ini. Tak heran banyak brand menggunakan teknik ini untuk promosi produk maupun jasanya. Apabila Anda tertarik membuat program referral untuk suatu produk atau jasa, bisa hubungi ToffeeDev sebagai digital marketing agency yang akan membantu membuat program referral untuk brand Anda, termasuk mempublikasikannya ke publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post