4 Alasan Mengapa Anda Harus Menerapkan Responsive Web Design

Responsive Web Design

Apakah website bisnis Anda telah menerapkan prinsip responsive web design? Prinsip tersebut mungkin masih terdengar asing, tetapi membawa manfaat besar bagi website Anda. Ada alasan kuat Anda harus menerapkan desain website yang responsif demi kenyamanan pengunjung saat melihat website

Simak penjelasan lengkap mengenai responsive web design, mulai dari pengertian, karakteristik, hingga langkah penerapannya dalam artikel ini.

Apa Itu Responsive Web Design?

Responsive web design artinya tampilan website yang responsif dan mampu menyesuaikan dengan perangkat (device) yang digunakan pengguna. Prinsip ini melibatkan proses merancang tampilan website Anda agar mampu disesuaikan dengan ukuran atau resolusi layar perangkat apa pun. 

Ada pun aspek dalam website yang harus disesuaikan mencakup user interface, gambar, video dan font. Tampilan website-nya pun dibuat dengan komposisi terbaik agar kompatibel dan sesuai perangkat yang sedang digunakan oleh pengunjung.

Contoh sederhananya seperti ini: website akan tampil lebih lebar di layar komputer atau laptop, tetapi mampu menghadirkan versi mini saat diakses melalui smartphone. Pengguna pun tak perlu melakukan zoom-out atau memperkecil halaman website saat melihat konten yang muncul di layar tersebut karena ukuran tulisan dan gambarnya telah disesuaikan.

Web developer perlu menerapkan responsive web design demi menambah kenyamanan dan user experience (UX) pengguna saat mengakses website Anda. Di sisi lain, responsive web design dapat meningkatkan ranking website di Search Engine Result Page (SERP). Algoritma mesin pencari selalu berusaha menampilkan website terbaik dan pastinya nyaman dikunjungi.

Baca Juga: 15 Cara Agar Website Bisnis Anda Mudah Dicari di Google

3 Karakteristik Responsive Web Design

Website Anda disebut menjalankan prinsip responsive web design apabila memiliki karakteristik di bawah ini.

1. Layout Teratur

Layout atau tata letak website yang teratur dan sesuai tempatnya merupakan karakteristik yang wajib dipenuhi. Saat mengembangkan website, Anda perlu membuat layout yang non-responsive dahulu, kemudian menambahkan pengaturan CSS responsive. Kueri media (media queries) perlu ditambahkan agar tampilan website langsung responsif di semua resolusi layar.

2. Media Tampil Secara Keseluruhan

Pernahkah Anda melihat website yang tidak bisa menampilkan beberapa gambar saat diakses di smartphone? Tandanya website tersebut belum responsif. Anda harus menyesuaikan ukuran gambar atau video yang diunggah dengan kode CSS ini: img { max-width: 100%; height: auto; }. Kode tersebut memungkinkan gambar tampil secara keseluruhan dan sesuai layar perangkat yang digunakan.

Baca Juga: Bagaimana Mendapatkan Ribuan Traffic ke Website Bisnis Anda?

3. Tipografi Ideal

Font atau tipografi juga memengaruhi responsive web design. Setiap tulisan dalam website harus diukur menggunakan ukuran pixel agar bisa disesuaikan dengan parent container yang digunakan. Hal ini tentunya membuat ukuran tulisan yang tampil sesuai resolusi layar perangkat yang dipakai pengguna sehingga tidak terlalu besar atau kecil.

4 Alasan Anda Harus Menerapkan Responsive Web Design

Anda mungkin bertanya-tanya mengenai pentingnya penerapan responsive web design ini pada website. Tentunya, ada alasan di balik penerapan prinsip ini, mulai dari pengguna smartphone yang bertambah hingga peningkatan pengalaman pengguna. Lihat penjelasannya di bawah ini.

1. Pengguna Smartphone Meningkat

Sebanyak 89,03% pengguna internet di Indonesia mengakses website dari ponsel mereka. Anda pun harus memberikan versi mobile dari website yang dibuat agar lebih nyaman diakses oleh pengunjung. Traffic Anda justru meningkat apabila menyediakan website yang responsif sehingga berpeluang menghasilkan angka konversi yang besar.

2. Biaya Maintenance Rendah

Biaya pemeliharaan website lebih rendah karena Anda tidak perlu membuat website untuk dua versi secara terpisah, yaitu desktop dan mobile. Kejadian ini lazim terjadi sebelum adanya prinsip responsive web design. Kini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih besar karena proses pemeliharaannya telah dilakukan dalam satu server.

Jasa SEO

3. User Experience (UX) Bertambah

Website yang responsif pasti memiliki tampilan yang profesional dan mudah dioperasikan. UX pengunjung pun bertambah karena mereka merasa nyaman saat mengakses informasi dari website tersebut sekaligus mengurangi bounce rate.

4. Website Lebih Cepat Diakses

Pengguna internet mementingkan website yang tidak membutuhkan waktu lama untuk loading. Oleh karena itu, Anda harus menerapkan prinsip responsive web design. Pasalnya, prinsip ini juga mengutamakan kecepatan website saat diakses.

3 Langkah Dasar dalam Menerapkan Responsive Web Design

Penerapan responsive web design membutuhkan proses yang cukup panjang dan rumit. Namun, Anda dapat mulai dengan mencoba menerapkan tiga langkah dasar di bawah ini.

Baca Juga: Manfaatkan Landing Page Untuk Website Bisnis Anda

1. Buat Tag Meta Viewport

Tag meta viewport berguna untuk mengirimkan sinyal kepada mobile browser agar skala awal dapat dimatikan saat sebuah website diakses. Pasalnya, mobile browser mengatur skala halaman website sesuai lebar viewport yang telah dipasang. Anda dapat menulis meta tag ini di bagian head: <meta name=”viewport” content=”width=device-width, initial-scale=1.0″>.

2. Tentukan Struktur HTML

Struktur HTML website umumnya terdiri dari header, content, sidebar, dan footer. Semua struktur tersebut harus disesuaikan agar tetap tampil secara keseluruhan saat diakses di mobile browser. Anda dapat membuat ukuran seluruh struktur HTML ini dengan lebar dan tinggi sesuai kebutuhan.

3. Buat Media Queries di CSS

Terakhir, Anda dapat menerapkan CSS3 untuk memasukkan media queries. CSS3 berguna untuk mengetahui cara browser melakukan rendering halaman website sesuai viewport yang telah diatur berdasarkan ukuran yang telah dipasang. Cukup sesuaikan saja pengaturan CSS3 dengan ukuran yang diinginkan, maka Anda sudah bisa mendapatkan website yang responsif.

Penerapan responsive web design ini sangat penting bagi Anda yang memiliki website bisnis. Anda akan mendapatkan banyak pengunjung yang mengakses website dari ponsel, apalagi jika mereka mendapatkan informasi tentang bisnis dari media sosial. Traffic website Anda pun meningkat dan berpeluang menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi.

Apakah Anda sudah menerapkan responsive web design dalam website bisnis? Jika belum, Anda dapat menggunakan jasa web development dari ToffeeDev. Tim developer kami akan membuat website Anda lebih kompatibel untuk diakses di perangkat mana pun, terutama tablet dan smartphone

Hubungi kami sekarang juga dan tingkatkan angka traffic dan konversi website Anda dengan menerapkan responsive web design.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat