Rich Results : Manfaat dan Cara Mengoptimasinya

rich results

Mesin pencari sangat mempermudah kita untuk bisa menemukan jawaban mengenai berbagai macam pertanyaan. Featured snippet dari Google memberikan jawaban instan untuk hal yang sedang kita tanyakan. Maps bisa mengarahkan kita ke lokasi fisik sebuah toko atau restoran. Iklan Google Shop memberikan semua informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan pembelian. Google bahkan menggunakan hasil pencarian video untuk membantu kita ketika mencari mengenai query “cara”. Ada juga rich results yang bisa dimanfaatkan marketer

Tampilannya berupa kartu dan cuplikan yang meningkatkan hasil halaman normal dengan gambar, peringkat, ulasan, dan informasi lainnya yang ditampilkan di sebuah website. Maka ada baiknya jika Anda mencoba untuk memahami hal yang satu ini sekaligus mencari tahu manfaat dan cara untuk bisa mengoptimalkannya. Di bawah ini adalah informasi penting mengenai hal ini khusus untuk Anda.

Baca Juga : Apa saja Isi Dari Struktur Website yang Baik?

Mengenal Rich Results

Sebuah website akan memiliki banyak kegunaan. Untuk membuatnya menjadi lebih baik akan dibutuhkan banyak kode untuk menyusunnya. Tapi hal ini dapat mempengaruhi bagaimana bot merayapi dan mengindeks sebuah website. Rich results dirancang untuk bisa memilah informasi utama dan membantu mesin pencari memahami tujuan sebuah halaman seakurat mungkin. Menciptakan hasil pencarian yang lebih relevan bagi pengguna.

Cara Optimasi Maksimal

Untuk memaksimalkan rich results ini, Anda perlu memberi tag:

1. Navigasi breadcrumb

2. Informasi kontak dan logo perusahaan

3. Carousel berurutan

4. Kotak pencarian dan informasi profil sosial yang akan ditampilkan dalam hasil

5. Jenis konten individual juga dapat diberi tag, termasuk:

  • Artikel berita dan blog
  • Kumpulan big data
  • Kursus pelatihan
  • Informasi acara
  • Lowongan pekerjaan
  • Detail bisnis (informasi kontak dan jam buka)
  • Informasi produk (termasuk harga, stok dan ulasan)
  • Konfirmasi fact check
  • Media seperti musik, podcast, dan video.

Buat konten dalam format yang disukai mesin pencari. Untuk bisa membantu sebuah hasil pencarian mendapatkan peringkat pada rich results, pastikan konten yang Anda buat cocok, baik itu listicle, blog yang panjang, halaman FAQ, dan whitepaper. Konten juga tidak akan secara otomatis bisa mendapatkan peringkat. Anda harus mengikuti pedoman SEO yang benar untuk bisa mendapatkan peringkat nantinya.

Baca Juga : Mengenal E-A-T Agar Konten Anda Disukai Google

Manfaat Rich Results

Hasil pencarian berupa rich results ini akan muncul di bagian atas, sering sekali ada di “position zero“. Meskipun Anda tidak mendapat peringkat teratas di hasil pencarian seperti biasanya, website akan tetap menjadi yang pertama dilihat oleh para pengguna di halaman hasil pencarian.

Hasil pencarian yang disajikan dalam kotak khusus, seringkali disertai dengan gambar dan peringkat bintang, membuatnya lebih berguna daripada hasil pencarian yang lainnya. Desainnya juga bisa berbentuk carousel yang memungkinkan pengguna menggeser jawaban untuk informasi lebih lanjut.

Hasil yang mendetail menghadirkan prospek yang lebih menarik bagi pengguna untuk mengklik ke website Anda. Algoritma mesin pencari akan menyukai rasio CTR yang tinggi, yang tentu saja bisa meningkatkan peringkat website.

Rich results juga bisa membantu sisi teknis. Memberi tag pada halaman akan bisa membantu bot dalam merayapi website Anda dengan lebih mudah, memberikan hasil yang lebih relevan dan mendorong pengguna untuk mengklik ke halaman tersebut. Ini juga berarti bahwa pengguna diberikan jawaban, produk, atau informasi yang tepat yang mereka harapkan, menurunkan bounce rate website Anda.

Baca Juga : Cara Mengurangi Bounce Rate Website Anda

Bila Anda membutuhkan optimasi website untuk bisa mencapai rich results, maka akan dibutuhkan strategi yang tepat dan efektif. Konsultasikan bersama pakar SEO dan master SEO kami yang siap membantu bisnis Anda ke level selanjutnya menggunakan strategi yang tepat sasaran. Tunggu apalagi, ayo hubungi ToffeeDev sekarang juga!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat