Selamat Jalan Bapak Penemu Internet: Robert Taylor

Bapak

Kabar duka datang dari dunia internet, Robert Taylor, bapak penemu internet telah menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Kamis tanggal 13 April 2017 kemarin. Ia diketahui meninggal akibat penyakit Parkinson yang dideritanya.

50 tahun yang lalu, Taylor yang merupakan kelulusan University of Texas dengan latar belakang psikologi dan matematika, berhasil mencetuskan sebuah jaringan. Jaringan yang sekarang kita kenal dengan nama internet ini, berawal karena rasa frustasi yang mengharuskan ia menggunakan tiga terminal terpisah hanya untuk berkomunikasi dengan peneliti lainnya. Peristiwa ini kerap terjadi pada tahun 1966 saat ia masih menjadi peneliti di Advance Research Projects Agency Pentagon (ARPA).

Berangkat dari hal tersebut, akhirnya Taylor menciptakan ARPANET, yang merupakan jaringan komputer untuk menghubungkan setiap proyek dengan orang lain. Taylor mengatakan untuk mengubungi seseorang di Santa Monica, ia harus menunggu duduk di depan terminal, dan ketika ingin menghubungi seseorang di Massachusetts, ia harus berdiri dan berpindah ke terminal lainnya. Dan itu cukup melelahkan.

Saat mengembangkan ARPANET, ia bekerjasama dengan Bill Duvall di Stanford, Len Kleinrock di UCLA, dan seorang programmer muda bernama Charley Kline. Pada tahun 1969, Kline adalah orang pertama yang berhasil mengirimkan pesan kepada Duvall. Kata pertama yang dikirim adalah “Lo”. Awalnya ia ingin mengirimkan kata “Login” namun karena terjadi crash pada komputernya, maka yang terkirim hanyalah kata tersebut.

Taylor pernah mendapatkan medali dari Presiden Amerika (re: pada saat itu), Bill Clinton, atas penghargaan National Medal of Technology and Innovation pada tahun 1999. Namun karena satu dan lain hal, Taylor tidak mengambil medali tersebut.

Meskipun saat ini Taylor sudah tidak ada, namun jasanya akan selalu dikenang dan  “karyanya” sangat berguna bagi semua orang yang ada di dunia. Ia meninggal pada usia 85 tahun, di kediamannya — Woodside, California. Ia meninggalkan tiga orang anak, Derek, Erik, dan Kurt Taylor.

Selamat jalan Bapak Penemu Internet, Robert Taylor, jasamu akan selalu kami kenang.

cr: berbagai sumber

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat