SEO, Pekerjaan Rumah Pebisnis Saat Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Organic traffic adalah salah satu hal berharga dalam dunia digital marketing. Salah satu cara untuk bisa mendapatkannya adalah melalui Search Engine Optimization atau biasa disingkat sebagai SEO. Bukan hanya ahli SEO saja yang harus memahami hal ini, tapi para pebisnis juga wajib mempelajarinya. Ada banyak elemen yang jika Anda pelajari, akan bisa membantu di waktu mendatang. Oleh karena itu SEO, menjadi pekerjaan rumah para pebisnis saat ini. 

Tips untuk Memaksimalkan SEO Untuk Bisnis Anda

SEO adalah cara untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas traffic ke situs web melalui hasil mesin pencari organik. Agensi SEO dapat membantu untuk memastikan bahwa ketika konsumen melakukan pencarian, situs web Anda adalah salah satu sumber pertama yang muncul di hasil pencarian. Tetapi sebelum membayar orang lain untuk membantu dalam melakukan SEO, Anda mungkin ingin mengikuti beberapa tips DIY ini untuk meningkatkan SEO website bisnis sendiri.

1. Riset Keyword Anda

Sebelum Anda membuat banyak konten dan menyalinnya ke situs web Anda, pastikan Anda merencanakan strategi keyword dengan baik. Keyword adalah kata atau frasa yang dicari audiens target saat mencari produk dan layanan. Bisa juga digunakan oleh para audiens saat mencoba memecahkan masalah dengan mencari jawabannya di mesin pencari. 

Google akan mencocokkan konten yang paling relevan dengan pencarian pengguna mereka dan memberikan hasil paling akurat dari situs web, blog, bahkan gambar. Ada sejumlah tool yang bisa membantu Anda dalam meriset keyword, ada Wordstream, Ubersuggest, dan Google keyword planner. Jika Anda memiliki modal lebih, gunakan berbagai tool freemium seperti SemRush, Ahrefs, dan lain-lain.

2. Keyword Mapping

Mengetahui apa yang diinginkan konsumen dan frasa pencarian yang mereka gunakan, petakan setiap keyword ke setiap halaman di situs Anda. Buat spreadsheet dari semua halaman penting di navigasi situs Anda dan petakan mana keyword utama dan sekunder yang unik untuk masing-masing halaman tersebut. Buat halaman baru untuk kata kunci bernilai tinggi yang sebelumnya belum Anda gunakan. Manfaatkan long-tail keyword yang mendorong pencarian yang lebih spesifik pada blog, halaman FAQ, dan halaman produk.

3. Perbaiki Title Tag Anda

Perubahan kecil yang masuk akal pada title tag dapat membuat perbedaan besar, terutama jika platform Anda menghasilkan judul yang default. Sematkan kata kunci dan buatlah judul yang bisa menarik perhatian. Namun hindari yang namanya clickbait.

Baca Juga: Cara Meningkatkan CTR yang Mudah untuk Bisnis

4. Buat Konten Secara Reguler

Buat konten secara reguler yang disesuaikan dengan minat audiens Anda. Tidak perlu memposting blog atau konten lainnya setiap hari. Cukup publikasikan konten unik setidaknya setiap bulan, atau setiap minggu. Konsistensi adalah kuncinya. Konten yang Anda sajikan tidak harus berupa teks saja. 

Gunakan ilustrasi, foto, video, atau konten lain yang bisa membantu pembeli atau konsumen Anda nantinya. Memberikan nilai kepada mereka menjadi hal yang sangat penting. Jika konten tidak memenuhi kebutuhan atau tidak melibatkan pelanggan dan prospek Anda, maka sudah tersia-siakan sebuah kesempatan untuk bisa berhubungan dan menarik perhatian calon pelanggan.

5. Pahami Analitik

Anda tidak dapat mengoptimalkan sesuatu dengan baik, jika tidak mengukurnya. SEO memerlukan pemahaman dasar tentang Google Analytics atau berbagai tool analitik dasar lainnya untuk mengetahui halaman mana yang harus dioptimalkan dan mana yang berpotensi dan memiliki kinerja yang baik. Berbagai data ini akan bisa membantu Anda mengoptimalkan dengan efektif halaman mana saja dan keyword apa saja sehingga bisa menghemat budget serta waktu.

Baca Juga: Reach vs Impression: Mana yang Lebih Penting?

6. Hindari dan Hilangkan Konten Duplikat

Salah satu cara termudah jika Anda ingin mendapatkan hukuman oleh mesin pencari adalah dengan menyalin konten dan menggunakannya di situs Anda tanpa mengubah atau menambahkan apapun. Ketika Google mendapati konten yang sama di banyak tempat, mereka hanya akan menampilkan satu halaman dan membuat yang lain keluar dari peringkat pencarian. 

Tujuan dari Google dan mesin pencari adalah untuk menyajikan berbagai konten asli dan relevan ketika pengguna mencari frasa yang mereka cari. Sekaligus mengurangi konten duplikat dan halaman yang tidak berharga. Jadi, jika Anda ingin menambahkan konten dari situs lain, praktik terbaik sederhana adalah menakutkannya dan merujuk ke sumber asli. Gunakan redirect 301 dari halaman duplikat ke halaman asli apabila halaman tersebut sudah terlanjur membangun traffic yang berharga.

7. Gunakan Internal Link

Konten saat ini menjadi bagian yang sangat penting dalam SEO. Bila digabungkan dengan internal link, maka strategi ini sangat bagus untuk meningkatkan SEO. Link secara internal ini akan menghubungkan satu halaman ke halaman lain di situs web yang sama. 

Baca Juga: Cara Menentukan Internal Link Yang Bagus

Dengan menggunakannya pada postingan blog, maka akan bisa meningkatkan keterbacaan pengunjung, peringkat kata kunci, dan kemampuan Google untuk meng-crawl situs Anda. Jangan hanya sekedar membuat link kembali ke halaman beranda Anda, tetapi buat juga ke halaman yang kaya akan konten dan relevan dengan topik yang ada.

8. Gunakan URL yang Ramah SEO

Memastikan URL Anda sudah optimal adalah langkah yang penting jika Anda ingin mendapat peringkat tinggi di SERP. URL hanyalah alamat halaman unik di situs web yang mengarahkan pengguna ke situs Anda. Saat membuat url untuk situs web, penting untuk memastikannya sudah teroptimasi, mudah dibaca oleh pengunjung online, dan menyertakan keyword yang relevan dan berkorelasi dengan konten di halaman situs web milik Anda.

9. Pahami Pesaing Anda

Identifikasi pesaing dalam pencarian organik Anda. Tidak harus situs yang serupa dengan Anda. Tapi berbagai situs yang menggunakan frasa atau keyword yang serupa. Perhatikan berbagai hal ini:

  • Apa yang mereka lakukan dengan baik dalam pencarian organik?
  • Tema konten apa yang mereka sertakan yang tidak Anda masukkan?
  • Bagaimana mereka menyusun situs mereka untuk menargetkan kata kunci yang berharga?
  • Bagaimana mereka melibatkan pembeli?

Pelajari hal ini, untuk diterapkan ke dalam situs web Anda nantinya.

10. Bangun Media Sosial Anda

Media sosial memungkinkan Anda untuk terhubung dengan audiens. Memelihara hubungan tersebut meningkatkan paparan konten sehingga memungkinkan beberapa orang akan membuat postingan tentang Anda dan menautkannya. Jika Anda memiliki gambar atau foto yang menarik, gunakan Instagram atau Pinterest. Namun, jika Anda ingin membuat video, gunakan YouTube. 

Profil media sosial ini juga bisa Anda masukan dalam strategi eksternal linking Anda. Membantu untuk memperkuat sinyal agar bisa mendapatkan ranking yang baik di hasil pencarian.Itulah dia beberapa tips untuk SEO yang bisa dipelajari untuk menghasilkan optimasi yang baik. Bila Anda merasa masih sanggup untuk memenuhi berbagai hal di atas, maka tidak ada salah mencoba untuk melakukannya sendiri. Bisa menghemat budget marketing Anda. Namun, jika terkendala tool dan waktu, manfaatkan Jasa SEO dari Digital Marketing Agency ToffeeDev. Kami siap membantu bisnis Anda untuk naik ke level selanjutnya. Segera mulai konsultasi bersama kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post