SERP adalah Hal yang Penting dalam SEO

SERP adalah

Saat Anda memiliki pertanyaan atau sesuatu yang membuat Anda merasa penasaran, terkadang cara terbaik untuk menemukan jawaban atau solusi adalah dengan “Google saja”. Dengan banyaknya informasi yang tersedia, bagaimana cara Anda bisa memastikan konten Anda bisa menonjol dari konten-konten lainnya? Berkat search engine optimization (SEO) dan berbagai hal teknis lainya, maka halaman yang Anda miliki akan bisa muncul pada halaman pencarian. SERP adalah kepanjangan dari search engine results pages tempat dimana seluruh hasil pencarian bisa ditemukan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari mengenai pentingya SERP dalam SEO.

Baca Juga : Pastikan Website Anda Muncul Pada SERP

Pengertian SERP

SERP (HSearch Engine Result Page) adalah kumpulan situs yang ditampilkan mesin pencari sebagai respons terhadap kata kunci atau kueri tertentu. Kita dapat menemukan puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan bit informasi dengan mengetikkan kata kunci atau kumpulan kata kunci ke dalam mesin pencari.

SERP atau artikel dengan tingkat membaca tinggi muncul di halaman pertama (Google Page) yang ditampilkan. Anda perlu memahami SEO jika ingin blog Anda muncul di halaman depan hasil pencarian.

Istilah SERP (Search Engine Results Page) secara sederhana berarti “halaman pencarian” dalam bahasa Indonesia. Maka dari itu, SERP adalah halaman hasil pencarian kata kunci di mesin pencari (seperti Google, Bing, Yahoo, dll.). Misalnya, ketika kita mengetikkan kata kunci atau kata kunci di mesin pencari, maka hasil pencarian akan ditampilkan, yang disebut SERP.

Tergantung pada mesin pencari yang digunakan, SERP juga memiliki versi yang berbeda. Misalnya, ketika kita menggunakan Google untuk mencari informasi, jika kita menggunakan mesin pencari lain (seperti Yahoo dan bing), hasilnya dapat berbeda.

Ini terjadi karena satu mesin pencari dan mesin pencari lainnya memiliki algoritma yang berbeda untuk menyaring informasi yang muncul di SERP. Oleh karena itu, wajar jika hasil yang dipublikasikan juga berbeda.

Fungsi SERP

Fungsi SERP adalah untuk mengukur seberapa baik kinerja situs web atau blog kita. Semakin tinggi kualitas website atau blog, maka semakin tinggi pula SERP-nya di search engine. Kita harus rajin menjaga informasi terbaru dan melakukan perbaikan pada website kita agar mendapatkan SERP yang tinggi.

Muncul di SERP Adalah Hal yang Anda Inginkan

SERP adalah halaman web yang ditampilkan mesin pencari sebagai hasil dari pertanyaan atau query pencarian. Jika Anda bertanya kepada mesin pencari “apa tipe mobil tercepat”, halaman yang dihasilkan adalah berbagai konten mengenai spesifikasi mobil. Mungkin ada banyak informasi di halaman tersebut, bukan hanya informasi yang menjawab pertanyaan Anda, tetapi informasi lebih lanjut seperti gambar mobil yang cepat, pertanyaan terkait lainnya, blog tentang topik mobil, video review mobil, dan banyak lagi,

Hasil SERP akan ditentukan oleh kata kunci yang cocok, authority yang ditunjukkan oleh website, dan indikator dan berbagai faktor lainnya. Hasil pencarian ini biasanya akan muncul sebagai deskripsi dengan title tag yang memiliki URL di bawahnya, tanggal dan deskripsi kecil berupa meta description tentang apa yang ada di dalam halaman tersebut.

Tampilan SERP akan terus berubah karena percobaan yang dilakukan oleh Google Dan mesin pencari lainnya untuk menawarkan pengalaman yang lebih intuitif dan responsif kepada penggunanya.Dikombinasikan dengan teknologi yang muncul dan berkembang pesat menunjukan SERP saat ini sangat berbeda dari penampilan pendahulunya.

Baca Juga : Ekosistem Search Engine Terbaik | Download slide SERP Evolution Jon Earnshaw!

Bentuk-bentuk Hasil Pencarian

Ada beberapa bentuk konten yang akan disajikan mesin menjadi sebagai hasil dari kegiatan pencarian Anda, seperti:

  • Informasi
  • Navigasi
  • Transaksional

Pencarian informasional adalah pencarian di mana pengguna berharap untuk menemukan informasi tentang topik tertentu, seperti informasi mengenai sebuah rumus matematika. Tidak masuk akal untuk menempatkan iklan atau jenis hasil berbayar lainnya di SERP seperti ini, karena query penelusuran mengenai rumus ini memiliki maksud komersial yang sangat rendah. Google akan berusaha untuk menampilkan hasil yang benar-benar berisi informasi

Jasa SEO

Query navigasi adalah pencarian yang diharapkan pengguna untuk bisa memberikan informasi mengenai sebuah website tertentu melalui. Ini mungkin terjadi pada individu yang menelusuri suatu website, mencoba menemukan website yang URL-nya tidak dapat mereka ingat lagi, atau jenis tujuan navigasi lainnya. Seperti URL dari sebuah dealer mobil.

Terakhir, pencarian transaksional adalah pencarian di mana hasil berbayar kemungkinan besar akan ditampilkan di SERP. Penelusuran transaksional memiliki niat komersial yang tinggi, dan query penelusuran yang mengarah ke SERP transaksional dapat menyertakan kata kunci seperti “beli” dan istilah lain yang menunjukkan keinginan kuat membeli sesuatu.

Baca Juga : 4 Cara Meningkatkan Pencarian Website di Google

SERP dan SEO

Hingga saat ini, masih banyak orang yang menganggap bahwa SERP sama dengan SEO. Keduanya memang berhubungan namun jelas berbeda. SEO adalah teknik untuk mengoptimasi sebuah website, sedangkan SERP adalah hasil dari optimasi website tersebut. Maka, jika semakin bagus SERP maka akan semakin bagus juga teknik SEO yang telah diterapkan.

Dapat disimpulkan bahwa SERP ini memiliki peran penting untuk SEO. Hal ini dapat terjadi karena menjadi indikator berhasil tidaknya optimasi pada sebuah website. 

SEO dan mesin pencari yang menyediakan SERP akan selalu melakukan inovasi, peningkatan, dan melayani kebutuhan pencari. Sehingga selalu update pengetahuan Anda mengenai hal ini. Jangan lupa selalu optimasi website Anda dengan maksimal menggunakan strategi SEO yang tepat. Konsultasikanlah bersama pakar SEO dan master SEO kami yang siap membantu bisnis Anda ke level selanjutnya menggunakan strategi yang tepat sasaran. Tunggu apalagi, ayo hubungi ToffeeDev sekarang juga!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top