Tutorial Membuat SEO Video Marketing

Di tahun 2021 ini, trend SEO video marketing semakin sering digunakan oleh para pemilik bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka miliki. Jika bisnis Anda masih belum menggunakan strategi SEO video marketing, ToffeeDev akan memberikan informasi lengkap mengenai cara untuk membuat SEO video marketing untuk peningkatan keuntungan bisnis yang lebih maksimal di dunia digital.

Sedikit penjelasan, SEO video marketing merupakan strategi seperti penggunaan SEO pada umumnya yang mungkin sudah pernah Anda lakukan dengan melakukan optimasi konten dan website, namun strategi SEO tersebut diterapkan dalam bentuk video yang diupload melalui YouTube. Dengan demikian, strategi SEO video marketing ini diharapkan agar informasi atau promosi yang Anda lakukan dapat muncul pada halaman pertama YouTube ataupun Google sesuai dengan kata kunci tertentu yang dicari oleh pengguna internet.

Lalu, bagaimana cara agar strategi SEO video marketing Anda dapat berjalan dengan sukses dan efektif?Simak penjelasannya di bawah ini.

5 Cara untuk Membuat SEO Video Marketing

Dalam melakukan strategi SEO video marketing, cara yang dilakukan kurang lebih hampir sama dengan cara yang digunakan dalam melakukan SEO artikel pada website, yaitu:

1. Lakukan Riset Keyword

Hal paling pertama yang sudah pasti perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan riset keyword. Carilah keyword apa saja yang paling dibutuhkan atau dicari pengguna YouTube dan juga Google. Selain dengan menggunakan keyword, Anda juga bisa mencari tahu tren apa yang sedang berlangsung di YouTube saat ini.

Baca Juga: Cara Riset Keyword YouTube Untuk Menaikkan Views

2. Buat Video dengan Kualitas Terbaik

Setelah Anda sudah mengetahui video apa yang akan dibuat dan digunakan dalam SEO video marketing, maka langkah selanjutnya adalah proses pembuatan video itu sendiri. Pastikan Anda membuat video yang memiliki kualitas terbaik. Seperti apa video yang memiliki kualitas tinggi?

Ada 4 hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat video berkualitas, yakni:

  • Buatlah video dengan konten yang original, kreatif, dan informatif, serta sebisa mungkin hindari bentuk plagiarisme 
  • Perhatikan kualitas render yang dihasilkan agar viewer atau penonton video marketing Anda dapat memiliki pengalaman menonton yang baik (kualitas video yang perlu diperhatikan dari segi visual agar tidak blur serta dari segi audio agar suara terdengar jernih)
  • Perhatikan juga durasi video agar tidak terlalu panjang dan membosankan ataupun terlalu pendek dan pesan yang tersampaikan menjadi tidak jelas
  • Gunakan thumbnail yang telah disertai dengan judul yang dapat menarik minat viewer untuk mengunjungi video marketing AndaJasa SEO

3. Optimalkan Metadata pada YouTube

Sampai sejauh ini, mungkin Anda bertanya-tanya di manakah kata kunci atau keyword harus diletakkan? Nah, pada SEO video marketing, Anda bisa menyisipkan kata kunci pada bagian judul, deskripsi video, serta tag pada metadata YouTube.

4. Promosikan Video Kepada Target Market

Setelah keseluruhan proses dilakukan mulai dari poin nomor 1 hingga nomor 3, maka selanjutnya Anda masih perlu untuk melakukan promosi video. Lakukanlah promosi melalui seluruh digital aset bisnis yang dimiliki agar customer tahu bahwa Anda membuat video marketing

5. Lakukan Evaluasi

Cara terakhir yang perlu Anda lakukan dalam proses pembuatan video marketing adalah dengan melihat hasil akhir serta melakukan evaluasi. Dengan melakukan evaluasi, Anda dapat mengetahui seberapa baik atau buruk performa video marketing yang telah dijalankan sebelumnya agar pembuatan video marketing selanjutnya dapat diproses dengan lebih baik lagi.

Baca Juga: Inilah Cara Memulai Bisnis Di YouTube

Mulailah Lakukan SEO Video Marketing untuk Bisnis Anda

Jadi, tunggu apa lagi? Apabila Anda ingin mengembangkan bisnis dan memperluas target market saat ini, maka sekarang saatnya untuk mulai melakukan strategi SEO video marketing. Dalam hal tersebut, Anda bisa mencari bantuan Jasa SEO seperti ToffeeDev yang merupakan Digital Marketing Agency berpengalaman di bidang SEO yang dapat merancang strategi SEO video marketing apa yang tepat sesuai dengan bidang bisnis dan juga target market yang dituju. Hubungi kami sekarang juga untuk menentukan jadwal konsultasi bisnis Anda bersama dengan ToffeeDev.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat