SEO vs SEM: 10 Alasan untuk Mulai dengan SEO

SEO vs SEM menjadi topik perdebatan yang sering dibahas dalam dunia digital marketing. Di antara keduanya, mana yang terbaik? SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) mampu memudahkan aktivitas bisnis Anda dalam digital marketing. Walau memang sebenarnya berbeda, banyak yang belum tahu apa perbedaannya. Sebelum melihat apakah SEO memang yang lebih baik daripada SEM, mari berkenalan keduanya bersama ToffeeDev yang memiliki layanan Master SEO di bawah ini. 

SEO vs SEM

SEO atau Search Engine Optimization adalah proses optimasi website dengan dukungan berbagai macam aspek. Dimulai dari optimasi konten, sistem, dan lainnya. Dengan menggunakan SEO, maka berbagai laman website Anda dapat ditemukan di peringkat pertama mesin pencari, seperti Google. Penggunaan SEO sangat disarankan untuk bisnis yang ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung ke dalam website. Dengan semakin banyak pengunjung ke dalam website, maka trafiknya pun semakin tinggi. Walaupun memberikan banyak sekali keuntungan, tidak dapat dimungkiri bahwa penerapan SEO harus siap dengan perubahan. Perubahan algoritma mesin pencari secara terus menerus membuat SEO menjadi jauh lebih menantang lagi.

SEM atau Search Engine Marketing adalah bentuk pemasaran di internet melalui aktivitas promosi website. Caranya dengan meningkatkan visibilitas website di halaman hasil pencarian, seperti Google. Pada dasarnya, praktik SEM mencakup teknik SEO dan yang lainnya. Agar semakin mengoptimalkan hasil pencarian, SEM juga mendukung teknik Pay Per Click (PPC) dan iklan seperti Google Ads. Bahkan bisa dibilang, SEM lebih identik dengan teknik iklan dan PPC. Namun pada intinya, ketika Anda melakukan teknik SEO, sama saja dengan melakukan upaya SEM.

Melihat penjelasan SEO vs SEM di atas, dapat disimpulkan bahwa SEO menjadi bagian SEM. Pada praktiknya, SEM bersifat mendukung atau memaksimalkan kinerja SEO. Dengan dukungan dari SEM maka hasil yang didapatkan dari sisi SEO jauh lebih baik. Trafik lebih tinggi dengan tingkat visibilitas yang meningkat juga. 

Baca Juga: Apa itu SEO Off Page? Berikut Penjelasannya

Ragam Alasan Untuk Memulai SEO

Sebagai bagian dari SEM, SEO memang menciptakan peluang lebih besar bagi bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Keuntungan ini tidak hanya sekadar pendapatan saja, tetapi juga brand awareness dan kemudahan untuk ditemukan di hasil pencarian Google. 

Ada berbagai alasan mengapa Anda harus mulai menggunakan strategi SEO dalam bisnis. Setiap alasan ini sangat penting untuk dijalankan dan didapatkan karena membawa manfaat yang besar. Inilah 10 alasan mengapa Anda harus mulai menggunakan SEO.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah bagian penting dalam bisnis karena mampu menciptakan kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa Anda. Dengan begitu, konsumen menjadi lebih loyal, sekaligus mampu meraih jumlah pembeli yang semakin banyak. 

Dengan SEO, brand awareness bisnis lebih baik karena mampu membuat website Anda berada di peringkat bagus dalam hasil pencarian Google. Semakin tinggi peringkat website Anda di Google, maka semakin banyak yang mengetahuinya.Jasa SEO

2. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

SEO tidak hanya berbicara mengenai peringkat di hasil pencarian Google saja, tetapi juga membuat website memiliki kualitas lebih baik. SEO akan membuat konten lebih berkualitas, website responsif, performa website lebih optimal, dan lainnya. Website yang berkualitas sudah pasti lebih disukai dan dipercaya oleh konsumen.

3. Mendapatkan Trafik Lebih Tinggi

Berbicara mengenai SEO, maka tidak akan lepas dari trafik pengunjung ke dalam website. Ketika peringkat di hasil pencarian Google semakin bagus, maka jangan aneh jika trafik ke dalam website menjadi lebih tinggi. Tentu saja hal itu merupakan pertanda bagus karena semakin banyak orang yang mengenal produk atau jasa Anda. Bahkan mereka bisa langsung membelinya. 

Baca Juga: Hati-Hati dengan 5 Tantangan SEO Ini Dalam Bisnis Anda

4. Website Lebih User Friendly

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, SEO juga membantu website Anda lebih baik. Termasuk lebih user friendly. SEO membuat struktur website jauh lebih nyaman untuk dijelajahi. Penempatan fitur menu, deskripsi, dan foto menjadi semakin baik berkat SEO. Termasuk tersedianya FAQ yang menjadi bagian penting dalam optimasi SEO.

5. Membuat Website Lebih Update

Kesalahan yang sering dilakukan bisnis mengenai website adalah tidak melakukan update. Konten dalam website selalu sama dari waktu ke waktu. Padahal itu sangatlah tidak bagus karena artinya, bisnis Anda terlihat tidak niat untuk memberikan informasi terbaru pada konsumen. Hal ini membuat konsumen menjadi kurang percaya pada bisnis Anda.

Dengan memanfaatkan SEO, maka website menjadi lebih update karena memang itulah salah satu cara penerapan terbaiknya.

6. Meningkatkan Perkembangan Bisnis

Evaluasi dalam optimasi SEO sangatlah penting. Itulah mengapa dibutuhkan dukungan berbagai tools yang mampu memberikan Anda berbagai data, seperti:

  • Jumlah trafik website
  • Aktivitas pengunjung website
  • Link atau CTA yang sering diklik pengunjung

Dari data-data tersebut, maka Anda bisa membuat strategi SEO lanjutan sehingga hasilnya semakin maksimal lagi.

7. Meningkatkan Konversi Bisnis

Meningkatkan trafik website memang menjadi salah satu tujuan dalam SEO. Namun tidak hanya trafik saja yang naik. Penerapan strategi SEO diharapkan juga mampu meningkatkan konversi bisnis. Semakin banyak pengunjung masuk ke dalam website, maka persentase konversi diharapkan juga semakin tinggi. Konversi bisnis dalam arti pembelian produk atau jasa, hingga mendapatkan lead menjadi tujuan akhir dari SEO.

Baca Juga: 10 Trik dalam SEO yang bisa Anda Manfaatkan

8. Strategi yang Terus Berkembang

SEO terus berkembang setiap waktunya. Google sebagai medium SEO yang paling sering digunakan selalu memberikan update terbaru agar penerapan strategi di dalamnya semakin menguntungkan bagi user. Inilah membuat SEO semakin menarik. Jika memahami apa yang harus dilakukan, maka penerapan SEO menjadi sangat menguntungkan.

9. Lebih Terjangkau

SEO menawarkan keunggulan dari sisi materi. SEO memang identik sebagai strategi digital marketing yang lebih terjangkau dibandingkan lainnya. Bahkan bisa mencapai 0 Rupiah. Namun dengan persaingan bisnis yang ketat karena penggunaan SEO juga semakin banyak digunakan, maka Anda harus memanfaatkan optimasi dan strategi paling optimal. Bagaimana caranya?

10. Harus Bekerja Sama dengan Pihak Profesional

Menjawab pertanyaan dari nomor 9, maka jawabannya adalah harus bekerja sama dengan pihak profesional. Pihak profesional yang dimaksud di sini adalah agensi digital marketing yang tepercaya dan sudah memiliki track record baik. Khususnya dalam mencapai target dari setiap bisnis yang menggunakan jasa mereka.

Untuk itulah ToffeeDev hadir bagi bisnis yang menginginkan optimasi SEO untuk diterapkan saat ini juga. ToffeeDev telah membantu beragam jenis bisnis dari berbagai industri dalam memanfaatkan strategi SEO. Tim SEO dari ToffeeDev bekerja secara profesional dan selalu mengikuti perkembangan dari update Google. 

Dengan penjelasan di atas, maka sudah sepatutnya Anda tidak lagi ragu untuk menggunakan SEO. Jika Anda membutuhkan dukungan strategi SEO yang tepat sasaran dan sesuai target bagi bisnis, jangan ragu untuk menghubungi Pakar SEO dan Master SEO ToffeeDev sekarang juga.  

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat