Bagaimana Cara Mendesain Kemasan Produk Agar Menarik?

Bagaimana cara mendesain kemasan produk agar menarik

Setiap produk dibungkus dengan tampilan eksterior yang dibuat berdasarkan desain kemasan produk. Desain kemasan produk umumnya mencakup bahan, bentuk, warna, dan font yang digunakan pada pembungkus, kotak, kaleng, botol, atau wadah apa pun yang digunakan untuk mengemas produk. Lantas, bagaimana cara mendesain kemasan produk agar menarik dan menonjol dari kompetitor? Temukan jawabannya dalam artikel berikut ini!

Pentingnya Desain Kemasan Produk bagi Bisnis

Pentingnya Desain Kemasan Produk bagi Bisnis

Bukan sekadar pemanis, kemasan produk yang dibuat dengan sungguh-sungguh mampu menggaet perhatian target pelanggan dan menarik mereka untuk membeli produk Anda. Berikut beberapa faktor penting desain kemasan produk bagi bisnis:

1. Perlindungan

Tujuan utama pengemasan produk adalah untuk melindungi apa yang ada di dalamnya dari kerusakan selama transit, di ruang penyimpanan, atau saat disimpan di rak toko. Dengan demikian, kemasan produk harus kokoh untuk mencegah kerusakan produk.

2. Daya Tarik

Saat konsumen melihat produk Anda untuk pertama kalinya, kemasan produk harus cukup unik dan menarik untuk mendapatkan perhatian mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan skema warna tertentu, desain unik, atau kemasan khusus yang fungsional dan menarik.

3. Informasi

Kemasan juga perlu mencantumkan informasi produk, termasuk cara penggunaan, bahan yang dikandung, dan tanggal kedaluwarsa. Informasi ini membantu pelanggan memutuskan untuk membeli produk Anda atau tidak, tanpa perlu berbicara dengan asisten toko.

4. Diferensiasi

Kemasan produk yang unik juga membantu brand dalam membedakan produk mereka dari produk serupa melalui logo, warna, atau bentuk. Desain yang inovatif akan membuat produk Anda menonjol dan menarik pelanggan.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Membuat Desain Iklan Produk yang Menarik

Bagaimana Cara Mendesain Kemasan Produk Agar Menarik

Bagaimana Cara Mendesain Kemasan Produk Agar Menarik?

Untuk menjawab pertanyaan bagaimana cara mendesain kemasan produk agar menarik minat target pasar, Anda bisa melihat beberapa tips penting berikut ini:

1. Bikin Tampilannya Istimewa

Jika kemasan produk terlihat membosankan, kemungkinan besar pelanggan potensial Anda bahkan tidak akan meliriknya lagi. Karenanya, coba pertimbangkan untuk menambahkan sesuatu yang istimewa demi membuat kemasan produk terlihat berbeda. Pasalnya, tak dapat dimungkiri bahwa terkadang ada pelanggan yang membeli suatu produk hanya karena kemasannya dinilai menarik perhatian, bahkan jika pelanggan tersebut tidak mengetahui tentang brand Anda sebelumnya.

2. Tetap Sederhana

Penggunaan kemasan produk yang istimewa bukan berarti harus selalu membuatnya secara mencolok. Dalam hal pengemasan, ingatlah bahwa “less is more”. Kebanyakan merek paling sukses saat ini menggunakan tren minimalis yang ditandai dengan desain yang sederhana. Buatlah paket yang memiliki semua fungsi tanpa membuatnya tampak berlebihan.

Baca Juga: Pahami Cara Membangun Merek yang Kuat dan Dikenal Orang Banyak

3. Pilih Jenis Kemasan yang Tepat

Tentukan ukuran dan bentuk kemasan yang paling cocok untuk produk Anda. Produk makanan atau cairan, misalnya, tentu memerlukan kemasan yang berbeda dari buku atau alat elektronik. Karenanya, penting untuk menyesuaikan ukuran, bentuk, bahan, atau tekstur kemasan dengan jenis produk Anda. Anda juga bisa memilih bahan daur ulang agar lebih ramah lingkungan dan konsumen bisa menggunakannya berulang kali.

4. Cari Inspirasi dari Kemasan Produk Pesaing 

Anda tidak perlu membuat kemasan produk yang sama sekali baru. Sebagai solusi, cobalah mencari inspirasi dengan melihat kemasan produk yang digunakan oleh pesaing. Catat ide-ide terbaik dan cobalah untuk menggabungkannya untuk membuat kemasan yang lebih baik. Salah satunya, gambar yang menarik, desain yang simpel, atau warna cerah yang diusung oleh pesaing dalam kemasan produknya.

5. Gunakan Warna yang Tepat

Meskipun tidak memiliki desain khusus atau aksesori khusus, kemasan produk tetap bisa terlihat menarik dengan penggunaan warna yang tepat. Dengan menggunakan psikologi warna, Anda dapat menanamkan ide yang Anda inginkan di benak pelanggan. Contohnya, brand perhiasan Tiffany & Co. menggunakan kemasan kotak cincin berwarna biru muda ikonik yang merepresentasikan kepercayaan, keanggunan, dan kekayaan.

banner

3 Contoh Kemasan Produk yang Baik

Untuk memberi Anda beberapa inspirasi dalam pembuatan desain kemasan, berikut beberapa contoh kemasan produk yang menarik:

1. Apple

Apple

Photo credit: startingbusiness.com

Salah satu bagian inti dari strategi bisnis Apple adalah kemasan produk yang baik. Apple begitu terkenal akan identitas dan konsistensinya, yang juga bisa dilihat dari kemasan produk mereka. Demi mendukung hal tersebut, semua kemasan produk Apple menggunakan kombinasi warna hitam, putih, dan abu-abu, serta logo ikonik perusahaan. 

2. Görtz

Görtz

Photo credit: designer-daily.com

Brand sepatu Görtz asal Jerman membuat kemasan tali sepatu yang cukup kreatif.  Kemasan ini memberi kesan seakan-akan pelanggan memegang sepatu. Bagian tali dengan warna cerah membuat kemasan produk ini juga mudah dibawa.

3. Halo Top Creamery

Halo Top Creamery

Photo credit: startingbusiness.com

Merek es krim Halo Top Creamery menampilkan contoh kemasan produk inovatif. Kemasannya menggabungkan warna yang mewakili rasa berbeda. Masing-masing warna kemasan mencerminkan karakter es krim di dalamnya. Sebagai contoh, rasa selai kacang cokelat menggabungkan kombinasi warna kemasan cokelat tua dan cokelat keemasan.

Baca Juga: Apakah Tujuan Pembuatan Logo Bisnis?

Demikian informasi tentang bagaimana cara mendesain kemasan produk agar menarik. Mengingat pentingnya fungsi kemasan produk, sudah saatnya Anda memberi perhatian lebih dalam proses pembuatannya. Namun, tak dapat dimungkiri bahwa proses tersebut membutuhkan waktu dan energi yang tidak sedikit. 

Tenang saja, Anda bisa menyerahkan kebutuhan tersebut kepada ToffeeDev yang menyediakan layanan Digital Marketing secara komprehensif, termasuk untuk pembuatan desain kemasan produk sebagai salah satu strategi branding.

Dengan dibantu tim ToffeeDev yang profesional dan telah memiliki jam terbang tinggi di dunia pemasaran, Anda pun bisa punya lebih banyak waktu untuk mengembangkan produk. Jadi, tak perlu tunggu lama lagi, segera hubungi ToffeeDev untuk mulai merancang kemasan produk yang efektif untuk menarik perhatian target pelanggan bisnis Anda!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat