Apakah Tujuan Pembuatan Logo Bisnis?

Apakah tujuan pembuatan logo

Saat Anda mempertimbangkan semua faktor untuk membangun bisnis, membuat logo mungkin tidak tampak seperti prioritas utama. Padahal, memiliki logo adalah bagian integral untuk membangun branding yang sukses di samping memiliki produk berkualitas. Jadi, apakah tujuan pembuatan logo bisnis? Mari simak info selengkapnya di artikel ini!

tujuan pembuatan logo bisnis

Apakah Tujuan Pembuatan Logo Bisnis?

Tujuan utama pembuatan logo bisnis adalah identifikasi. Logo membantu audiens Anda untuk mengenali, mengidentifikasi, dan memilih bisnis Anda dibanding bisnis lain. Seiring berjalannya waktu, tren berubah dan Anda mungkin ingin mengganti logo bisnis. Hal ini tidak masalah karena tujuan terpenting logo bisnis, apa pun bentuknya, adalah mengidentifikasi bisnis, produk, atau layanan yang Anda berikan.

Namun, sebelum mengerjakan ide pembuatan logo bisnis, Anda harus memahami segala sesuatu tentang lingkungan bisnis Anda saat ini. Cek seperti apakah logo pesaing Anda. Carilah simbol dan warna yang pesaing gunakan karena itulah cara target audiens Anda mengenali bisnis. Lalu, pikirkan bagaimana Anda bisa membuat logo yang pas dan juga menonjol.

Logo adalah representasi visual dari merek Anda yang dimaksudkan sebagai alat strategi bisnis. Jadi, sebaiknya desain logo tidak hanya indah atau menarik secara visual. Logo harus memberikan informasi langsung yang cukup kepada audiens Anda untuk mengidentifikasi perusahaan Anda dari banyaknya bisnis pesaing. Bukan berarti logo juga tidak bisa terlihat bagus, tetapi itu adalah faktor kedua setelah faktor kemudahan identifikasi.

Baca Juga: 7 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis Anda

Design

Mengapa Desain Logo Penting untuk Meyakinkan Pelanggan?

Sampai sini, Anda sudah mengetahui bahwa identifikasi adalah jawaban dari apakah tujuan pembuatan logo bisnis. Selanjutnya, mari pahami lebih jauh mengapa desain logo penting untuk meyakinkan pelanggan bisnis Anda.

1. Sebagai Wajah Merek 

Posisikan diri Anda sebagai pelanggan. Saat memikirkan suatu bisnis, hal pertama yang Anda pikirkan mungkin adalah logonya, kan? Jadi, tidak berlebihan jika logo disebut sebagai wajah merek. Pelanggan yang melihat logo bisnis Anda akan teringat pengalaman membeli produk atau menggunakan jasa dari Anda.

2. Mendukung Brand Recognition

Logo yang baik memberikan memori instan tentang merek Anda ke dalam benak pelanggan. Bentuk dan warna yang sederhana adalah hal yang paling mudah untuk diproses orang dan jauh lebih mudah untuk dihafal daripada kata-kata. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan logo yang unik dan sederhana, logo tersebut akan menonjol dari pesaing sehingga memudahkan pelanggan untuk menemukan dan mengidentifikasi bisnis Anda.

3. Memengaruhi Pengambilan Keputusan Pelanggan

Begitu pelanggan melihat logo bisnis, mereka akan segera memberi penilaian. Logo bisa mengubah cara pelanggan melihat bisnis Anda. Jika pelanggan menilai logo Anda terlalu berlebihan, mereka akan menghindarinya. Sedangkan jika logo menggambarkan image yang sejalan dengan bisnis, pelanggan akan mempertimbangkan untuk melakukan pembelian. Jadi, apabila Anda ingin mendorong target audiens Anda melakukan pembelian, pastikan logo yang Anda gunakan mewakili bisnis Anda dengan cara yang benar.

banner

5 Tips Membuat Logo Desain yang Menarik

Lalu, bagaimana cara membuat logo desain yang tak hanya menarik, tetapi juga mampu menggaet pelanggan? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda perhatikan:

1. Eksplor Ikon Konseptual

Dalam desain logo, ikon adalah visual sederhana yang menangkap semangat brand. Ikon tidak harus berupa gambar yang menunjukkan produk atau layanan. Anda bisa mengeksplor lebih banyak ikon konseptual (bahkan abstrak) untuk merepresentasikan bisnis.

2. Gunakan Space yang Tersedia

Bagi sebagian besar bisnis, ikon saja tidak cukup untuk sepenuhnya mengekspresikan identitas merek. Jika memungkinkan, Anda bisa memasukkan nama dan tagline. Tagline adalah frasa dramatis yang merangkum nada dan premis sebuah merek.

3. Pertimbangkan Font Tulisan Tangan

Tipografi kreatif tetap menjadi salah satu tren desain logo utama. Secara khusus, font tulisan tangan adalah salah satu font terbaik untuk logo. Font tulisan tangan menawarkan nuansa unik dan autentik yang sangat efektif bila digunakan sebagai font tagline.

4. Pastikan Bisa Dibaca

Logo akan digunakan di semua aset branding, mulai dari header website hingga kartu nama Anda. Di mana pun logo muncul, teks harus selalu dapat dibaca. Untuk memastikannya, perhatikan ukuran teks dan font yang Anda gunakan dan periksa hasil akhirnya di berbagai platform dan dari perangkat yang berbeda.

5. Analisis Logo Pesaing

Menganalisis logo pesaing bisa memberi informasi tentang logo apa yang berkomunikasi secara efektif dengan target audiens dan mana yang kurang tepat sasaran. Menganalisis logo pesaing tidak hanya membantu mendapatkan insight strategis, tetapi juga membedakan bisnis Anda dari yang lain. Misalnya, jika semua pesaing menggunakan logo monokromatik, cobalah rancang logo dengan warna atau tipografi unik untuk membantu merek Anda menonjol.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Logo Brand Sendiri

4 Contoh Logo Bisnis yang Ikonik

Suatu logo bisa dikatakan ikonik apabila mampu menghubungkan logo dengan merek tanpa menggunakan teks. Berikut beberapa contohnya:

1. Nike

Nike Logo

Logo “swoosh” khas Nike adalah salah satu contoh terbaik dari desain logo ikonik. Ikon ini tidak memiliki makna mendalam, tetapi tidak dapat disangkal terkait dengan merek Nike.

2. Apple

Apple logo

Contoh lain dari desain logo ikonik yang kuat adalah milik Apple. Logo Apple langsung terikat dengan merek Apple, bahkan tanpa teks untuk menghubungkan keduanya.

3. Starbucks

Starbuck Logo

Starbucks baru-baru ini mengubah logonya menjadi “ikon murni” dengan menghilangkan teks “Starbucks Coffee”.

4. Disney

Disney logo

Logo “signature” Disney adalah contoh terbaik dari desain logo yang unik. Tipografinya menonjol dari font tulisan tangan lainnya, namun tetap mudah dibaca.

Baca Juga: Langkah-Langkah Buat Logo Online

Jadi, apakah tujuan pembuatan logo bisnis? Tujuan utamanya adalah sebagai identitas agar masyarakat luas dapat membedakan merek bisnis Anda dari kompetitor. Mengingat pentingnya fungsi logo dalam menggaet pelanggan, sudah saatnya Anda memberi perhatian lebih pada pembuatan logo bisnis.

Untuk kebutuhan satu ini, serahkan kepada ToffeeDev yang menyediakan jasa desain logo Jakarta. Dengan jam terbang tinggi, tim profesional ToffeeDev siap membantu Anda dalam membuat logo bisnis terbaik. Klik di sini untuk terhubung dengan tim ToffeeDev!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top