5 Cara Berjualan di Shopee untuk Pemula

cara berjualan di shopee untuk pemula

Siapa yang tidak mengenal e-commerce nuansa oranye satu ini? Shopee adalah sebuah platform belanja online yang mudah, aman, dan menawarkan pengiriman cepat ke seluruh daerah di Indonesia. Berkat keunggulannya itu, banyak pelaku usaha yang akhirnya mengembangkan bisnisnya melalui platform Shopee.

Maka dari itu, apabila Anda berniat memulai jualan lewat Shopee, akan lebih baik jika Anda memahami terlebih dahulu cara berjualan di Shopee untuk pemula. Ada beberapa tips dan cara berjualan yang akan membuat bisnis Anda lebih unggul daripada lainnya. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Peluang Berjualan di Shopee di Era Digital

Shopee adalah marketplace pertama yang didirikan oleh Garena, yang sudah berganti nama menjadi SEA Group. Pada Desember 2015, SEA Group secara resmi meluncurkan mobile marketplace berbasis bisnis C2C (Customer to Customer) di bawah naungan PT Shopee International Indonesia.

Produk-produk yang ditawarkan di Shopee bisa bermacam-macam. Anda bisa menjual produk pakaian, makanan, kebutuhan rumah tangga, perlengkapan mandi, handphone, laptop, tas, produk kesehatan, perlengkapan olahraga, pulsa, tiket, dan masih banyak lagi.

Shopee pun membuka peluang usaha yang besar bagi para pengusaha pemula untuk memasarkan produk-produknya. Anda tinggal mendaftar di aplikasi Shopee sebagai penjual, melengkapi syaratnya, lalu Anda pun sudah bisa mulai berjualan. Para pengusaha juga berlomba-lomba mencari cara berjualan di Shopee untuk pemula agar mampu bersaing di pasar yang besar.

Baca Juga: Pelajari Cara Berbisnis yang Baik dan Coba Lakukan Setelahnya

5 Cara Berjualan di Shopee untuk Pemula

Selain mengenali target pasar, Anda juga perlu menguasai cara berjualan di Shopee agar bisnis Anda bisa berkembang. Bagaimana cara berjualan di Shopee untuk pemula yang baru membuka bisnis? 

1. Lengkapi Profil Toko Online

Pertama, Anda harus melengkapi profil akun jualan Anda di Shopee. Apabila Anda sudah berhasil membuat toko online, segera unggah produk-produk yang ingin Anda jual. Lengkapi semuanya, mulai dari foto real produk, deskripsi produk, cara pakai, cara order, jasa kirim, dan sebagainya. Toko yang lengkap adalah kunci sukses dari cara berjualan di Shopee untuk pemula.

2. Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Cara berjualan di Shopee untuk pemula yang berikutnya adalah dengan mengaktifkan fitur gratis ongkir. Promo gratis ongkir seperti ini adalah daya tarik terbesar bagi para pembeli. Shopee telah menyediakan fitur ini dengan minimal pembelanjaan mulai dari Rp0, Rp20.000, Rp40.000, dan sebagainya. Anda bisa mengaturnya sendiri di akun Shopee Anda.

Syarat mengaktifkan fitur gratis ongkir Shopee cukup mudah. Anda hanya perlu foto KTP dan foto selfie memegang KTP. Setelah itu, fitur gratis ongkir pun sudah aktif. Apabila pembeli menggunakan voucer itu, Anda juga tak perlu membayar ongkir kepada jasa ekspedisi.

Baca Juga: Memahami Cara Kerja Dropship serta Strategi Promosinya

3. Variasikan Produk

Daya tarik terbesar yang kedua saat belanja di Shopee adalah banyaknya variasi produk yang bisa ditawarkan oleh penjual. Makin banyak variasi produk yang Anda tawarkan, pembeli akan makin tertarik untuk mengunjungi toko online Anda. Apabila produk di etalase Anda kurang dari lima buah, maka Anda pun akan kesulitan mendapatkan pembeli. Sebaiknya, Anda juga menjual produk-produk yang memang banyak dicari oleh pembeli.

4. Berani Pasang Harga Murah

Salah satu kunci penting dari cara berjualan di Shopee untuk pemula adalah kompetisi harga. Pembeli yang membuka Shopee pasti akan mencari produk dengan harga yang termurah. Maka dari itu, banyak pengusaha yang akhirnya menjatuhkan harga demi dilirik oleh pembeli. 

Maka dari itu, agar produk Anda mampu bersaing di pasaran, Anda harus berani memasang harga ‘terbaik’. Selain itu, Anda juga harus punya strategi digital marketing yang mumpuni. Namun, Anda tak perlu khawatir karena saat ini ada banyak jasa layanan Digital Marketing seperti ToffeeDev. Dengan bantuan dari tim terbaik ToffeeDev, Anda bisa memaksimalkan penjualan dan hasilkan keuntungan yang jauh lebih banyak.

5. Ikuti Program Khusus dari Shopee

Cara berjualan di Shopee untuk pemula yang berikutnya adalah dengan mengikuti program-program khusus dari Shopee. Cara ini bisa membuat toko Anda ‘muncul’ di permukaan. Pembeli pun bisa mengenal produk-produk Anda lebih jauh. Program khusus Shopee ini bisa berupa flash sale atau live shopping.

banner

3 Ide Jualan di Shopee

Agar panduan cara berjualan di Shopee untuk pemula di atas berjalan lancar, Anda juga harus mengoptimalkan produk dengan sebaik mungkin. makin laris produk tersebut, makin besar pula peluang pembeli untuk mengunjungi toko online Anda. Berikut ini adalah tiga produk terlaris di Shopee yang bisa jadi ide jualan Anda!

1. Pakaian

Pakaian adalah kebutuhan pokok semua orang. Menjual berbagai macam pakaian bisa jadi ide jualan Anda di Shopee. Selain itu, tren fashion saat ini juga selalu berkembang, sehingga mode pakaian pun akan sangat beragam.

2. Perlengkapan Rumah Tangga

Ide jualan di Shopee berikutnya adalah alat-alat rumah tangga, seperti rak sepatu, gantungan baju, alat mandi, alat masak, dan lain-lain. Peralatan semacam ini pasti selalu dicari oleh pembeli. Maka dari itu, Anda bisa coba ide jualan satu ini.

Baca Juga: Pahami Perbedaan E-commerce dan Marketplace Berikut Ini

3. Produk Kecantikan dan Kebutuhan Wanita

Alat-alat kebutuhan wanita seperti bedak, lipstik, maskara, eyeshadow, pelembap, serum, dan sebagainya adalah barang-barang yang selalu laris di Shopee. Produk kebutuhan wanita seperti ini juga tidak cukup hanya satu produk, tetapi banyak dan bervariasi.

Dengan menjual produk-produk yang banyak diminati masyarakat dan menerapkan cara berjualan di Shopee untuk pemula seperti di atas, maka bisnis Anda bisa jauh lebih berkembang daripada sebelumnya. Merintis usaha memang tidak mudah. Maka dari itu, progress sekecil apa pun akan jadi sesuatu yang berharga untuk memotivasi Anda lebih berproses lagi.Jadi, apakah Anda sudah bersiap untuk berjualan bisnis online melalui Shopee? Atau Anda tertarik untuk membuat websitee-commerce sendiri? Silakan hubungi ToffeeDev sekarang juga agar tim kami dapat membantu kebutuhan bisnis Anda di dunia digital.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat