3 Cara Memasukkan Proxy Manual Secara Lengkap

cara memasukkan proxy manual

Cara memasukkan proxy manual adalah proses yang digunakan untuk mengonfigurasi koneksi internet agar dapat menggunakan server proxy. Namun, sebenarnya apa yang dimaksud dengan server proxy ini? Lalu, apa hubungannya dengan proxy manual? 

Untuk memahami satu persatu aspek yang berkaitan dengan cara memasukkan proxy manual ini, ToffeeDev akan membantu Anda melalui artikel yang satu ini. Jadi, pastikan untuk membaca artikel berikut hingga akhir! 

Apa itu Server Proxy?

Server proxy adalah sebuah sistem atau perangkat yang berfungsi sebagai perantara antara klien dan server. Tujuan dari server proxy adalah untuk menyediakan layanan tambahan, seperti keamanan, pengaturan akses, atau penguat sinyal. Server proxy juga dapat digunakan untuk menyembunyikan identitas klien dari server yang dituju, menyimpan data yang pernah ditransfer, atau mengatur akses ke server tertentu. 

Beberapa contoh penggunaan server proxy di antaranya adalah untuk menyediakan akses internet kepada karyawan di dalam jaringan opera di perusahaan, menyediakan akses internet yang aman di sekolah atau universitas, atau menyediakan akses internet yang terbatas untuk anak-anak di rumah.

Baca Juga: Apa itu Server Proxy? Berikut 6 Cara Periksa Proxy Melalui Komputer

4 Cara Kerja Proxy

Cara kerja proxy pada dasarnya adalah sebagai perantara antara klien dan server. Saat klien mengirim permintaan ke server, permintaan tersebut diteruskan ke proxy server. Namun untuk lebih memahami cara kerjanya secara pasti, berikut adalah tahapan cara kerja proxy yang perlu Anda ketahui!

1. Klien Mengirim Permintaan Ke Server

Ketika klien ingin mengakses suatu server, ia akan mengirim permintaan ke server melalui server proxy. Secara teknis, klien akan mengirim permintaan protokol HTTP atau HTTPS ke server proxy dengan menyertakan alamat URL yang ingin dikunjungi.

Contohnya, jika klien ingin mengakses halaman web “www.example.com”, ia akan mengirim permintaan “GET / HTTP/1.1” ke proxy server dengan menyertakan alamat URL “www.example.com” dalam permintaan tersebut.

2. Proxy Server Menerima dan Melakukan Pemeriksaan

Setelah menerima permintaan dari klien, server proxy akan melakukan pemeriksaan terhadap permintaan tersebut berdasarkan aturan yang ditentukan (misalnya daftar situs yang diblokir atau kredensial autentikasi), sebelum mengirim permintaan tersebut ke server yang diminta. Kemudian, server akan mengirimkan jawaban kembali ke proxy server yang akan diteruskan ke klien.

Baca Juga: Manfaat Proxy Server

3. Proxy Server Menentukan Permintaan

Jika permintaan diizinkan, server proxy akan mengambil data dari server yang diminta dan mengirimkannya kembali ke klien. Jika permintaan diblokir, server proxy akan mengirimkan pesan error kepada klien.

4. Proxy Server Menyimpan dan Mencatat Data

Server proxy juga dapat menyimpan data yang telah diambil dari server dalam cache-nya sehingga jika klien mengajukan permintaan yang sama kembali, server proxy dapat memberikan data dari cache-nya tanpa harus mengambil data dari server lagi. Kemudian server proxy akan mencatat log aktivitas yang dilakukan oleh klien dan server dari permintaan yang dilakukan.

Banner - SEO General

4 Langkah-Langkah Setting Proxy

Ketika Anda ingin melakukan pengaturan terhadap proxy, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Salah satunya adalah mengenai browser. Perlu diingat bahwa setiap browser dan sistem operasi mungkin memiliki cara yang berbeda dalam mengatur proxy, jadi pastikan untuk mengikuti petunjuk yang sesuai dengan browser dan sistem operasi yang Anda gunakan. 

Namun, sebagian besar langkah pengaturan proxy adalah sama. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda coba terapkan.

1. Buka Pengaturan Browser Anda

Langkah pertama adalah dengan membuka pengaturan browser. Pada browser seperti browser Google Chrome, Anda dapat mengakses pengaturan dengan mengklik tiga garis horizontal di pojok kanan atas layar, kemudian pilih “Settings”.

2. Temukan Bagian ‘Network’

Kemudian temukan bagian ‘Network’ pada pengaturan browser Anda. Namun, hal ini bisa berbeda-beda pada setiap browser. Jika tidak ada, Anda bisa temukan proxy browser bagian  “Connections” dan klik “Change proxy settings” atau “Open proxy settings”.

Pada jendela “Internet Properties”, pilih tab “Connections” dan klik “LAN settings”. Pada jendela “Local Area Network (LAN) Settings”, centang pada kolom “Use a proxy server for your LAN” dan masukkan alamat IP dan port proxy yang digunakan.

Banner - Ebook SEO

3. Lakukan Instruksi Tambahan Jika Diperlukan

Jika diperlukan, masukkan nama pengguna dan kata sandi untuk autentikasi proxy. * Klik tombol “OK” pada semua jendela yang terbuka untuk menyimpan pengaturan.

4. Cek Kembali Koneksi Anda

Langkah terakhir adalah periksa kembali koneksi Anda. Langkah ini perlu dengan mudah dilakukan untuk memastikan bahwa proxy telah berhasil diatur.

Baca Juga: Jenis-Jenis Proxy Server

3 Cara Memasukkan Proxy Manual

Cara memasukkan proxy manual adalah proses yang digunakan untuk mengatur koneksi internet agar menggunakan server proxy tertentu. Apabila menggunakan proxy, Anda dapat mengakses internet explorer konten yang diblokir atau mengamankan koneksi internet yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk memasukkan proxy manual yang perlu Anda ketahui!

1. Buka Pengaturan Browser Anda

Buka pengaturan browser Anda. Namun, perlu diingat bahwa setiap browser mungkin memiliki tahap panduan settingan yang berbeda. Jika menggunakan Google Chrome, Anda dapat mengklik tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih “settings”

2. Buka Bagian ‘Advanced’

Pada bagian ‘Settings’, pastikan untuk membuka bagian ‘Advanced’. Pada bagian ini, Anda bisa menemukan berbagai fitur untuk mengatur proxy

Banner - SEO x CRO

3. Buka Bagian ‘Open Proxy Settings’

Pada bagian ‘Advanced’, pastikan untuk menemukan “LAN settings” yang mana di dalamnya Anda bisa mengaktifkan proxy manual. Jika mengalami kebingungan, temukan ‘Use a manual proxy configuration server for your LAN’. Kemudian, masukkan alamat proxy dan port proxy yang ingin Anda gunakan.

Selain untuk penggunaan pribadi, pengaturan proxy semacam ini juga perlu diterapkan untuk suatu bisnis yang utamanya bergerak secara digital. Jika bisnis Anda, memiliki website bisnis pastikan pengaturan proxy Anda sesuai dengan kebutuhan. Proxy sendiri akan berfungsi untuk load balancing, caching, bahkan sebagai firewall hingga anonymizing dan access control pada web Anda. 

Untuk mendapatkan web bisnis terpercaya, pastikan untuk menggunakan jasa web developer yang tepat dan profesional seperti ToffeeDev! Anda bisa temukan panduan dan berbagai layanan Digital Marketing yang akan memudahkan bisnis digital di ToffeeDev.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat