3 Cara Membuat Website Bisnis dan Tahapannya

cara membuat website bisnis

Zaman yang makin berkembang membuat setiap aspek seperti bisnis harus melakukan penyesuaian agar makin relevan. Salah satu penyesuaian yang dilakukan adalah dengan melakukan pemasaran secara digital. Pemasaran secara digital dapat dilakukan secara beragam, mulai dari membuat konten di media sosial hingga memiliki website bisnis sendiri. Berbicara mengenai website, bagaimana cara membuat membuat website bisnis untuk perusahaan?

Cara membuat website bisnis dapat dikatakan beragam. Ada banyak opsi yang bisa  dipilih untuk membuat website yang Anda inginkan. Sebelum membuat website bisnis, pastikan Anda telah melakukan beberapa persiapan seperti riset. Riset ini pasti dibutuhkan untuk membantu Anda menentukan cara membuat website bisnis yang paling sesuai dengan Anda baik secara anggaran, tingkat kesulitan, dan selera.

Jika Anda sedang mencari tahu apa saja langkah atau tahapan bahkan cara dalam membuat website bisnis, artikel ini adalah tempat yang tepat untuk Anda! ToffeeDev akan mengulas seputar informasi cara membuat website bisnis yang perlu Anda ketahui. Jadi, simak artikel hingga akhir agar tidak kelewatan setiap informasinya!

3 Cara Membuat Website

Sebelum membahas tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam membuat website bisnis, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda yang nantinya harus pertimbangkan. Cara membuat website bisnis sebenarnya beragam, di sini ToffeeDev akan memberikan 3 cara yang perlu Anda ketahui!

1. Membuat Website dengan Menggunakan Coding

Cara pertama adalah cara yang mungkin tergolong sulit bagi pemilik bisnis yang tidak terlalu familier dengan dunia pemrograman, yaitu dengan menggunakan coding. Sebut saja cara ini adalah cara paling dasar dan paling manual di dalam pembuatan website apa pun, tidak hanya website bisnis. 

Cara membuat website yang satu ini harus dimulai dari nol. Anda harus berurusan dengan HTML sebagai dasar pembuatan dan pengaturan tampilan website nantinya. Selain HTML, Anda juga akan berurusan dengan kode program yang lumayan rumit. Namun, Anda dapat menyesuaikan dan mendesain website bisnis tanpa terbatasi pilihan dengan menggunakan coding ini.

Baca Juga: Biaya Pembuatan Website Terbaru, Mahal atau Murah?

2. Membuat Website Menggunakan Website Builder

Cara kedua untuk membuat website bisnis adalah menggunakan website builder tanpa perlu menggunakan coding. Ini adalah kebalikan dari cara pertama, tetapi bukan berarti Anda tidak akan berurusan dengan istilah pemrograman sedikit pun. 

Cara kedua ini dinilai lebih mudah ketimbang membuat website dari nol dengan coding. Sejauh ini, sudah banyak sekali platform yang menawarkan Anda untuk membuat website dengan mudah di internet. Contohnya seperti, WordPress, Squarespace, Shopify, Web.com, Network Solution dan masih banyak lagi.

Pada umumnya, platform website builder semacam ini akan menyediakan beberapa website template yang bisa Anda gunakan meskipun tidak semua opsi bisa dipilih. Terkadang, mereka akan memberikan kesempatan free trial bagi Anda dalam kurun waktu tertentu saja. Namun, untuk pemakaian jangka panjang Anda harus membayar per bulannya. 

Selain proses pembuatan yang tidak rumit, website builder juga memberikan layanan tanya jawab bila Anda mengalami kesulitan ketika sedang membuat website pada platformnya. Anda akan dibimbing untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang pemula dan tidak terlalu kenal dengan dunia pemrograman, tetapi masih ingin membuat website bisnis sendiri.

3. Membuat Website dengan Bantuan Layanan Pembuatan Website

Cara ketiga adalah menggunakan layanan jasa pembuatan website seperti ToffeeDev. Cara ini akan sangat cocok bagi Anda yang tidak punya waktu di depan layar selama berjam-jam untuk mengurus pembuatan website sendiri. Selain itu, Anda juga tidak perlu berurusan dengan bahasa pemrograman seperti coding.

Anda cukup menyampaikan request yang diinginkan untuk website bisnis, seperti tampilan website. Beberapa request lainnya yang mengacu kepada bisnis Anda yang harus tertera di dalam website. Sebelum Anda mengajukan beberapa request dan ketentuan, lakukanlah riset sebanyak mungkin. 

Tidak perlu khawatir jika Anda tidak terlalu paham dengan request atau ketentuan yang diinginkan. Hal ini karena pihak yang menawarkan jasa pada umumnya memiliki tim kreatif yang akan membantu untuk mengetahui keinginan Anda.

Dari segi biaya, tentunya cara inilah yang paling banyak menguras anggaran. Biasanya mereka akan menawarkan paket layanan, yang termasuk layanan web development. Paket ini akan membantu Anda dalam mengurus website sampai jangka waktu tertentu.

Baca Juga: 4 Fungsi Website, Jenis, dan Cara Membuatnya

banner

3 Tahapan Pembuatan Website

Terlepas dari cara mana yang dipilih, ada beberapa tahapan umum yang harus Anda perhatikan ketika membuat website. Berikut adalah 3 tahapan untuk membuat website yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Lakukan Riset

Terlepas dari membuat sendiri atau menggunakan jasa, Anda harus melakukan riset jika ingin membuat website. Usahakan untuk mencari tahu sebanyak mungkin tampilan website seperti apa yang Anda inginkan, contohnya seperti warna, tema, tingkat kerumitan interface dan lain sebagainya. Anda bisa mencari referensi dari website bisnis yang menjual produk serupa. 

2.Tentukan Desain dan Domain

Setelah melakukan riset, saatnya  menentukan website desain yang pasti dan domain yang Anda inginkan. Untuk domain website, usahakan untuk memilih domain yang mudah diingat dan tidak rumit, namun tetap mewakili bisnis Anda. Hal ini akan berpengaruh nantinya terhadap pelanggan ketika ingin mengunjungi website Anda. 

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar untuk Website Bisnis

3. Lakukan Simulasi Percobaan

Tahapan terakhir adalah ketika website Anda sudah hampir jadi, pastikan untuk selalu melakukan percobaan dan evaluasi. Buatlah pengoperasian website Anda semudah mungkin dengan tampilan yang semenarik mungkin. Ketika melakukan simulasi, usahakan untuk memosisikan diri Anda dengan menggunakan perspektif pelanggan. Setelah itu lakukan evaluasi jika harus ada yang diperbaiki sebelum website resmi dirilis.

Untuk layanan pembuatan website dan optimasinya, Anda bisa menggunakan layanan dari ToffeeDev! ToffeeDev menawarkan layanan untuk urusan website Anda, mulai dari pengembangan website hingga email hosting. Anda pun bisa menggunakan jasa digital marketing lainnya untuk mengembangkan bisnis. Hubungi kami sekarang dan mari buat website bisnis profesional dengan mudah dan anti rumit bersama ToffeeDev!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top