3 Cara Mendapatkan Leads dengan Memanfaat SEO, SEM, dan PPC

bagaimana cara mendapatkan leads

Dalam era digital seperti sekarang, mendapatkan leads yang berkualitas adalah langkah krusial dalam membangun bisnis yang sukses. Leads adalah potensi pelanggan atau prospek yang menunjukkan minat terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara komprehensif tentang apa itu leads, mengapa hal ini penting dalam bisnis, dan strategi serta langkah-langkah efektif untuk mendapatkan dan mengelola leads dengan baik.

Apa Itu Leads dan Mengapa Mereka Penting?

Leads, dalam konteks bisnis, adalah individu atau entitas yang telah menunjukkan minat terhadap produk atau layanan Anda dengan cara tertentu. Ini bisa berarti mereka telah mengisi formulir, mengikuti webinar, berlangganan newsletter, atau melakukan tindakan lain yang mengindikasikan ketertarikan pada bisnis Anda.

Leads memiliki peran penting dalam siklus penjualan. Mereka adalah potensi pelanggan yang berada di tahap awal perjalanan pembelian dan harus dikelola dengan cermat. Leads berkualitas tinggi adalah mereka yang memiliki minat yang kuat dan relevan dengan bisnis Anda.

Mengapa Mendapatkan Leads yang Berkualitas Sangat Penting?

Mendapatkan leads yang berkualitas adalah salah satu elemen kunci dalam kesuksesan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa alasan mengapa leads berkualitas sangat penting:

  • Meningkatkan konversi: Leads berkualitas cenderung lebih mudah untuk dikonversi menjadi pelanggan dibandingkan dengan leads yang kurang berkualitas. Mereka sudah memiliki minat yang kuat terhadap produk atau layanan Anda.
  • Efisiensi marketing: Dengan fokus pada leads berkualitas, Anda menghindari membuang-buang waktu dan sumber daya pada prospek yang tidak relevan. Ini membuat upaya pemasaran Anda lebih efisien.
  • Mengoptimalkan retensi: Leads berkualitas juga memiliki potensi lebih besar untuk menjadi pelanggan setia. Mereka lebih cenderung mempertimbangkan bisnis Anda untuk kebutuhan mereka pada masa yang akan datang.
  • Meningkatkan pendapatan: Dengan memiliki leads berkualitas, Anda dapat meningkatkan pendapatan bisnis Anda karena konversi yang lebih tinggi dan nilai pelanggan yang lebih besar.

6 Strategi yang Bisa Anda Terapkan untuk Mendapatkan Leads

Dalam upaya mendapatkan leads berkualitas, Anda perlu mengimplementasikan strategi-strategi berikut:

1. Pemanfaatan Konten Berkualitas

Salah satu cara terbaik untuk menarik leads adalah melalui konten berkualitas. Buat konten yang informatif, relevan, dan bermanfaat bagi audiens Anda. Artikel blog, video tutorial, dan infografis adalah beberapa contoh konten yang dapat menarik minat potensial leads.

2. Menerapkan Call-to-Action (CTA) yang Menarik

CTA adalah instruksi yang mengarahkan pengunjung situs web atau konten Anda untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengisi formulir, mengklik tombol “Beli Sekarang,” atau berlangganan newsletter. Pastikan CTA Anda menarik dan relevan dengan konten yang disajikan.

3. Menggunakan Formulir dan Landing Page yang Efektif

Formulir dan landing page adalah alat penting untuk mengumpulkan informasi kontak dari leads. Pastikan formulir Anda sederhana, jelas, dan mudah diisi. Landing page harus dirancang dengan baik untuk meningkatkan konversi.

4. Mengoptimalkan Sosial Media untuk Mengumpulkan Leads

Sosial media adalah platform yang efektif untuk mencapai potensial leads. Buat strategi konten sosial media yang menarik, gunakan iklan berbayar untuk menargetkan audiens yang tepat, dan aktif berinteraksi dengan pengikut Anda.

5. Kolaborasi dengan Partner atau Influencer

Bekerja sama dengan mitra bisnis atau influencer yang relevan dalam industri Anda dapat membantu Anda mencapai audiens yang lebih luas. Mereka dapat membantu memperkenalkan bisnis Anda kepada leads potensial.

6. Menggunakan Alat Otomatisasi Marketing

Alat otomatisasi marketing seperti email marketing, CRM (Customer Relationship Management), dan chatbot dapat membantu Anda mengelola dan melacak leads dengan lebih efisien. Ini memungkinkan Anda untuk memberikan pesan yang relevan kepada leads pada waktu yang tepat.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Leads Melalui Facebook

Cara Mendapatkan Leads dengan SEO, SEM, dan PPC

Fokus utama untuk mendapatkan leads dalam artikel ini adalah menggunakan SEO. Sebenarnya tidak hanya SEO saja. Anda juga dapat memanfaatkan SEM (Search Engine Marketing) dan PPC (pay per click) yang sebenarnya memiliki keterkaitan dengan SEO juga.

Kunci utama dari SEO adalah website bisnis Anda sendiri. Ketika Anda memutuskan melakukan optimasi website dengan SEO, maka perlu melakukan beberapa cara tepat yang sesuai kaidah. Tentu saja kaidah SEO. 

Dalam SEO, Anda harus menggunakan keyword dengan volume pencarian tinggi, namun sebisa mungkin memiliki kompetisi rendah. SEO tidak pernah lepas dari konten. Itulah mengapa Anda harus membuat konten dari keyword yang telah dicari.

Anda wajib memasukkan keyword di dalam judul, meta description, hingga beberapa bagian konten. Kemudian letakkan internal link yang mengarah ke laman website Anda agar para pembaca konten tersebut mengklik link tersebut. Jika memang ingin menaikkan leads, Anda juga bisa meletakkan form di bagian akhir konten agar para pengunjung yang tertarik dapat memasukkan e-mail mereka.

Dalam pembuatan konten yang SEO friendly, sebaiknya berikan informasi edukatif dan bisa diambil manfaatnya. Konten seperti itu jauh lebih sering dicari oleh para pengguna internet karena pada akhirnya, itulah fungsi internet, yakni memberikan informasi berharga dan sesuai kebutuhan.

Selanjutnya, untuk meningkatkan SEM dan PPC, Anda dapat memanfaatkan frase keyword long-tail yang memiliki minimal 3 kata. Keyword long-tail dinilai mampu memaksimalkan trafik yang ditargetkan. Volume pencarian pun tetap tinggi, tapi tidak terlalu kompetitif sehingga Anda dapat melihat hasil kenaikan trafik lebih baik.

Baca Juga : Bagaimana Mendatangkan Leads Melalui Google AdWords

1. Memberikan Konten yang SEO Friendly

Melanjutkan penjelasan di atas, konten yang SEO friendly harus Anda terapkan di dalam website. Anda wajib memasukkan keyword di judul, heading 2 & 3, beberapa bagian dalam konten, dan tentunya meta description. Jangan lupa masukkan internal link, gambar yang telah dioptimasi dengan keyword sebagai judulnya, serta penambahan CTA (call to action).

CTA di akhir konten memang dinilai penting dalam mendapatkan leads. Ketika para pengunjung sudah membaca konten di dalam website Anda, beberapa yang tertarik pasti membutuhkan arahan lebih langsung menuju kepada tim bisnis. Itulah mengapa dibutuhkan CTA. 

CTA ini bisa dalam bentuk internal link ke laman produk, laman Contact Us, atau memang Anda menuliskan alamat e-mail atau nomor yang dapat dihubungi. Dari memberikan CTA ini, maka target leads yang ingin dicapai perlahan-lahan semakin cepat didapatkan. 

Baca Juga : Call To Action Adalah Cara Anda Menarik Perhatian Pelanggan

2. Membuat Konten yang Beragam

Konten di dalam website tidak selamanya hanya berbentuk artikel saja. Anda dapat membuat e-book, webinar, studi kasus, hingga demo produk/layanan yang dimiliki. Dengan membuat konten yang jauh lebih beragam, ada dua keuntungan yang bisa didapatkan.

Pertama, Anda bisa memenangkan kepercayaan calon pelanggan karena dari isi konten yang beragam, ada citra bahwa bisnis ini profesional. Kedua, konten yang beragam dapat membedakan Anda dengan pesaing. Tidak selamanya pesaing Anda berani membuat konten yang beragam. Malah lebih banyak yang hanya stagnan membuat konten artikel saja. Dari sana, Anda bisa tampak berbeda di mata pelanggan dan tentunya jauh lebih menarik.

Banner SEO X CRO 1

3. Menyediakan Landing Page

Apakah Anda memiliki landing page dalam website? Landing page atau halaman tujuan menjadi praktik umum di dalam SEM. Ketika Anda memasang iklan atau melakukan promosi via e-mail, maka para customer yang melihat itu bisa langsung masuk ke dalam landing page.

Ada berbagai isi di dalam landing page. Namun yang paling lazim adalah penjelasan produk atau layanan bisnis Anda. Penjelasan ini sebaiknya diberikan secara lengkap dan tetap mampu menarik perhatian. Itulah mengapa diperlukan gaya penulisan yang tepat, sekaligus sesuai dengan citra bisnis Anda. 

Baca Juga: Lead Capture Form: Membangun Strategi Pengumpulan Informasi Pelanggan

4. Membuat FAQ

Setiap konten di dalam website dapat dioptimasi dengan SEO. Termasuk FAQ (Frequently Asked Questions). Sebagai salah satu bentuk konten, FAQ dapat dimasukkan keyword yang ingin dioptimasi. Namun jika memang tidak ada keyword yang ingin dioptimasi, keberadaan FAQ tetap penting karena menjadi salah satu persyaratan SEO. Benar sekali, FAQ masih masuk di dalam praktik optimasi SEO. Bahkan jika ada laman produk yang sudah dioptimasi tetapi tidak memiliki FAQ, hasilnya pasti berbeda jika dibandingkan dengan laman dengan FAQ.

Berikan pertanyaan yang memang sesuai kebutuhan konsumen agar mereka semakin mengerti produk/layanan bisnis Anda. FAQ juga bisa Anda tambahkan CTA agar pengunjung bisa langsung menjadi bagian dari leads.

5 Cara Efektif Mengelola dan Melakukan Konversi Leads

5 Cara Efektif Mengelola dan Melakukan Konversi Leads

Dalam upaya untuk mengelola leads dengan efektif dan mengonversi mereka menjadi pelanggan, Anda perlu menerapkan berbagai strategi yang terbukti berhasil. Berikut adalah lima cara efektif untuk mengelola dan melakukan konversi leads:

1. Proses Lead Nurturing untuk Meningkatkan Kualitas Leads

Lead nurturing adalah proses berkelanjutan dalam membangun hubungan dengan leads Anda seiring waktu. Langkah-langkah utama dalam proses lead nurturing mencakup:

  • Penyampaian konten yang relevan: Kirimkan konten berkualitas tinggi yang sesuai dengan kebutuhan dan minat leads Anda. Ini bisa berupa artikel, panduan, video tutorial, atau webinar.
  • Personalisasi pesan: Bekerja berdasarkan informasi yang Anda miliki tentang leads, personalisasikan pesan Anda. Ini membuat leads merasa diperhatikan dan memiliki pengalaman yang lebih positif.
  • Keterlibatan yang konsisten: Pertahankan komunikasi yang konsisten melalui email, media sosial, dan platform lainnya. Pertanyaan atau tanggapan dari leads harus ditanggapi dengan cepat.
  • Mengenal timing yang tepat: Ketahui kapan saat yang tepat untuk memberikan penawaran atau insentif untuk mengonversi leads menjadi pelanggan. Ini bisa berupa penawaran khusus atau diskon.

Proses lead nurturing membantu membangun kepercayaan dan meningkatkan kualitas leads Anda, sehingga mereka lebih siap untuk melakukan pembelian.

2. Melakukan Segmentasi Leads untuk Menyesuaikan Pesan

Setiap lead memiliki karakteristik, preferensi, dan kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan segmentasi leads. Langkah-langkahnya meliputi:

  • Klasifikasi berdasarkan demografi: Segmentasikan leads berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi geografis, dan faktor demografis lainnya.
  • Segmentasi berdasarkan perilaku: Analisis perilaku leads, seperti riwayat pembelian atau interaksi dengan situs web Anda, untuk menyesuaikan pesan yang Anda kirimkan.
  • Segmentasi berdasarkan tahap perjalanan: Kenali tahap perjalanan pembelian masing-masing lead (awareness, consideration, decision) dan kirimkan konten yang relevan sesuai dengan tahap tersebut.
  • Menggunakan data analisis: Gunakan data analisis untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan segmentasi Anda. Ini akan membantu Anda lebih memahami preferensi leads Anda.

Dengan melakukan segmentasi leads, Anda dapat memberikan pesan yang lebih relevan dan personal, yang meningkatkan peluang konversi.

3. Menggunakan Email Marketing untuk Membangun Hubungan

Email marketing tetap menjadi alat yang kuat dalam mengelola leads dan membangun hubungan dengan mereka. Beberapa praktik email marketing yang efektif meliputi:

  • Penjadwalan email yang tepat: Kirim email pada waktu yang tepat, seperti ketika leads berada dalam mode online atau saat mereka paling responsif.
  • Personalisasi email: Gunakan nama penerima dalam email dan kustomisasi konten sesuai dengan minat mereka.
  • Automasi email: Gunakan alat otomatisasi email untuk mengirimkan serangkaian email berdasarkan tindakan atau interaksi leads.
  • Konten yang relevan: Pastikan email berisi konten yang berguna dan relevan, termasuk tawaran khusus atau informasi eksklusif.

Email marketing adalah cara yang efektif untuk tetap berhubungan dengan leads Anda, memberikan nilai tambah, dan mendorong mereka menuju konversi.

Baca Juga: Apa Itu Leads Qualification dan Mengapa Penting dalam Pemasaran?

4. Mengoptimalkan Landing Page Konversi

Landing page adalah halaman yang dirancang khusus untuk mengonversi leads menjadi pelanggan. Cara mengoptimalkan landing page konversi meliputi:

  • Desain yang menarik: Desain landing page yang menarik dan bersih dengan fokus pada pesan utama dan CTA (Call to Action).
  • Pesan yang jelas: Sampaikan pesan dengan jelas, jelaskan manfaat produk atau layanan Anda, dan berikan alasan mengapa leads harus bertindak.
  • CTA yang kuat: Gunakan CTA yang menarik dan tindakan yang jelas, seperti “Beli Sekarang,” “Daftar Sekarang,” atau “Unduh e-book Gratis.”
  • Formulir yang efektif: Jika diperlukan, gunakan formulir yang sederhana dan jelas untuk mengumpulkan informasi kontak.
  • Uji A/B: Lakukan uji A/B untuk mencari tahu elemen apa yang paling efektif dalam meningkatkan konversi.

Landing page yang dioptimalkan dapat meningkatkan tingkat konversi Anda secara signifikan.

5. Mengukur Kinerja dan Menyesuaikan Strategi

Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, adalah mengukur kinerja kampanye Anda secara teratur. Ini termasuk mengamati metrik seperti tingkat konversi, tingkat buka email, tingkat klik, dan ROI. Dengan data ini, Anda dapat:

  • Mengidentifikasi apa yang berhasil dan apa yang tidak dalam strategi Anda.
  • Menyesuaikan pesan, taktik, dan strategi Anda berdasarkan hasil yang Anda lihat.
  • Terus memperbaiki dan menyempurnakan kampanye Anda seiring waktu.

Mengukur kinerja secara teratur membantu Anda tetap kompetitif dan mendapatkan hasil yang lebih baik dalam mengelola dan mengonversi leads.

Kesimpulan

Pemahaman tentang cara mendapatkan leads yang berkualitas dan bagaimana mengelola serta mengonversinya adalah kunci kesuksesan bisnis. Leads adalah aset berharga yang dapat membantu Anda meningkatkan pendapatan, efisiensi, dan retensi pelanggan. Dengan menerapkan strategi-strategi yang tepat, Anda dapat memanfaatkan potensi leads secara optimal.

Untuk mendapatkan dan mengelola leads dengan efektif dan efisien, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan Digital Marketing Agency yang berpengalaman seperti ToffeeDev. Kami memiliki pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk membantu Anda mencapai kesuksesan dalam mengelola leads dan strategi pemasaran digital Anda. 

Digital Marketing Agency, seperti ToffeeDev, adalah pakar dalam bidang pemasaran digital. Dalam lingkungan digital yang terus berubah, memiliki pakar yang memahami algoritma mesin pencari, media sosial, periklanan online, dan teknik-teknik pemasaran digital lainnya adalah aset berharga.

Tidak hanya itu, ToffeeDev memiliki akses ke beragam alat dan teknologi terkini yang membantu dalam mengidentifikasi, melacak, dan mengelola leads dengan lebih efisien. Kami juga dapat menerapkan solusi otomatisasi marketing yang canggih untuk mengotomatisasi tugas-tugas rutin, seperti pengiriman email, penjadwalan posting sosial media, dan pelacakan konversi.

Tertarik untuk mencoba jasa kami? Hubungi dan jadwalkan konsultasi dengan kami segera dan tingkatkan performa bisnis Anda bersama ToffeeDev!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat