Panduan Lengkap Cara Transfer Domain ke Website Baru

cara transfer domain

Proses transfer domain sering kali menjadi momok yang menakutkan bagi banyak pemilik website. Namun, tidak perlu khawatir karena ToffeeDev akan membahas secara rinci langkah-langkah untuk mentransfer domain ke website baru pada artikel ini. Mari telusuri bersama bagaimana cara transfer domain dengan mudah dan efisien.

Apa Itu Transfer Domain?

Sebelum memahami proses transfer domain, penting untuk memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan transfer domain. Mudahnya, transfer domain adalah proses pemindahan registrasi nama domain dari registrar domain yang sedang digunakan ke registrar domain yang baru. Proses ini mungkin diperlukan ketika Anda ingin mengganti penyedia hosting atau ketika terjadi transaksi jual-beli domain.

Syarat Transfer Domain

Syarat Transfer Domain

Sebelum melangkah lebih jauh dalam proses transfer domain, penting untuk memahami syarat-syarat yang perlu dipenuhi. Berikut ini adalah beberapa persyaratan utama yang harus Anda perhatikan sebelum memulai proses transfer domain.

1. Tipe Domain yang Dapat Ditransfer

Tidak semua domain dapat ditransfer dengan mudah. Umumnya, domain dengan TLD (Top-Level Domain) seperti .com, .net, .org, .biz, .info, .us, .name, .cn, .ru dapat ditransfer dengan prosedur standar. Namun, untuk TLD domain Indonesia seperti .co.id dan .web.id, mungkin diperlukan persyaratan tambahan seperti fotocopy KTP, SIUP atau merek dagang, dan akta PT dari perusahaan Anda. Pastikan registrar tujuan juga dapat menerima transfer untuk jenis domain yang dimiliki.

2. Status dan Kondisi Domain

Sebelum dapat ditransfer, pastikan bahwa domain yang akan dipindahkan tidak dalam keadaan terkunci (locked), tidak aktif (inactive), atau sedang dalam proses penghapusan (deleted). Selain itu, pastikan bahwa Anda dapat mengakses email administratif yang terdaftar sebagai pemilik domain, karena akan ada komunikasi penting melalui email selama proses transfer.

3. Kode Otorisasi (Auth Code)

Setiap domain yang akan ditransfer harus memiliki kode otorisasi atau EPP Code. Kode ini biasanya diberikan oleh registrar domain lama dan berfungsi sebagai kunci keamanan untuk memulai proses transfer. Pastikan Anda telah mendapatkan dan mencatat EPP Code dengan benar sebelum memulai transfer.

Banner - SEO General

4. Waktu Tunggu Setelah Pendaftaran

Apabila Anda baru saja mendaftarkan domain atau sudah pernah melakukan transfer sebelumnya, pastikan untuk menunggu setidaknya 60 hari sebelum dapat mengajukan permohonan transfer domain lagi. Hal ini merupakan kebijakan umum untuk menghindari transfer domain yang terlalu sering.

Baca Juga: Exact Match Domain: Apa Keuntungannya untuk SEO Bisnis?

5. Masa Aktif dan Status Domain

Pastikan domain yang akan ditransfer memiliki masa aktif minimal 60 hari atau lebih. Selain itu, pastikan juga bahwa domain yang ingin ditransfer tidak dalam keadaan expired atau mengalami masalah hukum dan kebangkrutan. Kondisi ini diperlukan untuk memastikan bahwa domain dapat dipindahkan tanpa hambatan.

Catatan Penting

Penting untuk diperhatikan bahwa setiap registrar domain memiliki kebijakan dan persyaratan yang berbeda, jadi pastikan untuk membaca ketentuan dari registrar yang bersangkutan sebelum memulai proses transfer. Dengan memastikan bahwa semua syarat terpenuhi, Anda dapat memulai langkah-langkah transfer domain dengan lebih yakin.

Bagaimana Cara Transfer Domain

Bagaimana Cara Transfer Domain?

Setelah memahami syarat-syarat transfer domain, sekarang saatnya untuk mengeksplorasi langkah-langkah praktis dalam melakukan proses transfer. Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk mentransfer domain ke registrar yang baru.

1. Dapatkan EPP Code dan Buka Registrar Domain

Langkah pertama dalam proses transfer domain adalah memperoleh EPP Code dari registrar domain lama Anda. EPP Code atau Authorization Code adalah kode keamanan yang diperlukan untuk menginisiasi transfer. Pastikan juga untuk membuka status terkunci (locked) pada registrar domain lama agar memungkinkan proses transfer.

Baca Juga: Membahas Apa itu Domain, Jenis, dan Cara Mendapatkannya

2. Lakukan Order Transfer Domain ke Registrar Baru

Setelah Anda memiliki EPP Code dan membuka status terkunci, langkah selanjutnya adalah melakukan order transfer domain ke registrar baru yang Anda pilih. Saat melakukan order, Anda akan diminta untuk menyertakan EPP Code yang sudah Anda dapatkan sebelumnya. Setelah order diterima, Anda akan menerima email konfirmasi order.

Banner - Ebook SEO

3. Berikan EPP Code ke Registrar Baru

Setelah mendapatkan email konfirmasi order, berikan EPP Code kepada registrar baru. Biasanya, ada formulir atau area khusus di panel kontrol registrar baru tempat Anda dapat memasukkan kode ini. EPP Code berfungsi sebagai tanda bahwa Anda memiliki hak untuk mentransfer domain.

4. Email Approval

Proses transfer akan memicu pengiriman email approval ke alamat email administratif yang terdaftar sebagai pemilik domain. Pastikan untuk memantau kotak masuk email Anda dan menanggapi email tersebut sesuai petunjuk yang diberikan. Email ini akan meminta persetujuan untuk melanjutkan proses transfer.

5. Proses Transfer

Setelah email approval berhasil dikonfirmasi, pihak administratif domain harus membuka email tersebut dan menyetujui proses transfer sesuai dengan instruksi yang tertera. Proses ini harus diselesaikan dalam waktu 5 hari; jika tidak, transfer dapat dibatalkan otomatis.

Baca Juga: Strategi SEO On-Page pada Domain: Langkah-Langkah yang Perlu Anda Lakukan

6. Verifikasi Status Domain

Pastikan bahwa domain tidak dalam keadaan terkunci (locked) atau suspended. Jika domain dalam kondisi OK atau Aktif (active), proses transfer akan dilanjutkan. Pada tahap ini, registrar baru dapat menolak proses transfer jika ada masalah, meskipun hal ini jarang terjadi.

7. Konfirmasi Pembatalan (Opsional)

Registrar lama Anda mungkin akan mengirimkan email konfirmasi pembatalan transfer, menanyakan apakah Anda ingin melanjutkan atau membatalkan transfer. Jika Anda mengabaikan email ini, maka sesuai kebijakan ICANN, proses transfer akan selesai dengan sendirinya dalam kurun waktu 5-7 hari.

Banner - SEO x CRO

8. Selesai!

Selamat, dengan menyelesaikan langkah-langkah di atas, domain Anda sekarang berhasil ditransfer ke registrar baru. Anda dapat mengelola domain tersebut melalui panel kontrol registrar baru dan menikmati layanan hosting yang baru.

Dengan memahami secara menyeluruh cara transfer domain, Anda sekarang memiliki kendali penuh atas keberlanjutan online Anda. Namun, kesuksesan sebuah website tidak hanya tergantung pada domain semata. Untuk memastikan bahwa website Anda berkembang dan mencapai potensi penuhnya, strategi pemasaran digital yang efektif sangatlah penting.

ToffeeDev, sebagai mitra yang tepercaya dalam dunia digital marketing, siap membantu Anda mencapai tujuan pemasaran online Anda. Dengan pengalaman yang luas, ToffeeDev dapat membantu website Anda meningkatkan visibilitas dan mencapai audiens yang lebih luas. Langsung saja hubungi kami sekarang untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai kebutuhan digital bisnis Anda!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top