Cost Per Acquisition, Pengertian dan Cara Menghitungnya

Cost Per Acquisition

Mendapatkan pelanggan baru merupakan salah satu tujuan utama bagi setiap perusahaan. Namun, perusahaan harus rela mengeluarkan biaya untuk melakukan iklan dan promosi agar tujuannya tercapai. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan satu pelanggan baru tersebut, yakni dengan menggunakan ukuran Cost Per Acquisition (CPA).

Dalam artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap apa itu CPA yang merupakan salah satu metode affiliate marketing yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk melalui iklan online.

Apa Itu Cost Per Acquisition?

Cost Per Acquisition (CPA) adalah model affiliate marketing yang mengukur berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengajak seorang pelanggan baru membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. CPA dihitung dengan menjumlahkan semua biaya yang terkait dengan promosi dan pemasaran, kemudian dibagi dengan jumlah pelanggan yang terjaring dari promosi tersebut.

Secara sederhananya, Cost Per Acquisition (CPA) adalah salah satu model pembayaran yang digunakan dalam pemasaran digital. Model ini memungkinkan Anda untuk membayar hanya setiap kali ada konversi yang terjadi, seperti pelanggan yang membeli produk atau mengisi formulir.

Perusahaan yang mengeluarkan biaya tinggi untuk mendapatkan pelanggan baru mungkin tidak efektif dalam memanfaatkan anggaran pemasaran yang tersedia. Sebaliknya, perusahaan yang mampu mendapatkan pelanggan baru dengan biaya yang lebih rendah mungkin lebih efektif dalam mengelola anggaran pemasaran.

Untuk menurunkan CPA, perusahaan dapat mencoba berbagai strategi seperti menargetkan audiens yang lebih spesifik, meningkatkan tingkat konversi dengan meningkatkan relevansi iklan dan landing page, serta mencoba metode pembayaran yang lebih efisien seperti model pembayaran berdasarkan hasil (performance-based payment).

Baca Juga: Apa itu Cost per Action? Berikut Manfaat dan Cara Menghitungnya

Manfaat dari Cost Per Acquisition

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan dari CPA:

1. Biaya yang Efektif

CPA memungkinkan Anda untuk membayar hanya untuk setiap konversi yang terjadi, sehingga Anda tidak perlu membayar biaya promosi yang tidak terlalu efektif.

2. Kemudahan dalam Mengukur Keberhasilan

CPA memudahkan Anda untuk mengukur keberhasilan karena Anda dapat dengan mudah menghitung berapa biaya yang dikeluarkan untuk setiap pelanggan baru yang terjaring.

3. Fleksibilitas dalam Mengatur Budget

Fleksibilitas dalam mengatur budget merujuk pada kemampuan untuk mengatur jumlah dana yang akan dikeluarkan untuk promosi dan pemasaran. CPA memungkinkan Anda untuk mengatur budget promosi dengan lebih fleksibel karena Anda hanya perlu membayar setiap kali ada konversi yang terjadi.

Baca Juga: Apa itu Cost Per Impression? Berikut Manfaat dan Cara Menghitungnya

4. Mengoptimalkan Pemasaran

CPA juga dapat membantu mengoptimalkan pemasaran dengan memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens yang lebih spesifik. Misalnya, jika Anda menjual produk kesehatan, Anda dapat menargetkan audiens yang tertarik dengan produk kesehatan dan memiliki kemungkinan besar untuk melakukan konversi.

5. Mengurangi Resiko

Mengurangi resiko merujuk pada upaya untuk mengurangi potensi kerugian atau kegagalan yang mungkin terjadi dalam suatu proses atau kegiatan. CPA memungkinkan Anda hanya perlu membayar setiap kali ada konversi yang terjadi. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir tentang biaya promosi yang terlalu tinggi jika tidak ada konversi yang terjadi.

Selain itu, CPA juga dapat membantu untuk mengukur keberhasilan strategi pemasaran yang Anda lakukan. Misalnya, jika CPA Anda terlalu tinggi, maka Anda dapat mengevaluasi kembali strategi pemasaran dan mencari cara untuk menurunkan biaya promosi dengan tetap menjaga tingkat konversi yang tinggi.

banner

Bagaimana Cara Menghitung Cost Per Acquisition?

Untuk menghitung Cost Per Acquisition, Anda perlu menjumlahkan semua biaya yang terkait dengan promosi dan pemasaran, kemudian dibagi dengan jumlah pelanggan yang terjaring dari promosi tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Tentukan biaya yang terkait dengan promosi dan pemasaran. Biaya ini bisa berupa biaya iklan di media sosial, biaya untuk membuat landing page, atau biaya untuk menyewa influencer.

2. Hitung jumlah pelanggan yang terjaring dari promosi tersebut. Pelanggan yang terjaring adalah pelanggan yang mengklik tautan iklan atau mengunjungi landing page dan kemudian melakukan konversi, seperti membeli produk atau mengisi formulir.

3. Hitung CPA dengan menjumlahkan semua biaya yang terkait dengan promosi dan pemasaran, kemudian dibagi dengan jumlah pelanggan yang terjaring. CPA dihitung dengan menggunakan rumus berikut:

CPA = Total Biaya / Jumlah Pelanggan Terjaring

Baca Juga: Pengertian Cost per click Dalam Ads yang Perlu Anda Ketahui

Contohnya, jika Anda mengeluarkan biaya sebesar Rp5.000.000 untuk iklan di media sosial dan menarik 100 pelanggan baru, maka CPA Anda adalah Rp50.000 per pelanggan.

Namun, penting untuk diingat bahwa target audiens yang disasar melalui CPA adalah manusia, bukan robot, sehingga hasil CPA dapat fluktuatif dan tidak selalu statis setiap bulannya. Perubahan performa CPA ini tergantung pada musim belanja, permintaan konsumen, aktivitas kompetitor dalam promosi, dan biaya yang dikeluarkan perusahaan.

Untuk mencapai keuntungan yang maksimal, Anda harus dapat menggunakan strategi affiliate marketing dengan cara yang tepat. Maka dari itu, ToffeeDev dapat membantu bisnis Anda dalam pembuatan website dan jasa digital marketing

ToffeeDev adalah agensi digital marketing Indonesia yang telah memiliki berbagai portofolio website dan telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan besar. Selain itu, ToffeeDev juga menyediakan jasa Google Ads untuk membantu website bisnis Anda agar dapat muncul pada halaman pertama mesin pencari. Optimasi website juga bermanfaat untuk membangun brand awareness Anda sehingga perusahaan lebih dikenal dan mencapai angka penjualan tertinggi.

Jika Anda tertarik untuk bekerja sama dengan ToffeeDev di bidang digital marketing dan optimasi website, segera hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut sekarang juga.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat