Apa itu Keyword Research Dalam SEO?

apa itu keyword research dalam seo

Apa itu keyword research dalam SEO? Sebelum kami menjelaskan terkait pertanyaan tersebut sebaiknya Anda perlu memahami lebih dahulu apa itu SEO secara singkat agar penjelasan mengenai keyword research lebih mudah dipahami. Search Engine Optimization atau sering dikenal dengan sebutan SEO adalah sebuah strategi untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo sehingga lalu lintas secara organik dapat meningkat.

Proses dari keyword research ini menganalisis sebuah frasa yang memiliki potensi atau sangat relevan dengan preferensi pengguna. Frasa tersebut kemudian digunakan dalam konten yang nanti dapat membantu situs web untuk meraih peningkatan dalam lalu lintas organik. Berikut ini adalah serangkaian penjelasan yang kami sediakan untuk Anda untuk memahami lebih jauh terkait apa itu keyword research dalam SEO.

Apa itu Keyword Research dalam SEO?

Image source

Keyword research dalam SEO disebut sebagai sebuah proses untuk identifikasi setiap frasa yang paling sering digunakan atau dicari oleh pengguna di internet. Tentu saja frasa tersebut mereka gunakan untuk mencari apa yang diinginkan dan dengan memahami siklus ini, maka Anda dapat mengarahkan mereka untuk mengunjungi sebuah situs web yang mengandung frasa tersebut.

Sebelum memulai melakukan keyword research, Anda harus lebih dahulu memahami dengan baik mengenai bisnis atau situs web yang perlu dioptimalkan agar lebih spesifik dalam melakukan proses pencarian. Dalam praktiknya, keyword research dapat dilakukan dengan menggunakan Google Keyword Planner agar Anda dapat menemukan frasa yang spesifik dengan bisnis atau situs web yang akan dioptimalkan.

Di samping itu Anda juga perlu untuk memahami frasa yang digunakan oleh kompetitor dalam menjalankan bisnis yang sama. Tujuannya agar Anda dapat membuat rencana yang lebih baik dan menemukan frasa yang mungkin saja tidak digunakan atau terlewatkan oleh kompetitor.

Proses ini nantinya dapat membantu Anda dan bisnis atau situs web yang dioptimalkan mampu untuk menyajikan konten atau kebutuhan yang sesuai dengan preferensi pengguna sehingga lalu lintas organik bisa meningkat. Secara keseluruhan, keyword research merupakan bagian yang penting dari SEO dan berguna untuk membangun kesadaran merek serta mencapai tujuan bisnis.

Tahapan dalam Melakukan Keyword Research

Image sourc

Adapun beberapa tahapan yang harus Anda pahami dengan baik sebelum melakukan keyword research agar Anda lebih terpusat dalam mencari frasa dengan relevansi yang tinggi dengan bisnis atau situs web. Nah, dalam sesi ini kami ingin Anda menelaah lebih jauh mengenai tahapan dalam melakukan keyword research.

1. Identifikasi Main Keyword (Keyword long, medium, short-tail)

Keyword yang ingin Anda gunakan tentu harus merepresentasi bisnis secara keseluruhan. Kita ambil contoh di sini bisnis F&B dan main keyword yang dapat digunakan adalah restoran Prancis atau masakan Prancis. Sedangkan untuk keyword long tail dapat menggunakan resep masakan Prancis di Jakarta atau tempat makan steak premium di Jakarta.

Pada keyword medium tail Anda dapat menggunakan frasa salad khas Prancis. Sedangkan untuk keyword short tail hanya menggunakan frasa makanan, restoran, atau minuman. Setiap keyword tersusun oleh satu frasa, dua atau lebih, dan yang paling spesifik terdiri dari tiga sampai empat frasa dengan tujuan yang lebih spesifik.

2. Analisis Keyword (Search Volume, Difficulty, dan Relevansi)

Berdasarkan jenisnya baik keyword long tail, keyword medium tail, maupun keyword short tail memiliki perbedaan yang signifikan. Misalnya, keyword long tail menggunakan frasa yang lebih panjang dan spesifik tentang suatu hal dan terkait relevansinya jenis ini jauh lebih baik. Namun, mengenai volume pencarian keyword short tail memiliki tingkat yang lebih tinggi. Di samping itu, keyword short tail jauh lebih sulit karena memiliki banyak persaingan. 

Baca Juga: Mengenal Peran LSI Keyword Generator Dalam SEO Dan Artikel

3. Penempatan Keyword yang Strategis

SEO menjadi optimal dengan penempatan keyword yang tepat. Dalam menempatkannya tidak sekadar dilakukan tanpa strategi yang tepat justru agar SEO bekerja dengan maksimal keyword ditempatkan sesuai prinsipnya. Kita dapat memulai dengan menempatkan keyword di judul halaman, URL, heading, awal paragraf, meta deskripsi, deskripsi gambar, dan link internal.

banner

Alat dan Teknik dalam Melakukan Keyword Research

Dalam melakukan keyword research Anda membutuhkan alat yang tepat untuk menemukan keyword yang spesifik dan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Berikut ini adalah alat yang dapat Anda gunakan dalam melakukan keyword research.

1. Google Keyword Planner

Google menyediakan alat gratis untuk membantu Anda dalam melakukan keyword research. Alat ini menyediakan informasi mengenai volume pencarian, tingkat persaingan, serta jumlah biaya per klik dari keyword tertentu yang memiliki tingkat keefektifan paling tinggi serta relevan dengan bisnis.

2. Ubersuggest

Ubersuggest dapat memberikan saran mengenai keyword yang sesuai dengan main keyword yang Anda masukkan dalam alat tersebut. Menggunakan alat ini tentu saja informasi yang dapat Anda terima adalah terkait volume pencarian bulanan, bagaimana tingkat persaingannya, perkiraan biaya per klik, dan skor dari kesulitan SEO. Pada akhirnya, Anda dapat memilih keyword yang sesuai dengan volume pencarian dan juga pada tingkat persaingan baik.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melakukan Riset Keyword?

3. SEMrush

SEMrush dapat membantu Anda untuk menganalisis pesaing serta mengoptimalkan bisnis atau situs web. Tidak jauh berbeda dengan Ubersuggest dalam menyajikan informasi terkait keyword tertentu, tetapi ada perbedaan dari alat ini di mana terdapat fitur analitik dan pemantauan pesaing. Anda dapat menggunakan alat ini untuk mengidentifikasi penggunaan backlink dan tersedia fitur audit yang berguna untuk menganalisis masalah serta menyediakan solusi tepat sehingga kinerja SEO dapat dioptimalkan.

4. Ahrefs

Salah satu alat yang dapat Anda gunakan untuk melakukan keyword research adalah Ahrefs. Alat ini tersedia dalam versi gratis dengan beberapa keyword serta skornya, tetapi sebaiknya gunakan dalam versi yang berbayar agar mendapatkan wawasan lebih mendalam. Alat ini juga secara komprehensif menyediakan saran dan keyword yang kuat serta jumlah pencariannya. Ahrefs termasuk salah satu alat yang akurat dan dapat membantu untuk meningkatkan kinerja SEO.

Keyword research dalam SEO adalah salah satu langkah yang sangat penting untuk mendapat lalu lintas organik yang signifikan. Identifikasi keyword yang sesuai dengan bisnis atau situs web dapat meningkatkan kinerja SEO. Kami telah memberikan penjelasan mengenai topik ini dan tahapannya sehingga Anda dapat memahami apa saja yang perlu dilakukan dalam keyword research. Anda juga dapat menggunakan jasa SEO dari ToffeeDev untuk mendapat pengunjung situs web yang meningkat. Hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan Anda sekarang.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top