Bagaimana Cara Melakukan Riset Keyword?

bagaimana cara melakukan riset keyword

Riset keyword adalah langkah utama yang harus dilakukan dalam menerapkan strategi Search Engine Optimization (SEO), Langkah ini merupakan proses mengidentifikasi kata kunci yang relevan dan banyak dicari oleh pengguna internet. Riset keyword bertujuan untuk memahami preferensi target audiens sehingga Anda bisa mengoptimalkan konten website dan meningkatkan visibilitasnya. Nah, bagaimana cara melakukan riset keyword? Yuk, kita bahas bersama dalam artikel ini.

Cara Melakukan Riset Keyword

Riset keyword perlu dilakukan secara sistematis agar Anda memiliki daftar kata kunci yang relevan untuk diterapkan dalam website. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam riset keyword.

1. Menentukan Tujuan Riset Keyword

Mulailah dengan menetapkan tujuan yang jelas untuk riset keyword, seperti meningkatkan ranking SEO, menargetkan kata kunci yang lebih spesifik, atau menemukan peluang baru untuk konten. Dari tujuan tersebut, Anda bisa fokus pada aspek-aspek tertentu yang relevan dalam riset keyword.

Baca Juga: Pelajari Pengertian serta Risiko Keyword Stuffing YouTube

2. Mengumpulkan Daftar Topik Terkait Bisnis atau Niche

Berikutnya, kumpulkan daftar topik yang terkait dengan bisnis atau niche Anda. Identifikasi topik utama yang relevan dengan produk, layanan, atau topik yang ingin dibahas dalam konten Anda. Anda bisa menggunakan wawasan dari pengetahuan tentang bisnis atau melibatkan tim terkait untuk menghasilkan daftar yang komprehensif.

3. Memilih Tools yang Sesuai

Dalam riset keyword, tools sangat membantu untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Ada banyak tools riset keyword yang bisa Anda pilih, seperti Google Keyword Planner, SEMrush, atau Ahrefs. Pilih tools yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan gunakan untuk menganalisis volume pencarian, tingkat persaingan, dan saran kata kunci terkait.

4. Menentukan Keyword Utama

Setelah memiliki daftar topik, langkah berikutnya adalah menentukan keyword utama. Keyword utama adalah kata kunci yang paling relevan dan memiliki volume pencarian yang tinggi. Pilihlah keyword yang sesuai dengan bisnis dan juga mencerminkan apa yang dicari oleh target audiens Anda.

Baca Juga: Mengenal Peran LSI Keyword Generator Dalam SEO Dan Artikel

5. Mencari Ide Keyword yang Terkait dengan Keyword Utama

Selain keyword utama, Anda juga perlu untuk mencari ide keyword turunan alias terkait dengan kata kunci utama. Dalam langkah ini, Anda perlu menyoroti beberapa kata kunci long tail yang lebih spesifik sehingga bisa membantu dalam menargetkan audiens yang lebih terfokus.

6. Menilai dan Memilih Keyword

Dalam langkah ini, Anda perlu menilai dan memilih kata kunci yang akan digunakan dalam konten atau kampanye pemasaran Anda. Pertimbangkan volume pencarian, tingkat persaingan, relevansi, dan potensi keuntungan dari setiap kata kunci. Pilihlah kata kunci yang memiliki kombinasi yang baik dari semua faktor tersebut.

7. Menerapkan Kata Kunci

Setelah menyeleksi kata kunci, langkah selanjutnya adalah menerapkannya dalam konten atau kampanye pemasaran Anda. Gunakan kata kunci dengan relevan dalam judul, tag meta, teks konten, dan URL. Hindari penggunaan yang berlebihan atau tidak relevan karena bisa merugikan pengalaman pengguna. Pastikan kata kunci tersebut menyatu secara alami dalam konten sehingga pengguna lebih nyaman saat membacanya.

Baca Juga: Cara Riset Keyword YouTube Untuk Menaikkan Views

8. Memantau dan Meninjau Ulang Riset Kata Kunci

Riset keyword tidak berakhir setelah strategi SEO atau SEM diterapkan. Penting untuk memantau dan meninjau ulang riset keyword secara teratur. Pantau peringkat keyword Anda, kemudian analisis lalu lintas organik, dan lihatlah perkembangan dalam kompetisi. Jika diperlukan, Anda bisa melakukan penyesuaian dan perubahan strategi sesuai dengan perubahan tren dan kebutuhan bisnis.

Kesimpulan

Pertanyaan Anda mengenai ‘bagaimana cara melakukan riset keyword’ sudah dibahas dalam artikel ini. Hanya saja, proses riset keyword membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Tidak hanya itu, Anda pun pasti mempertimbangkan untuk menggunakan tools riset keyword yang mumpuni.

Tidak perlu khawatir, gunakan saja Jasa Digital Marketing dari ToffeeDev. Kami tidak hanya membantu Anda dalam melakukan riset keyword, tetapi juga menjalankan strategi SEO dan SEM mulai dari awal sampai peluncuran iklan! Hubungi kami dan mulailah berkonsultasi untuk peningkatan ranking website bisnis Anda di SERP!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top