Data Crawling: Pengertian, Fungsi, dan Bedanya dengan Data Scraping

data crawling adalah

Secara mudah dan jelasnya, data crawling adalah program yang menghubungkan halaman web dan kemudian mengunduh konten yang ada di dalamnya. Program crawling tersebut dalam data science hanya digunakan untuk mencari dua hal, pertama adalah data yang dicari oleh pengguna dan yang kedua merupakan dara penjelajahan target dengan jangkauan yang lebih luas. 

Nah, hasil data tersebutlah yang kemudian akan diunduh dan akan diproses dalam data scraping. Bagaimana? Melalui penjelasan sedikit tadi sudah mulai tergambarkan soal data crawling ini? 

Mungkin masih banyak sebagian dari Anda yang belum begitu paham soal apa itu data crawling? Lalu, fungsinya apa sih? Apa bedanya juga dengan data scraping? Tenang, tentunya tidaklah sulit untuk memahami istilah-istilah tersebut. 

Agar lebih mendapatkan pemahaman dengan baik, Anda bisa melanjutkan membaca artikel dari ToffeeDev kali ini, ya!

Apa Itu Data Crawling?

Data crawling atau perayapan data merupakan proses pengambilan data yang tersedia secara online untuk umum. Proses ini kemudian akan mengimpor seluruh informasi atau data yang telah ditemukan ke dalam file lokal di komputer Anda. Crawling berguna untuk mengekstrak data yang mengacu pada pengumpulan data dari world wide web. Bisa berupa dokumen, file, dan lain-lain. 

Proses pengambilan data tersebut mungkin akan terlihat seperti : 

  • Crawler mulai masuk ke target yang telah ditentukan
  • Lalu, akan dilanjutkan dengan menemukan halaman produk dan berakhir memperoleh seluruh data yang dibutuhkan seperti misalnya spesifikasi produk (harga, kategori, deskripsi, dan lain-lain)

Baca Juga: Pengertian Web Crawling dan Penerapannya dalam SEO

2 Fungsi Data Crawling

Ketahui juga yuk apa yang menjadi alasan dari data crawling ini penting untuk dilakukan. Berikut penjelasannya!

1. Membandingkan Harga Produk di Internet

Fungsi pertama dari data crawling ialah mampu membantu Anda melihat harga yang akurat ketika ingin mencari suatu produk di internet. Nantinya dengan bantuan data crawling ini, produk yang Anda inginkan bisa muncul ke hasil pencarian seiring dengan preferensi harga lainnya yang terkait.

2. Data untuk Statistik

Data crawling juga berfungsi dalam memberikan data-data penting yang bisa digunakan sebagai informasi statistik. Misalnya, untuk menampilkan informasi penting dari website-website maupun berita. Agar website Anda bisa muncul di Google News, dibutuhkan sitemap khusus yang nantinya akan dirayapi oleh crawler atau perayap.

banner

4 Perbedaan Data Crawling dan Data Scraping

Terdapat perbedaan antara data crawling dan data scraping. Nah, di bawah ini adalah beberapa perbedaan utama antara kedua metode tersebut :

Data Crawling : 

1. Mengacu pada Mengunduh Halaman dari Web

Data crawling atau perayapan data, bekerja mengumpulkan data dengan cara mengindeks website-website yang terdapat dalam internet. Secara sederhana, web crawler ini merupakan bot internet atau program yang membantu pengindeksan web. 

Caranya dengan melakukan penjelajahan melalui internet secara sistematis dan mencari elemen seperti kata kunci di setiap halaman, jenis konten yang dikandungnya, tautan, dan sebagainya. Setelah itu, ia mengumpulkan semua informasi gabungan ini dan mengembalikannya ke mesin pencari.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Web Crawler dan Fungsinya

2. Kebanyakan dilakukan dengan Skala Besar

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama tadi soal data crawling yang bekerja untuk mengumpulkan data dengan cara mengindeks website, maka dapat dikatakan kalau proses ini kebanyakan dilakukan dengan skala yang cukup besar. 

Mengapa bisa dikatakan seperti itu? Sebab, data crawling juga mengindeks link-link lain yang terhubung dan terkait dengan halaman website tersebut. Sehingga, dapat dikatakan bahwa prosesnya tak berakhir dalam satu pengindeksan saja.

3. Deduplikasi adalah Bagian Penting

Data crawling merupakan proses yang lebih kompleks jika dibandingkan dengan data scraping karena banyaknya konten daring digandakan. Selain itu, masih berkaitan dengan skalanya, maka hal inilah yang juga dikaitkan dengan proses deduplikasi atau penyaringan data wajib dilakukan pada data crawling agar tidak mengumpulkan informasi yang berlebih.

4. Hanya Membutuhkan Crawl Agent

Karena bersifat sangat luas, maka data crawling biasanya juga harus dilakukan oleh agen tertentu supaya perolehan datanya bisa maksimal dan menghasilkan sampel-sampel yang berguna bagi yang membutuhkan.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Web Crawler dan Fungsinya

Data Scraping : 

1. Melibatkan Penggalian Data dari Berbagai Sumber

Data scraping tidak selalu harus dikaitkan dengan web atau internet. Bahkan, data scraping justru dapat dilakukan dengan mengekstraksi informasi dari sebuah website, database, aplikasi enterprise, atau sistem legacy yang kemudian dapat menyimpannya ke dalam sebuah file dengan format tabular atau spreadsheet. 

2. Dapat Dilakukan dalam Skala Tidak Terlalu Besar

Sedangkan scraping biasanya digunakan untuk data yang relatif tidak terlalu besar dan proses pengambilan data pada element HTML ataupun XML menggunakan protocol HTTP.

3. Deduplikasi Belum Tentu Menjadi Bagian

Dilihat dari skala yang dimiliki oleh data scraping tidaklah sebesar jika dibandingkan dengan data crawling, maka data scraping tidak selalu melibatkan deduplikasi data dalam prosesnya. 

Baca Juga: 5 Cara Kerja Web Crawler dalam SEO

4. Membutuhkan Agen Crawl dan Parser

Data scraping bekerja melalui empat langkah, yakni mengirim permintaan ke halaman target, lalu mendapatkan respons dari halaman target, mem-parsing dan mengekstrak respons hingga akhirnya mengunduh datanya. Oleh karena itu, data scraping membutuhkan agen crawl dan parser untuk mem-parsing respons.

Nah, demikian dari penjelasan seputar data crawling dan perbedaannya dengan data scraping yang sangat berguna untuk berkembangnya situs milik Anda. Namun, jika Anda baru ingin membuat website untuk pertama kalinya tetapi masih bingung bagaimana cara memulainya, serahkan saja kepada ToffeeDev yang menyediakan jasa Custom Web Development, layanan SEO, hingga digital ads dan sebagainya

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap soal jasa tersebut? Jangan pernah ragu untuk menghubungi kami, ya!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top