Jenis-jenis Branding untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Peningkatan Reputasi dan Branding

Salah satu cara efektif untuk mengembangkan bisnis adalah melalui branding. Dengan branding, bisnis yang Anda bangun akan sedikit demi sedikit mengalami peningkatan. Baik dari segi brand awareness, interest, hingga jumlah penjualan. Ada banyak macam branding yang dikenal dalam dunia marketing. Apa saja jenis-jenis branding tersebut? Mari, simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Branding?

Branding adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berasal dari kata brand yang berarti merek. Branding merujuk pada sebuah proses atau upaya untuk membuat merk milik Anda bisa stand out di pasaran. Sederhananya, branding adalah upaya yang Anda lakukan agar produk Anda bisa unggul, dikenal oleh masyarakat luas, dan mampu bersaing dengan kompetitor.

Melansir dari Forbes, persaingan dalam dunia bisnis saat ini sangatlah ketat. Para pebisnis harus bisa tahan banting dan bersaing sekuat tenaga untuk memastikan produk dan mereknya bisa unggul di tengah-tengah ketatnya persaingan bisnis, baik dengan produk lokal maupun internasional. Maka dari itu, Anda harus melakukan segala daya upaya agar bisnis Anda juga bisa berkembang. Inilah yang dimaksud dengan branding.

Baca Juga: 3 Contoh Branding Produk yang Berhasil Hingga Saat Ini

5 Jenis-jenis Branding untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Ada banyak jenis-jenis branding yang dikenal dalam dunia bisnis. Jenis-jenis branding ini bisa Anda terapkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak terbatas pada satu jenis branding saja, Anda pun bisa mengombinasikan beberapa jenis demi bisa menciptakan identitas merek yang kuat. Namun, perlu diingat bahwa jenis branding yang Anda pilih harus sesuai dengan tujuan dan jenis bisnis yang Anda jalankan agar hasilnya bisa optimal. 

Berikut ini adalah jenis-jenis branding yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis.

1. Product Branding

Jenis branding yang pertama adalah product branding. Sesuai namanya, jenis branding ini bertujuan untuk membuat para calon pembeli memilih satu produk tertentu daripada produk lainnya berdasarkan merknya.

Di antara jenis-jenis branding lainnya, inilah jenis branding yang paling umum diterapkan dalam sebuah bisnis. Dalam implementasinya, cara branding yang dilakukan biasanya melalui kata-kata, warna, dan gambar yang bisa menarik minat calon pembeli.

2. Personal Branding

Jenis branding selanjutnya adalah personal branding. Jika product branding fokus pada upaya atas sebuah merek atau produk, maka personal branding merujuk pada orang atau individu. Singkatnya, personal branding adalah upaya untuk membuat citra positif diri Anda mampu menonjol di dalam masyarakat.

Personal branding fokus untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap diri Anda. Biasanya, selebriti, politisi, atau influencer akan berupaya untuk mempertahankan personal branding mereka di mata publik. Begitu juga dengan pebisnis seperti Anda. Meski di balik layar, publik harus tahu bahwa Anda adalah seorang pebisnis yang profesional. Apabila Anda sudah mendapat kepercayaan publik, maka produk yang Anda buat akan lebih mudah diterima oleh masyarakat.

3. Corporate Branding

Berikutnya, ada corporate branding yang fokus pada upaya untuk menaikkan reputasi perusahaan secara menyeluruh. Biasanya, nilai-nilai yang ingin diangkat oleh perusahaan adalah seputar merek, value, misi, titik harga, eksklusivitas, hingga konsumen ideal. Branding dilakukan melalui logo, visi perusahaan, website, kualitas, iklan, pemasaran, kredibilitas, hingga pelayanan untuk pelanggan.

banner

4. Service Branding

Selain produk, jasa juga bisa dipromosikan melalui branding, disebut dengan service branding. Jenis branding ini fokus sepenuhnya pada layanan yang diberikan oleh individu maupun perusahaan. Biasanya, bisnis yang menggunakan branding ini adalah agen perjalanan, hotel, maskapai penerbangan, dan bisnis lainnya yang menawarkan layanan. Service branding harus disajikan dengan sangat baik karena berkaitan langsung dengan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

5. Retail Branding

Jenis branding berikutnya adalah retail branding yang dilakukan oleh para pebisnis ritel atau pengecer. Dalam branding ini, pebisnis ritel hanya menjual produk dari mereknya sendiri. perusahaan seperti Apple dan Amazon adalah contoh perusahaan yang sukses menggunakan retail branding untuk kembangkan bisnisnya.

Baca Juga: Memahami 9 Cara Membangun Personal Branding

Pentingnya Branding bagi Keberhasilan Bisnis

Branding memiliki peran yang sangat besar dalam keberhasilan bisnis Anda. Melalui branding, para calon pelanggan potensial bisa mengidentifikasi atau mengenal produk yang Anda pasarkan. Ketika pembeli sudah mengenali produk Anda, maka Anda pun bisa mulai berbisnis dan meraih penjualan. Selain itu, berikut ini adalah manfaat branding bagi bisnis Anda.

1. Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan

Melalui branding, Anda bisa menarik emosi masyarakat. Anda bisa terhubung dengan mereka melalui value yang Anda bawa melalui produk. Ketika relasi ini terbangun, maka Anda akan lebih mudah untuk mengubah para calon pembeli menjadi pelanggan setia.

2. Mengungguli Kompetitor

Manfaat branding yang utama tentu saja adalah untuk mengungguli kompetitor. Produk yang Anda tawarkan tentu bukan yang satu-satunya di pasaran. Maka dari itu, Anda harus membuat produk Anda menonjol dan lebih unggul daripada kompetitor. Dengan begitu, Anda pun bisa memenangkan persaingan pasar.

Baca Juga: Tahapan Branding Produk yang Wajib Diketahui

3. Memperoleh Keuntungan

Apabila branding yang dilakukan berhasil, maka Anda pun bisa meraup pundi-pundi rupiah dari hasil penjualan. Apalagi jika Anda juga berhasil memperoleh loyalitas pelanggan, maka keuntungan yang Anda dapat bisa dalam jangka panjang. Para pelanggan akan percaya dan terus belanja di tempat Anda daripada di toko lainnya.

Itulah beberapa manfaat branding untuk bisnis yang patut Anda ketahui. Dari jenis-jenis branding di atas, Anda harus tahu mana yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Apabila Anda membutuhkan jasa layanan Digital Marketing untuk bantu dongkrak branding bisnis, maka Anda bisa mendapatkannya melalui ToffeeDev. 

Ada banyak layanan yang ditawarkan, mulai dari SEO, ads, pembuatan website, dan masih banyak lagi. Hubungi kontak ini bila ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan atau konsultasikan dengan tim ToffeeDev.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top