12 Ide Kerja Sampingan di Rumah

Kerja sampingan di rumah

Jika saat ini Anda menjalani pekerjaan full-time 5 hari seminggu dan 8 jam sehari, pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan dari rumah adalah alternatif terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika pekerjaan sampingan ini nantinya menjadi pekerjaan full-time Anda pada masa depan. Bagi Anda yang butuh tambahan pemasukan, yuk simak 12 ide kerja sampingan di rumah berikut!

Apa Itu Kerja Sampingan?

Kerja sampingan adalah jenis pekerjaan sementara yang dimiliki seseorang selain pekerjaan tetapnya. Tujuan utamanya adalah untuk menambah penghasilan. Sebagian besar orang mengklasifikasikan sistem kerja saat ini sebagai wiraswasta atau wirausaha. Jenis pekerjaan ini sangat beragam, mulai dari membuka usaha hingga berbagai pekerjaan rumah tangga.

Manfaat Kerja Sampingan

Banyak sekali lowongan kerja di luar sana yang menarik, namun keuntungan dari kerja sampingan juga menjanjikan. Selain bisa mendapatkan uang tambahan, berikut adalah beberapa manfaat lainnya dari membuka usaha kerja sampingan:

1. Mendapatkan Kepuasan untuk Diri Sendiri

Sangat penting untuk memenuhi kepuasan diri sendiri agar bahagia dengan semua yang Anda capai. Anda masih dapat terlibat dalam aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat yang mencerminkan hasrat Anda meskipun Anda bekerja di sektor yang Anda kurang suka. Anda juga akan memiliki rasa kontrol dan kendali yang menjanjikan atas hidup Anda.

2. Menambah Motivasi

Karena Anda harus melakukan sesuatu yang tidak Anda sukai, pada awalnya Anda bahkan mungkin tidak ingin bangun dari tempat tidur. Kerja sampingan adalah cara yang menguntungkan untuk memperbarui tujuan dan motivasi Anda. Anda sekarang memiliki tujuan untuk hari Anda yang membuat Anda bahagia: melakukan apa yang Anda sukai sambil menghasilkan uang tambahan.

3. Meningkatkan skill

Mampu melakukan apa yang kita sukai dan menjadi ahlinya pada saat yang sama adalah salah satu hal terbaik dalam hidup. Bahkan jika Anda senang mengambil foto, Anda mungkin merasa kemampuan Anda terkadang tidak mencukupi. Akhirnya, Anda mulai meragukan diri sendiri dan berhenti menganggap fotografi sebagai passion Anda. Ayo, jaga minat dan hobi Anda yang berharga dengan pekerjaan sampingan. Sambil mengembangkan hard skill sesuai dengan keinginan Anda, Anda bisa mendapatkan uang tambahan.

Tips Memulai Kerja Sampingan

Membuka dan menjalankan kerja sampingan terdengar mudah, bahkan banyak mahasiswa yang melakukannya. Penting untuk mengetahui tips kerja sampingan berikut agar lancar:

1. Realistis

Berapa lama Anda bisa menjalankannya? Karena harus mengerjakan banyak tugas sekaligus, tentunya Anda tidak ingin mengalami kejenuhan atau stres. Meskipun mudah beradaptasi dan didorong oleh antusiasme, Anda tetaplah manusia biasa dan memiliki keterbatasan. Tentukan tujuan yang masuk akal dan ukur kemampuan Anda yang sesuai dengan itu.

2. Siapkan Modal

Kerja sampingan adalah pekerjaan yang terkadang membutuhkan modal awal. Misalnya, Anda mungkin perlu membeli peralatan yang lebih baik dan lensa baru jika ingin menjadi seorang fotografer. Anda dapat memutuskan dengan pasti apakah pekerjaan sampingan ini layak untuk diperjuangkan atau apakah pekerjaan tersebut hanya akan membuat Anda terlilit hutang dengan merencanakan langkah ke depannya.

3. Pertimbangkan kemungkinan untung

Mengejar passion memang penting dan menyenangkan, tapi pastikan kamu tidak membuang waktu secara percuma. Kecuali jika memang tujuan utamamu hanyalah mencari kesenangan. Namun, hal itu tidak bisa dikatakan sebagai side hustle. Pada akhirnya, side gigs haruslah berupa sesuatu yang menghasilkan untukmu. Jadi, pikirkan dan riset kembali apakah bidang yang kamu pilih bisa menghasilkan untung atau tidak.

4. Pertimbangkan skill kamu

Anggapalah kamu telah memiliki skill fotografi, tetapi kamu malah ingin memulai side gigs di bidang videografi. Hal tersebut tidaklah salah, terutama jika kamu memang ingin melebarkan sayap di keahlian yang lain. Namun, jika kamu ingin melihat hasil yang lebih cepat, ada baiknya untuk memulai side gigs di bidang yang sesuai dengan skill-mu.

Pada akhirnya, side hustle adalah peluang yang bisa kamu optimalkan untuk mencari penghasilan tambahan sekaligus mengejar passion. Jangan lupa untuk seimbangkan dengan pekerjaan utamamu, ya.

12 Ide Kerja Sampingan di Rumah

Pada era digital seperti sekarang ini, ada banyak sekali ide kerja sampingan di rumah. Beberapa di antaranya bahkan bisa dilakukan dengan santai tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda. Apa saja contohnya? Ini dia 12 ide kerja sampingan di rumah yang bisa Anda pertimbangkan!

1. Pemasaran Digital

Banyak bisnis berskala besar maupun kecil saat ini memasarkan produk dan layanan bisnisnya secara online. Oleh karenanya, tidak sedikit perusahaan yang mempekerjakan pekerja lepas untuk mengelola pemasaran digital seperti media sosial atau iklan online.

Saat ini, pengeluaran iklan digital kebanyakan bisnis cukup besar. Bisnis yang ingin menekan biaya mungkin tertarik menggunakan jasa pemasar digital. Dalam menyediakan jasa Digital Marketing, Anda bisa fokus pada media berbayar seperti Google AdWords, Facebook Ads, dan iklan LinkedIn. 

Baca Juga: Mengulas Apa Itu Work From Home

2. Mengajar Bahasa Inggris Online

Orang tua di Indonesia saat ini banyak mencari penutur bahasa Inggris untuk mengajari anak-anak mereka membaca dan berbicara bahasa Inggris. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk bekerja secara online mengajar Bahasa Inggris dari rumah. Sebagai seorang guru, Anda harus mempersiapkan dan menyampaikan materi pelajaran, membuat latihan soal, serta membantu murid memahami materi dari sekolah.  

3. Penerjemahan

Jika Anda bisa berbicara lebih dari satu bahasa, coba pertimbangkan pekerjaan sebagai penerjemah. Anda bisa menerjemahkan konten website atau aplikasi. Sebagai penerjemah, Anda bertugas mengubah teks tertulis dari bahasa sumber ke bahasa target. Dibutuhkan kemampuan bahasa yang baik untuk menafsirkan makna materi dan mengubahnya menjadi bahasa kedua sambil mempertahankan makna pesan aslinya.

4. Blogger

Blogger menulis tentang produk, layanan, atau minat khusus secara online. Banyak perusahaan menjalin kerja sama dengan blogger untuk membuat konten blog atau mempekerjakannya sebagai kontributor. 

Jika Anda terbiasa membuat, mempromosikan, dan mengelola blog milik sendiri dengan sukses, Anda dapat menawarkan jasa pengelolaan blog kepada orang lain. Ide kerja sampingan di rumah ini membutuhkan keterampilan menulis yang sangat baik dan paham dengan media digital dan sosial.

5. Animator

Animator membuat banyak gambar yang memberikan ilusi gerakan saat dipindahkan secara berurutan dengan cepat. Ada banyak sekali jenis animator, mulai dari animator Flash hingga pemodelan 3D. Animator bisa bekerja di periklanan, film dan televisi, video game, atau website.

banner

6. Asisten Virtual

Tugas asisten virtual adalah melakukan tugas administratif dan teknis untuk klien. Dari rumah, asisten virtual dapat menjawab email dan panggilan telepon, membuat pengaturan perjalanan dan menjadwalkan pertemuan klien. Dua keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang asisten virtual adalah keterampilan komunikasi dan teknologi.

7. Desainer Grafis

Desainer grafis dapat bekerja secara independen atau sebagai bagian dari tim kreatif. Ide kerja sampingan di rumah ini menciptakan konsep visual dengan menggabungkan tipografi, gambar atau grafik gerak. Berdasarkan arahan klien, desainer grafis membuat konsep visual dan membuat berbagai desain. Desainer grafis bisa mendesain halaman web, logo, menu, brosur, tanda dan materi promosi atau branding lainnya.

8. Manajer Media Sosial

Banyak perusahaan menggunakan jasa manajer media sosial secara remote. Tugas-tugas manajer media sosial di antaranya adalah membalas komentar, mengembangkan kampanye media sosial, dan membuat konten untuk setiap platform media sosial perusahaan. Secara keseluruhan, manajer media sosial bertindak sebagai “suara” merek dan membantu membangun persona perusahaan di dunia maya.

Baca Juga: 7 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis Anda

9. Software developer

Seorang software developer memiliki tugas untuk membangun software atau perangkat lunak dan mengelola performanya. Saat ini, pekerjaan ini termasuk salah satu pekerjaan yang paling tinggi tingkat permintaannya. Dahulu, untuk menjadi seorang software developer harus mengenyam pendidikan formal dalam waktu lama. Namun kini Anda bisa mengikuti berbagai pelatihan gratis di internet untuk mendalami seputar software development

10. Agen Perjalanan

Sebagai agen perjalanan, Anda bertugas memberikan informasi terkait perjalanan dan wisata untuk membantu individu dan perusahaan merencanakan penginapan dan transportasi saat traveling. Agen perjalanan juga menawarkan saran dan pendapat tentang berbagai atraksi dan acara wisata. Untuk menjadi agen perjalanan yang sukses, Anda harus mempunyai bekal keahlian komunikasi dan dapat menyelesaikan masalah perjalanan dengan baik.

11. Editor

Tugas utama editor adalah meninjau konten tertulis untuk memastikan tata bahasa, ejaan, tanda baca, dan keterbacaan sudah tepat. Seorang editor juga bertugas memastikan konten sudah sesuai dengan persyaratan dan akurasi panduan gaya tertentu. Untuk menjadi editor yang baik, Anda harus punya perhatian terhadap detail dan penguasaan bahasa yang baik.

Baca Juga: Mengenal Definisi, Manfaat, dan Contoh Kalender Konten Media Sosial

12. Copywriter

Copywriter bekerja membuat konten promosi tertulis bagi bisnis. Mereka menulis tulisan yang menarik untuk menjual produk atau layanan bisnis. Copywriter bekerja untuk bisnis individu maupun agensi dan membuat konten untuk website, email, hingga postingan media sosial.

Demikian informasi tentang 12 ide kerja sampingan di rumah yang bisa Anda pertimbangkan. Apa pun kerja sampingan di rumah yang ingin Anda coba, pastikan Anda memenuhi kualifikasi. Anda mungkin memerlukan gelar pendidikan atau sertifikasi tertentu untuk menjadi kandidat yang kompeten dan kompetitif.

Menjalankan bisnis sendiri pun bisa menjadi ide kerja sampingan di rumah. Untuk memperluas jaringan, Anda perlu melakukan marketing. ToffeeDev menyediakan layanan Digital Marketing yang menyeluruh seperti pembuatan website dan pengelolaan media sosial. Yuk, cek layanan ToffeeDev untuk bisnis sekarang!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat