Penggunaan Meta Tag Description, Title dan Keyword di Hasil Pencarian

meta tag description digunakan untuk

Ketika kita sedang menggunakan mesin pencari google, hasil pencarian yang dimunculkan adalah berupa ringkasan dari isi konten halaman situs web atau website, bukan keseluruhan dari isi konten. Ringkasan tersebut berupa title dan description. Jumlah karakter yang disediakan pun tidak terlalu banyak. Meta tag title pada umumnya digunakan sebagai judul suatu halaman web di search engine, dan meta tag description digunakan untuk memberikan penjelasan singkat mengenai halaman web tersebut yang letaknya berada di bawah meta title.

Dalam SEO, meta tag dikenal dengan 3 hal yaitu kata kunci, judul, serta deskripsi singkat. Untuk lebih lengkapnya, akan dijelaskan bagaimana menulis title, keyword, description yang disukai oleh pengguna serta mesin pencari.

Apa Itu Meta Title?

Meta title atau title tag adalah kode html sebuah judul yang akan muncul pada halaman hasil pencarian. Jika Anda mengetik suatu kata kunci pada bar pencarian, Anda akan melihat banyak judul yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda ketik. Judul-judul itulah yang disebut dengan meta title.

Judul ini tidak sama seperti judul artikel. Meta title adalah judul yang berada di halaman hasil pencarian, sedangkan judul artikel berada di bagian paling atas pada sebuah artikel. Fungsinya adalah untuk memberitahukan pengguna internet apa yang menjadi isi dari artikel yang akan mereka baca tersebut. 

Banner SEO - General 2

Pentingnya Meta Title

Anda sudah mengetahui apa itu meta title atau title tag, namun mungkin Anda masih bingung apa kegunaan atau pentingnya meta title pada website yang Anda miliki. Simak penjelasan berikut untuk menemukan jawabannya.

1. Halaman Hasil Pencarian

Meta title memudahkan website Anda muncul pada halaman hasil pencarian (SERP). Dengan munculnya website Anda dalam SERP, maka website Anda akan dikunjungi oleh banyak pengguna mesin pencarian. Jika website Anda muncul berarti traffic pada website Anda meningkat dan semakin dikenali oleh audience. 

2. Browser Web

Selain muncul pada halaman hasil pencarian, meta title sangat berguna bagi audience yang sedang membuka banyak website dalam waktu yang bersamaan. Penggunaan meta title pada setiap website akan memudahkan pengguna untuk mengenali isi konten yang ingin mereka cari. Saat membuka banyak website, tentu kita mengandalkan judul dari website tersebut untuk membedakan website yang satu dengan yang lainnya. Kita jadi tidak perlu membuang waktu yang banyak untuk membuka dan mencarinya satu-satu karena kita sudah bisa melihat isi website tersebut dari titlenya.

3. Jejaring Sosial

Tulisan judul di dalam kolom meta title juga akan berguna untuk mengenali tautan yang akan tertulis saat kita akan membagikan website tersebut. Pernahkah Anda melakukan copy paste terhadap suatu link dari suatu situs?

Permalink Adalah Aspek Website yang Penting | Toffeedev. Perubahan link menjadi sebuah tulisan inilah yang dinamakan meta title. Jadi penggunaannya berguna bagi audience untuk mengenali isi topik dari link tersebut.

Baca Juga : Apa yang Disertakan dalam Meta Description dan Mengapa Penting untuk SEO Bisnis Anda?

Apa itu Meta Tag Description?

Jika konten yang Anda buat dalam sebuah halaman web berisi ratusan bahkan hingga ribuan kata, atau akan menampilkan banyak gambar, maka google tidak dapat menampilkan keseluruhan konten Anda pada hasil pencarian. Disinilah fungsi dari meta description yang digunakan untuk menampilkan cuplikan ringkas dari isi halaman web.

Meta description sebaiknya tidak lebih dari 160 karakter, karena jika koten terlalu panjang nantinya sebagai hasil di hasil pencarian akan muncul tanda titik tiga (…).Meta description tidak secara langsung menginfluence faktor peringkat pada hasil pencarian, akan tetapi menginfluence user untuk meningkatkan klik. Namun ada beberapa check list agar Anda dapat menulis dan memasang meta tag description yang baik serta menarik. Diantaranya adalah:

  • Menamplikan cuplikan informasi sesuai isi halaman web
  • Membantu pengunjung dapat memahami isi halaman web dengan singkat
  • Berikisar diantara 155 sampai 160 karakter
  • Usahakan dapat menempatkan kata kunci di awal meta description
  • Menggunakan kata-kata serta kalimat yang unik agar dapat menarik perhatian
  • Untuk informasi lebih lengkap mengenai meta name description yang baik secara SEO dan User Experience, silahkan klik ciri meta description yang baik

Fungsi Title Tag Sebagai Headline

Ada 2 penempatan judul yang perlu dipahami terlebih dahulu:

  • Judul pada artikel atau halaman website
  • Judul yang muncul pada halaman hasil pencarian

Contohnya seperti pada halama artikel ini:
Judul : Penggunaan Meta Description, Title Tag dan Meta Keyword dalam hasil pencarian
Title tag : Penggunaan berbagai jenis Meta Tag pada Description, Title dan Keyword di SEO

Jadi sebagai contoh, jika judul pada halaman anda melebihi 60 Karakter dan dirasa kurang menarik, anda dapat merubahnya dengan title tag agar konten yang muncul di hasil pencarian lebih ringkas, mudah dibaca, serta menarik perhatian pengguna untuk klik.

Banner SEO - Ebook 2

Cara menambahkan Meta Title

Ada beberapa cara menambahkan meta title yang bisa Anda pilih salah satunya.

1. Manual 

Manual yang dimaksudkan ialah benar-benar mengetik coding yang tepat agar meta title dapat muncul dengan tepat. Ada 2 coding yang bisa Anda gunakan seperti contoh meta berikut:

  1. meta name=”title” content=”title website Anda”
  2. title title website /title

2. Plugin Yoast SEO

Cara lainnya yang lebih mudah bagi Anda adalah dengan menggunakan plugin atau Add-On yang bisa membantu Anda membuat meta title. Plugin tersebut adalah Yoast SEO. Untuk menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu melakukan download dan instal pada laptop atau komputer Anda. Setelah itu Anda bisa mengaktifkannya dengan beberapa langkah berikut:

  1. Klik SEO.
  2. Klik General.
  3. Klik Features.
  4. Klik Advance Setting untuk mengaktifkannya.
  5. Klik saves changes.
  6. Klik pilihan “Title & Metas”.
  7. Akan muncul pilihan “general”. Pada pilihan ini Anda bisa memilih tanda atau simbol yang akan digunakan sebagai pemisah judul. Setelah sudah Anda bisa memilih “Save changes”.
  8. Klik pilihan “homepage”. Pada pilihan ini Anda dapat menuliskan title pada halaman utama Anda. Lalu Anda juga bisa menuliskan meta description Anda. Jika sudah, jangan lupa untuk klik “save changes”. Jika sudah sesuai, akan ada tanda warna hijau yang menandakan kesesuaiannya. 

Untuk pilihan lainnya yang ada pada bagian “SEO” bisa Anda biarkan saja dengan pengaturan yang sudah dipilihkan sebelumnya oleh plugin tersebut. 

Baca juga: Ciri Meta Description yang Baik Dan Disukai Oleh User

Tips Membuat Meta Title

Dalam menuliskan meta title, Anda bisa menuliskan apa saja yang cocok untuk judulnya. Namun jika Anda ingin membuatnya SEO friendly sehingga memudahkan pengunjung yang nantinya akan berkunjung masuk ke halaman website Anda, Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Proporsional

Proporsional yang dimaksudkan adalah judul yang tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Dalam pembuatan judul untuk meta title, ada baiknya jika penulisannya tidak lebih dari 60 karakter (sudah termasuk spasi). Jika judul meta title Anda lebih dari 60 karakter, biasanya selebihnya akan diganti dengan simbol titik-titik oleh mesin pencari.

2. Menarik

Membuat judul yang menarik akan membuat website Anda di klik dan dikunjungi oleh banyak audience. Oleh karena itu gunakanlah kata-kata yang menurut Anda akan dibuka oleh audience. Bayangkan jika Anda adalah seseorang yang sedang mencari suatu informasi, judul yang seperti apa yang akan Anda klik? 

3. Menjelaskan Isi konten

Membuat judul untuk meta title memang harus menarik, sampai mungkin terkadang kita akan tergoda membuatnya seperti click bait. Namun jangan hanya terfokus pada click bait, judul Anda juga harus mewakili keseluruhan isi konten yang telah dibuat. Pembuatan judul yang sesuai konten juga akan memudahkan mesin pencari mendeteksi isi konten dari website Anda, sehingga website Anda bisa muncul saat ada kata kunci yang sesuai.

4. Gunakan Keyword

Judul untukwebsite Anda harus ada keyword supaya saat ada pencarian dengan kata kunci tersebut, website Anda bisa muncul. Jangan terlalu banyak keyword yang dimasukkan, cukup dengan memasukkan kata kunci atau keyword yang paling mewakili isi dari konten yang ada di dalamnya.

5. Menjawab

Membuat meta title juga harus memperhatikan apakah judul tersebut akan menjawab pertanyaan dari seseorang yang mencari informasi tersebut. Meta title Anda akan lebih baik lagi jika berhasil menjawab pertanyaan pengguna. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, membayangkan Anda berapa di ‘sepatu’ yang mencari informasi akan membantu Anda membayangkan judul seperti apa yang cocok dan tepat untuk digunakan. 

Baca Juga: Apa itu Meta Keyword? Ini yang Harus Anda Pahami

Meta Keyword

Keyword menjadi hal yang paling krusial dalam membuat meta keywords dan melakukan optimisasi halaman website, jika salah menentukan keyword maka akan sangat berpengaruh pada hasil pencarian. Berikut hal-hal yang perlu diketahui mengenai keyword,

Banner SEO x CRO 2

Jenis-Jenis Keyword

Berikut adalah beberapa pengertian dan jenis keyword yang digunakan dalam SEO, berikut jenis-jenisnya:

  • Browsing Keyword: Ciri-ciri dari browsing keyword yaitu memiliki search volume yang tinggi, tidak mengandung unsur spesifik produk atau brand. Contohnya adalah “handphone”, “mobil”, “pesawat”, dll.
  • Comparison Keyword: Memiliki search volume yang sedang, biasanya terdiri dari 2 kata, misal “handphone murah”, “handphone terbaru”, dll.
  • Selling Keyword: Keyword yang menggunakan kata-kata “jual”, “harga”, dll.
  • Keyword Brand: Pada umumnya mengandung nama brand pada keyword yang digunakan.

Itulah penjelasan singkat mengenai meta tag yang terdiri dari keyword, title, dan description. Jika framework pada website Anda menggunakan wordpress, ada beberapa plugin yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam menuliskan meta tag. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam memiliki konten yang berkualitas agar lebih ramah dengan search engine khususnya google dan mendapat peringkat yang baik dalam hasil pencarian.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat