4 Cara Optimasi SEO untuk Website

optimasi seo

Sebuah website akan terasa sia-sia jika tidak ada orang yang mengunjunginya meski sebagus apa pun website yang telah dibuat. Hal ini menjadi pelajaran bagi banyak web developer tentang betapa pentingnya mengetahui teknik optimasi SEO secara efektif agar website yang sudah dibuat mudah ditemukan di mesin pencari.

Mengoptimasi SEO mungkin terdengar sulit bagi sebagian orang, tetapi jika dilakukan dengan telaten, pasti akan terlihat hasilnya di kemudian hari. Mengoptimasi SEO berguna dalam meningkatkan ranking website di hasil pencarian mesin pencari, sehingga lebih banyak orang yang akan menemukan dan mengunjungi website Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara optimasi SEO dengan penjelasan yang mudah dipahami oleh para pemula. 

3 Unsur SEO Pada Website

Unsur-unsur SEO yang perlu diperhatikan dalam sebuah website adalah:

1. Struktur Website yang Baik

Struktur website yang baik membantu mesin pencari untuk mengindeks dan me-crawling website dengan mudah. Struktur yang baik juga memudahkan pengunjung untuk menavigasi website dan menemukan informasi yang mereka cari.

Struktur website yang baik dalam SEO dapat dilihat dari beberapa hal, yakni penggunaan URL yang mudah diingat menggunakan kata kunci yang tepat sesuai dengan topik yang dibahas.

Selain itu, tampilan website yang menarik dan user-friendly dapat membuat pengunjung betah untuk berlama-lama berselancar di website Anda.

2. Konten yang Berkualitas dan Relevan

Konten yang berkualitas dan relevan sangat penting untuk meningkatkan ranking website di hasil pencarian mesin pencari. Konten yang baik harus informatif, berguna, dan unik, serta menggunakan kata kunci yang tepat sesuai dengan topik yang dibahas.

3. Kecepatan Loading Website

Untuk meningkatkan performa website, kecepatan loading website merupakan unsur penting lainnya. Mesin pencari lebih suka website yang memuat dengan cepat, sehingga kecepatan loading website dapat memengaruhi ranking website di hasil pencarian.

Baca Juga: SEO On-Page: Pengertian, Fungsi, dan Cara Optimasinya

Cara Optimasi SEO yang Perlu Diketahui

Berikut beberapa cara optimasi yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan konten website agar lebih cocok dengan standar SEO.

1. Judul yang Menarik

Langkah pertama untuk meningkatkan optimasi SEO website adalah dengan memperhatikan judul yang menarik. Salah satu cara untuk membuat judul yang menarik dan sesuai dengan standar SEO adalah dengan melakukan riset keyword

Hal ini merupakan upaya untuk mencari topik yang sedang banyak dicari oleh pengguna internet, sehingga judul yang dibuat lebih relevan dan menarik.

2. Gunakan Gambar yang Relevan dengan Topik

Gambar merupakan komponen yang tidak boleh diabaikan ketika membuat konten untuk website. Pastikan untuk menggunakan gambar yang relevan dan memasukkan kata kunci dalam deskripsi dan alt gambar. 

Selain itu, ukuran gambar juga harus diperhatikan karena bisa memengaruhi SEO website. Jika ukuran gambar terlalu besar atau kecil, mesin pencari akan menganggap konten tidak berkualitas dan tidak terindeks.

Baca Juga: Mengenal Apa itu SEO Marketing

3. Masukkan Internal Link

Langkah selanjutnya dalam optimasi SEO website adalah menyisipkan internal link yang mengarahkan pembaca pada halaman konten lainnya yang serupa dengan konten yang telah dibuat. Internal link menjadi teknik SEO yang penting karena mesin pencari cenderung lebih percaya pada konten yang memiliki banyak link di dalamnya.

4. Sederhanakan URL

URL merupakan salah satu faktor utama dalam optimasi SEO yang tidak boleh diabaikan. Caranya adalah dengan mengganti URL default dari website dengan keterangan judul yang singkat dan menyertakan keyword. 

Mesin pencari seperti Google akan lebih mudah mengenali topik konten yang ditawarkan oleh website, jika menyertakan keyword dalam URL. Oleh karena itu, URL sangat penting untuk disesuaikan dengan standar SEO.

banner

3 Hal yang Perlu Diwaspadai dalam Optimasi SEO

Meskipun langkah-langkah optimasi SEO website sudah diterapkan, tidak jarang juga terjadi hambatan dan tantangan. Berikut ini hal-hal yang perlu diwaspadai dalam optimasi SEO, dan mungkin bisa Anda antisipasi dari sekarang.

1. Tidak Dapat Diakses di Smartphone

Salah satu masalah dalam optimasi SEO adalah lupa untuk mengatur pengaturan website agar bisa dibuka dan dilihat dengan nyaman di perangkat mobile. Unsur ini sangat penting karena sebagian besar pengunjung website saat ini mengakses melalui perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. 

Jika setting website tidak diatur dengan baik, maka pengunjung mungkin akan mengalami kesulitan dalam mengakses website dan bisa berdampak negatif pada performa SEO.

2. Backlink atau Internal Link Error

Backlink atau internal link error juga bisa menjadi masalah dalam optimasi SEO. Biasanya link yang disertakan dalam konten tidak diperiksa terlebih dahulu, sehingga jika mesin pencari mendeteksi bahwa link tersebut memiliki error 404 maka akan sulit bagi website untuk menduduki posisi teratas di hasil mesin pencarian.

Baca Juga: Optimasi Website untuk Mendapatkan Zero-Click Dalam SEO

3. Deskripsi Gambar Tidak Lengkap

Jangan lupakan untuk menyertakan kata kunci dalam deskripsi atau alt gambar agar gambar yang ada dalam konten bisa lebih optimal dalam mendukung optimasi SEO website. Optimasi SEO yang satu ini seringkali terlupakan, padahal kunci agar tampil teratas dalam dalam mesin pencari Google adalah dengan menambahkan deskripsi gambar secara lengkap.

Demikianlah beberapa cara optimasi SEO dan hal-hal yang perlu diketahui supaya bisa diterapkan untuk website Anda. Jika Anda membutuhkan dukungan strategi SEO yang tepat sasaran dan sesuai dengan target bisnis, jangan ragu untuk menghubungi Jasa SEO dari ToffeeDev. 

Kami juga siap membantu dalam meningkatkan performa website Anda dengan layanan yang lainnya seperti Digital Marketing, Graphic Design dan Email Hosting agar bisnis berjalan lebih optimal dan mendatangkan traffic yang lebih banyak. Hubungi tim kami segera.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat