Pengertian Podcast: Jenis, Manfaat, dan Cara Membuatnya

pengertian podcast

Seperti yang bisa kita ketahui bahwa saat ini podcast mendadak menjadi cukup populer di kalangan anak muda, terutama dalam konteks pembuatan konten online. Nah, jadi tidak heran ya jika banyak bermunculan podcast yang membahas berbagai hal mulai dari hiburan, horor, edukasi hingga politik. Sebenarnya, apa pengertian podcast?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa menyimaknya lewat informasi yang ada di artikel berikut ini!

Apa Pengertian Podcast?

Podcast merupakan sebuah konten berupa format audio yang biasanya terdiri dari beberapa episode dengan tema tertentu. Pembuat podcast atau biasa disebut dengan podcaster pun bisa membuat berbagai macam konten. 

Seperti episode cerita pengalaman atau kejadian horor, ulasan-ulasan film dan kasus misteri, traveling, edukasi, dan masih banyak lainnya. Tentunya, podcast bisa didengarkan oleh khalayak masyarakat luas kapan saja melalui hp, laptop ataupun gadget lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Podcast yang Menarik Untuk Didengar

3 Jenis-Jenis Podcast

Podcast sendiri ternyata terbagi ke dalam tiga jenis, ketahui lebih lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Interview Podcast

Tipe podcast yang pertama ini mungkin sudah kerap Anda dengarkan bahkan hingga saat ini. Interview podcast merupakan tipe yang menggunakan format seperti sedang interview atau wawancara.

Pada podcast tipe ini biasanya akan ada host yang melontarkan beberapa pertanyaan kepada narasumber atau tamu yang berbeda-beda di setiap episode. Ketika ingin membuat interview podcast, maka persiapan yang perlu Anda dilakukan adalah meneliti dan mempelajari terlebih dahulu tentang tamu yang akan diwawancarai nanti serta membuat daftar pertanyaan.

Selain itu, interview podcast juga mengharuskan Anda untuk memiliki kemampuan wawancara, public speaking dan ilmu yang berkaitan lainnya. Hal tersebut tentunya akan membuat obrolan pada podcast Anda menjadi jauh lebih menarik dan tidak membosankan, baik bagi tamu dan pendengar.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Podcast di Spotify Untuk Anda

2. Solo Podcast 

Jika sebelumnya kita sudah membahas interview podcast yang melibatkan beberapa orang, sekarang waktunya beralih ke tipe podcast yang hanya dibawakan oleh satu orang host secara monolog atau bisa juga disebut sebagai solo podcast.

Artinya, keseluruhan isi rekaman podcast tipe ini akan dibacakan secara satu arah tanpa ada lawan bicara. Lalu, topik dari solo podcast biasanya berupa pembahasan tentang pendapat dari host tentang satu hal yang sedang viral, membacakan cerita yang dikirimkan oleh pendengar, atau memberi informasi mengenai sesuatu.

3. Multi Host Podcast

Terakhir, terdapat juga jenis podcast yang disajikan oleh beberapa host sekaligus. Multiple host atau multi host podcast merupakan tipe rekaman yang berupa diskusi dari beberapa perspektif pembicara tentang sebuah topik.

Tenang, meskipun podcast ini dalam proses rekamannya melibatkan banyak orang sekaligus, dan terlihat seolah susah untuk didengarkan. Namun, kenyataannya rekaman suara multi host podcast akan tetap terdengar nyaman.

banner

2 Manfaat Podcast

Podcast memiliki beberapa manfaat dan kelebihan dibandingkan media lainnya. lho. Ketahui yuk di sini!

1. Mendapatkan Ilmu Baru

Podcast telah menyediakan berbagai pilihan topik yang cukup bervariasi, sehingga Anda pun bisa menentukannya sesuai dengan ketertarikan Anda. Ketika mendengarkan podcast, pastinya bukan hanya sekadar informasi secara umum saja yang menjadi bahan obrolan. 

Namun sebenarnya juga memberikan pemikiran, cerita atau kisah dari perspektif yang berbeda lainnya, sehingga Anda sebagai pendengar mampu belajar mengenai suatu hal baru atau pengetahuan yang baru.

2. Tidak Adanya Banyak Iklan

Selain itu, saat mendengarkan podcast Anda akan terhindar dari berbagai macam iklan yang mengganggu. Dengan tidak adanya iklan tersebut, Anda sebagai pendengar bisa mendengarkan obrolan atau diskusi dengan lebih nyaman dan fokus. Jadi, tak heran apabila sejumlah orang banyak yang gemar mendengarkan podcast.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Podcast Menarik dan Menghibur

5 Cara Membuat Podcast

Tertarik untuk membuat podcast Anda sendiri? Bisa saja Anda wujudkan! Tentunya mengetahui berbagai cara dalam membuatnya akan sangat membantu. Berikut adalah cara membuat podcast yang bisa Anda coba terapkan:

1. Tentukan Tema Terlebih Dahulu

Cara membuat podcast yang pertama yaitu tentukan terlebih dahulu dengan tepat terkait tema atau topik yang hendak dibahas. Misalnya Anda bisa mencoba memilih pembahasan seputar olahraga, komedi, politik, film, musik, mental health, dan lain sebagainya. Sesuaikan juga topik  dengan minat serta ketertarikan Anda dan pendengar, ya.

2. Persiapkan Segala Peralatan

Setelah menentukan tema yang ingin diangkat, maka langkah berikutnya adalah mempersiapkan segala kebutuhan mengenai alat dan bahan untuk proses pembuatan. Untuk menghasilkan kualitas suara pada rekaman podcast yang optimal, sebaiknya Anda menyiapkan mikrofon  tambahan yang lebih profesional dan bukan merupakan mikrofon built in pada komputer atau laptop.

Selain itu, pendukung lainnya yang perlu Anda siapkan tentu saja terkait fitur peredam suara. Hal tersebut akan sangat mendukung saat proses pembuatan podcast Anda agar tidak terganggu dengan suara yang ada di sekitar. 

Baca Juga: Cara Mempromosikan Podcast Anda Lewat Spotify

3. Membuat Konten Sesuai dengan Tema yang Ditentukan

Setelah kedua langkah di atas tadi Anda persiapkan, kini saatnya Anda memulai pembuatan script. Pertama, Anda bisa merancang rekaman untuk perkenalan diri terlebih dahulu. Kemudian, dilanjutkan dengan membuat script untuk tayangan podcast sesuai durasi dan topik yang telah ditentukan. 

4. Lakukan Editing

Setelah semuanya beres, tentu saja sebelum menuju ke tahap upload, penting untuk melakukan beberapa editing pada rekaman podcast. Sehingga hasil dari podcast Anda nantinya akan jauh lebih baik.

5. Upload Podcast Anda!

Nah, kini saatnya upload podcast Anda! Eits, masih terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan juga saat hendak upload podcast, ya. Seperti menambahkan beberapa keterangan penting misalnya judul, deskripsi, kategori, dan lain sebagainya.

Ketika membuat deskripsi di masing-masing episode podcast, sebaiknya Anda membuat rangkuman sekitar 1-2 kalimat yang dapat menjelaskan ringkasan topik utama di episode tersebut. Tidak tertinggal juga untuk melengkapi podcast Anda dengan berbagai gambar sampul yang menarik.

Baca Juga: Nikmati Podcast Favorit Anda Bersama 10 Podcast App Gratis

3 Aplikasi Podcast

Kalau Anda tertarik untuk membuat podcast sendiri, berikut ini ada sederet daftar rekomendasi aplikasi podcast terbaik yang dapat menjadi acuan awal bagi Anda untuk berkreasi. 

1. Anchor

Anchor merupakan salah satu aplikasi podcast yang mungkin tidak asing di telinga Anda, bukan? Benar saja, karena aplikasi podcast ini memang memiliki jutaan pengguna. Sebab, melalui Anchor selain Anda bisa mendengar berbagai podcast yang ada, ternyata memungkinkan Anda juga bisa membuat podcast, lho.

Baca Juga: 9 Cara Meningkatkan Profit dengan Digital Marketing

2. Spotify 

Selanjutnya, terdapat juga spotify yang merupakan aplikasi podcast dengan jumlah pengguna yang tak kalah banyak dengan anchor. Platform ini dibuat khusus untuk membagikan dan mendengarkan rekaman audio, baik itu berupa spotify podcast atau single lagu dari penyanyi nasional maupun internasional.

3. Soundcloud 

Soundcloud podcast adalah platform berbagi audio yang juga memiliki keunggulan fitur tambahan khusus yakni fitur import-export dan web hosting bagi podcaster. Hal tersebutlah yang membedakan soundcloud dengan spotify. Selain itu, pada aplikasi ini, Anda bisa dengan leluasa memutar berbagai podcast dan rekaman lagu dari seluruh dunia.

Demikian penjelasan seputar pengertian, jenis, manfaat dari podcast hingga bagaimana cara membuatnya. Selain membuat podcast, Anda mungkin juga tertarik untuk mengetahui bagaimana cara membuat website yang tidak hanya memiliki tampilan bagus, namun juga mampu menarik pelanggan?

Tenang, hal tersebut tidak perlu Anda risaukan karena sudah seharusnya untuk menyerahkan saja semuanya pada ahlinya. Salah satunya adalah ToffeeDev yang siap membantu bisnis Anda dengan berbagai layanan terbaik. 

Mulai dari jasa pembuatan website, layanan SEO, hingga digital ads dan sebagainya. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya, jangan ragu untuk hubungi tim ToffeeDev sekarang juga ya!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat