Phishing: Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Menghindarinya

phishing artinya

Mendengar kata phishing artinya adalah sebuah peringatan untuk Anda. Phishing merupakan salah satu ancaman keamanan siber yang paling umum dan berbahaya saat ini. Melalui taktik penipuan yang disamarkan sebagai komunikasi dari perusahaan atau organisasi yang dikenal, para pelaku phishing berusaha untuk mengumpulkan informasi pribadi dan keuangan dari pengguna yang tidak curiga. 

Ini dapat dilakukan melalui email, pesan teks, atau situs web yang tampak sah. Sangat penting bagi pengguna untuk mengetahui bagaimana cara mengenali dan menangani ancaman phishing agar dapat melindungi diri dari potensi kerugian finansial dan kerugian privasi.

Apa itu Phishing?

Phishing artinya tindakan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengelabui pengguna internet untuk memberikan informasi pribadi atau keuangan mereka, seperti kata sandi atau nomor kartu kredit. Pihak yang melakukan phishing dapat mengirimkan email atau mengarahkan pengguna ke situs web palsu yang menyerupai situs web asli untuk mengumpulkan informasi pribadi.

Baca Juga: Ini Dia 8 Bisnis Internet yang Menghasilkan Uang

5 Ciri-Ciri Phishing

Ciri-ciri utama dari phishing adalah permintaan untuk mengungkapkan informasi pribadi atau keuangan, seperti kata sandi atau nomor kartu kredit. Berikut akan kami bagikan beberapa ciri-ciri utama dari phishing dan cara untuk mengidentifikasi dan menghindari jenis serangan ini.

1. Email atau Pesan Teks yang Mencurigakan

Ciri-ciri pertama yang perlu Anda hindari adalah apabila mendapatkan email atau pesan teks yang terkesan mencurigakan. Beberapa di antaranya apabila email tersebut meminta untuk menuliskan kata sandi pada akun tertentu Anda, hingga berisikan link palsu yang dapat mengambil alih perangkat Anda. 

2. Tautan atau Lampiran yang Tidak Jelas

Jika suatu oknum berusaha berkedok menjadi suatu organisasi ternama, namun tautan yang digunakan tidak menggunakan tautan resmi. Bisa jadi tautan atau lampiran tersebut adalah palsu dan upaya mereka melakukan phishing.

3. Penggunaan Logo atau Desain yang Mirip

Ciri-ciri phishing selanjutnya adalah penggunaan logo atau desain yang mirip. Anda akan sangat mudah masuk perangkat pada oknum yang tidak bertanggung jawab ini apabila tidak teliti. Secara tidak langsung, menyertakan logo dalam email contohnya bisa menjadi acuan yang meyakinkan untuk siapa pun, namun perlu diperhatikan lagi secara detail karena bisa jadi itu adalah cara oknum tertentu untuk mendapatkan informasi berharga Anda.

4. Pernyataan yang Mengancam

Terkadang ketika suatu oknum berusaha melakukan penipuan, mereka tidak menyadari bahwa bahasa yang digunakan sedikit mengancam dan dirasa sangat tidak pantas ketika mereka berusaha mengimitasi suatu organisasi ternama. Pastikan untuk membaca lebih teliti pada pemilihan kata dan gaya bahasa pada email atau teks yang Anda terima, untuk memastikan bahwa email atau teks tersebut asli atau palsu.

5. Kesalahan Ejaan atau Tata Bahasa

Masih seputar penulisan pada email atau teks, selain pada gaya pernyataannya yang seolah mengancam. Phishing dapat diketahui apabila isi email atau teks mengalami kesalahan pengejaan atau tata bahasa. Hal ini tidak akan terjadi bisa email atau teks Anda berasal dari pihak atau organisasi profesional.

Baca Juga: 3 Perbedaan Internet & Digital Marketing

3 Cara Kerja Phishing

Untuk lebih mengetahui bagaimana phishing dapat membahayakan Anda. Coba ketahui beberapa cara kerja phishing berikut ini!

1. Berkedok Menjadi Suatu Entitas Ternama

Aksi phishing seringkali berkedok menjadi organisasi ternama atau perusahaan yang dapat dipercayai, seperti bank, perusahaan e-commerce, atau layanan keamanan internet. Penjahat akan menggunakan logo atau desain yang sama dengan situs web asli untuk mengelabui pengguna agar percaya bahwa situs web palsu itu adalah situs web asli. 

2. Menggunakan Media Online

Ada beberapa media yang sering kali menjadi pilihan oknum-oknum di balik aksi phishing. Beberapa di antaranya adalah email, pesan teks, media sosial, hingga iklan online atau pop-up.

3. Menggunakan Teknik Spoofing

Penjahat akan menggunakan teknik yang dikenal sebagai “spoofing”. Spoofing digunakan untuk mengubah alamat email atau URL situs web agar terlihat seperti sumber yang dapat dipercayai. 

banner

3 Cara Menghindari Phishing

Ada beberapa cara yang perlu Anda terapkan ketika menjelajah internet atau menggunakan perangkat pintar. Phishing sendiri pada dasarnya bisa menyerang Anda kapan saja dan bersifat tidak dapat diperkirakan. Jadi, pastikan untuk mengetahui cara-cara menghindari phishing berikut ini.

1. Hindari Asal Klik 

Jangan asal mengklik tautan dalam email atau pesan yang tidak dikenal atau tidak dapat dipercaya. Tautan tersebut mungkin mengarah ke website phishing yang dirancang untuk mencuri informasi pribadi atau keuangan Anda. 

Selain itu, pastikan website yang Anda kunjungi menggunakan enkripsi HTTPS. Hal ini akan membuat informasi yang dikirim melalui website tersebut tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak berwenang.

2. Jangan Sembarangan Memberikan Informasi Pribadi

Yang selanjutnya, pastikan untuk tidak asal memberikan informasi pribadi atau keuangan pada website yang tidak dikenal atau tidak dapat dipercaya. Informasi pribadi Anda, seperti nama, alamat email, nomor telepon, atau informasi keuangan seperti nomor kartu kredit atau nomor rekening bank, dapat digunakan oleh pembuat phishing untuk melakukan aktivitas ilegal, seperti mencuri uang atau menyalahgunakan informasi Anda.

Baca Juga: Search Engine Journal, Pusat Informasi SEO Terbaru

3. Gunakan Software Perlindungan

Menggunakan perangkat lunak perlindungan phishing atau software anti-phishing adalah salah satu cara yang efektif untuk menghindari phishing. Software ini dapat membantu mengenali dan menghindari website phishing dengan cara mengecek website yang Anda kunjungi atau tautan yang Anda klik terhadap daftar hitam website phishing yang dikenal.

Beberapa software anti-phishing juga dapat memperingatkan Anda jika website yang dikunjungi mencoba untuk mencuri informasi pribadi atau keuangan. Software ini juga dapat digunakan untuk menyaring email yang masuk dan menandai email phishing sebagai spam.

Selain itu, Anda juga dapat menghindari phishing dengan menggunakan jasa web developer yang terpercaya. Penggunaan jasa web developer seperti layanan dari ToffeeDev mampu membantu meningkatkan keamanan website Anda. Jadi, segera tingkatkan keamanan website Anda bersama ToffeeDev agar terhindar dari phishing! Temukan layanan digital marketing kami lainnya di sini!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top