Mengenal 5 Strategi Marketing Yang Efektif Untuk Bisnis Anda

strategi marketing

Strategi marketing merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam bisnis. Hal ini dikarenakan perencanaan, operasional, hingga kesuksesan bisnis terkait dengan strategi marketing yang diterapkan. Untuk mencapai tujuan bisnis dengan keuntungan maksimal, Anda perlu memahami apa saja strategi marketing yang efektif untuk bisnis. Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Membuat Identitas Merek yang Kuat

Strategi yang pertama adalah membuat identitas merek yang kuat. Mengapa ini penting? Branding membuat bisnis memiliki posisi di pasar, menarik perhatian pelanggan hingga meningkatkan transaksi penjualan. Beberapa cara di bawah ini dapat Anda coba terapkan untuk kembuat merek bisnis kuat di pasar.

1. Memahami Nilai Produk

Istilah product value merupakan gambaran seberapa besar manfaat yang didapatkan pelanggan dari produk ataupun layanan bisnis yang ditawarkan. Penting bagi perusahaan untuk mengenali nilai produk mereka agar dapat lebih mengembangkan nilai plus untuk pelanggannya. 

Dalam langkah ini, Anda perlu melakukan analisis bagaimana sebuah produk atau layanan bisnis mampu memenuhi kebutuhan pelanggan. Misalnya pada bisnis farmasi, Anda memahami product value berupa keaslian produk dan harga terjangkau. Anda dapat lebih mengembangkan nilai tersebut menjadi keuntungan berlipat bagi perusahaan.

2. Menentukan Target Pasar

Apabila Anda telah memahami nilai produk bisnis, selanjutnya tentukan target pasar. Siapa yang menjadi sasaran Anda untuk menggunakan produk atau layanan bisnis? Dalam konteks bisnis farmasi, tentunya target pasar bersifat luas karena setiap orang membutuhkan obat, vitamin ataupun suplemen. Ini berarti Anda harus memastikan bahwa produk atau layanan yang Anda sediakan tidak hanya fokus pada satu golongan saja, tetapi general bisa untuk siapapun.

3. Membuat Branding yang Konsisten

Jika target pasar sudah ditentukan, cobalah untuk mulai membuat branding yang konsisten. Ini akan sekaligus menentukan bagaimana cara Anda membentuk citra bisnis di masyarakat. Misalnya sebagai penyedia produk farmasi, branding yang dapat Anda konsisten bangun adalah stock kebutuhan farmasi yang lengkap untuk segala golongan dengan harga terjangkau dan dijamin asli. Branding ini akan menjadi salah satu daya tarik kuat untuk bisnis Anda.

4. Memperkuat Brand dengan Pengalaman Pelanggan

Kemudian, perkuat brand dengan pengalaman pelanggan. Saat ini, kredibilitas bisnis dapat diukur melalui testimoni yang diberikan oleh pelanggan loh. Anda dapat menyediakan ruang khusus bagi pelanggan agar dapat menunjukkan kepuasan mereka pada produk ataupun layanan bisnis yang ditawarkan. Pengalaman pelanggan ini lah yang nantinya membantu meningkatkan brand awareness dan membuat bisnis berpotensi masuk ke dalam pasar persaingan.

5. Mengukur Kesuksesan Branding

Langkah terakhir yang perlu dilakukan dalam pembentukan merek yang kuat adalah melakukan pengukuran atau analisis. Apakah branding yang dilakukan telah berhasil memberikan hasil yang sesuai? Jika belum, segera evaluasi dan tentukan solusi yang perlu dilakukan. Sebaliknya, apabila branding terbukti sukses, Anda tidak boleh berhenti begitu saja. Terus kembangkan sehingga membuat brand yang melekat di hati para pelanggannya, misalnya Indomie yang sukses bangun branding sehingga membuat adanya generalisasi mie instan sebagai Indomie di masyarakat.

Memanfaatkan Konten Marketing

Jika merek sudah dibangun dengan kuat, selanjutnya Anda dapat menerapkan strategi yang lain. Salah satunya adalah mencoba untuk memanfaatkan konten marketing. Bagaimana caranya? Ini dia beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk konten marketing.

1. Membuat Konten Berkualitas Tinggi

Langkah awal dalam memanfaatkan konten marketing adalah membuat konten yang berkualitas tinggi. Ini akan membantu pembentukan citra positif dalam bisnis. Konten berkualitas biasanya mampu menjadi sumber informasi sekaligus soft marketing yang baik untuk bisnis dan pelanggan.

2. Mengoptimalkan SEO

Jika sudah membuat konten berkualitas, Anda perlu melanjutkannya dengan optimalisasi SEO. Search Engine Optimization (SEO) telah menjadi satu kebutuhan penting dalam industri konten saat ini. Apabila konten berhasil masuk daftar teratas mesin pencari, maka potensi traffic meningkat pun semakin besar. Tidak menutup kemungkinan konversi dan juga transaksi bisnis ikut meningkat sehingga perusahaan memperoleh keuntungan maksimal.

Baca Juga: 5 Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan yang Efektif

3. Mempromosikan Konten

Bagaimana jika konten sudah berkualitas dan SEO optimal? Segera promosikan konten tersebut. Terutama apabila konten bersifat issue updates atau viral content, Anda tidak disarankan menunda-nunda proses promosinya. Hal ini berguna untuk menciptakan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan perhatian calon pelanggan.

4. Mengukur Kinerja Konten Marketing

Sama seperti strategi marketing yang pertama, langkah terakhir dalam menerapkan konten marketing adalah melakukan evaluasi atau pengukuran. Bagaimana capaian dari konten marketing yang Anda lakukan? Apakah berhasil mendapatkan traffic tinggi dan juga meningkatkan brand awareness? Hasil dari evaluasi ini menentukan kontinuitas konsep konten marketing yang diterapkan oleh bisnis Anda.

Menerapkan Strategi Media Sosial

Media sosial merupakan platform yang paling sering digunakan oleh berbagai kalangan. Pada beberapa kasus, bahkan pengguna media sosial terutama generasi muda bisa menghabiskan waktu seharian untuk memainkan berbagai platform. Ini yang membuat strategi media sosial menarik untuk diterapkan dalam marketing bisnis Anda.

1. Menentukan Tujuan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam menerapkan strategi media sosial adalah menentukan tujuan. Apa yang ingin Anda capai? Beberapa yang biasanya dirancang dalam bisnis adalah untuk meningkatkan brand awareness, menciptakan interaksi dengan pelanggan, meningkatkan konversi hingga mengoptimalkan jumlah penjualan.

2. Memilih Platform yang Tepat

Setelah mendapatkan tujuan strategi media sosial, pilih platform yang sesuai. Saat ini telah tersedia banyak sekali platform media sosial yang dapat disesuaikan dengan tujuan dan juga target pasar dari bisnis Anda. Misalnya ketika tujuan marketing Anda adalah mengoptimalkan jumlah penjualan di kalangan generasi muda, maka platform yang dapat Anda gunakana adalah Tiktok, Instagram dan juga Twitter. Mayoritas penggunanya sesuai dengan target pasar dan durasi aktif generasi muda pada beberapa platform itu cukup lama.

3. Mengembangkan Konten yang Relevan

Jika sudah, lanjutkan dengan pengembangan konten yang relevan. Bagaimana caranya? Misalnya Anda ingin menggunakan platform TikTok untuk promosi maka konten yang sesuai adalah video singkat yang eye catching menggunakan viral sound effects. Ini akan meningkatkan potensi ketertarikan pelanggan, dibandingkan membuat konten informatif yang panjang teks dengan general sound effects.

Baca Juga: Keyword Ranking Based SEO atau Traffic Based SEO, Pilih Mana?

4. Membuat Keterlibatan dengan Pelanggan

Dalam dunia bisnis, pelanggan adalah tujuan yang memengaruhi kesuksesan penjualan produk ataupun layanan. Oleh karena itu, keterlibatan dengan pelanggan pun menjadi penting untuk Anda perhatikan. Bagaimana caranya memanfaatkan media sosial untuk tujuan tersebut? Tentunya dengan aktif membuat konten interaktif, membuka kolom komentar dan lain sebagainya.

5. Memonitor Kinerja dan Menyesuaikan Strategi

Terakhir, selalu monitor kinerja dari strategi media sosial yang diterapkan. Apabila konten atau platform kurang sesuai, lakukan penyesuaian. Anda dapat lebih melakukan eksplorasi strategi media sosial seperti apa yang lebih memberikan hasil memuaskan atau bisa juga mengembangkan yang sudah ada.

banner

Mengoptimalkan Email Marketing

Sama seperti media sosial, email marketing juga menjadi strategi yang tepat untuk menyasar berbagai kalangan. Pekerjaan, tugas ataupun verifikasi berbagai aplikasi masih menggunakan email sehingga potensi traffic tinggi. Anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini sebagai strategi dalam menerapkan email marketing.

1. Menentukan Tujuan Email Marketing

Sama seperti strategi media sosial, email marketing juga memerlukan tujuan yang jelas. Misalnya Anda ingin menggunakan strategi ini untuk menarik perhatian pelanggan dengan informasi mengenai diskon atau penawaran produk. Kemudian, olah tujuan tersebut menjadi langkah-langkah strategis agar email marketing dapat memberikan hasil yang sesuai.

2. Menjaga Kualitas Daftar Email

Sebelum melakukan email marketing, Anda harus sudah memiliki daftar email terlebih dahulu. Biasanya data ini diperoleh dari pelanggan yang sudah melakukan transaksi, kemudian menyebar pada peserta event dimana bisnis Anda terlibat di dalamnya. Nah, usahakan untuk terus menjaga kualitas daftar email ini dengan calon pelanggan yang berpotensi besar menjadi pasar bisnis Anda.

3. Membuat Subjek Email yang Menarik

Sama seperti konten, email juga memerlukan judul yang biasa disebut subjek untuk menarik perhatian. Gunakan subjek yang eye catching, membuat calon pelanggan tertarik untuk membaca informasinya. Misalnya subjek, “Diskon 90% Khusus di Momen Ulang Tahunmu!”. Subjek ini akan membuat calon pelanggan merasa spesial dan tertarik untuk membaca pesan email marketing yang Anda buat.

Baca Juga: 7 Contoh Strategi Pemasaran Produk Baru yang Jitu

4. Membuat Isi Email yang Relevan dan Bernilai

Meskipun marketing adalah tentang meningkatkan penjualan, jangan lupa untuk tetap memerhatikan nilai dan relevansi strategi yang digunakan. Misalnya ketika subjek memberikan gambaran diskon, maka isi pun harus mengatakan hal yang sama. Jangan terlalu berusaha mengoptimalkan penjualan yang ujungnya justru membuat calon pelanggan merasa risih.

5. Memonitor Kinerja dan Mengoptimalkan Strategi Menyelenggarakan Promosi

Setiap strategi marketing selalu membutuhkan evaluasi, upaya monitoring untuk melihat kinerja efektivitasnya. Ini akan membantu Anda untuk lebih memahami bagaimana cara yang tepat untuk menggelar promosi yang berkualitas, menarik dan menguntungkan.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai strategi marketing yang efektif untuk bisnis Anda. Sebelum menerapkan strategi-strategi di atas, pastikan Anda memiliki tenaga ahli agar hasilnya lebih maksimal. Apabila ingin lebih praktis, jangan ragu untuk menggunakan layanan digital marketing agency profesional.

Toffeedev sendiri menyediakan berbagai layanan menarik untuk membantu Anda mengembangkan bisnis. Kami juga memiliki tenaga expert di bidang marketing, ads, SEO dan masih banyak lagi. Ingin tahu informasi lebih lanjut? Yuk hubungi Toffeedev sekarang juga.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top