Apa itu Featured Image? Definisi serta Tips Pengoptimalannya

Dalam dunia konten digital, featured image atau gambar unggulan menjadi elemen visual yang memiliki peran penting dalam menarik perhatian pembaca. Tidak hanya itu saja, jika dioptimasi dengan tepat, featured image akan menjadi alat jitu yang dapat membantu meningkatkan brand awareness bisnis Anda. 

Untuk memahaminya secara lebih mendalam, kita akan membahas secara komprehensif definisi featured image, mengapa penting untuk konten, ukuran dan format yang ideal, pertimbangan hak cipta, serta tips untuk mencari dan mengoptimalkan gambar unggulan.

Mengapa Featured Image Penting untuk Konten Anda

Mengapa Featured Image Penting untuk Konten Anda?

Gambar unggulan bukan hanya elemen tambahan, tetapi memiliki peran strategis dalam meningkatkan daya tarik dan keterbacaan konten. Berikut adalah lima alasan mengapa featured image penting untuk konten Anda:

  • Menarik perhatian: Gambar unggulan adalah yang pertama kali dilihat oleh pembaca, sehingga harus dapat menarik perhatian dan memotivasi mereka untuk membaca lebih lanjut.
  • Meningkatkan keterlibatan: Konten dengan gambar memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi. Pembaca cenderung lebih lama berada di halaman jika disertai dengan gambar menarik.
  • Branding: Gambar unggulan mencerminkan identitas merek Anda. Dengan konsistensi dalam gaya dan elemen desain, Anda dapat memperkuat citra merek.
  • Memudahkan pemahaman: Gambar unggulan dapat menjadi representasi visual dari topik atau pesan utama, memudahkan pembaca untuk memahami konten.
  • Dapat dibagikan di media sosial: Konten dengan gambar unggulan menarik lebih banyak perhatian di platform media sosial, meningkatkan kemungkinan dibagikan dan meningkatkan eksposur.

Banner SEO - General 2

Ukuran dan Format Featured Image

Pemilihan ukuran gambar yang tepat adalah aspek krusial dalam memastikan tampilan yang optimal dan waktu muat halaman yang efisien. Ukuran gambar yang terlalu besar dapat memperlambat waktu muat halaman, sementara ukuran yang terlalu kecil mungkin mengorbankan kualitas visual.

Format gambar (JPEG, PNG, atau GIF) harus dipilih berdasarkan konten dan kebutuhan desain. JPEG umumnya cocok untuk foto atau gambar realistis, sementara PNG lebih baik untuk grafis atau gambar dengan latar belakang transparan.

 

Bagaimana Cara Mengubah Ukuran dan Format Featured Image?

Untuk melakukan modifikasi featured image, Anda bisa melakukan beberapa cara sebagai berikut:

  • Menggunakan perangkat lunak penyunting gambar: Berbagai perangkat lunak penyunting gambar seperti Adobe Photoshop, GIMP, atau Canva dapat membantu Anda mengubah ukuran dan format gambar dengan mudah.
  • Plugin WordPress: Jika menggunakan platform WordPress, banyak plugin yang dapat membantu otomatisasi proses penyuntingan gambar, termasuk mengubah ukuran dan format.
  • Penggunaan alat online: Terdapat berbagai alat penyunting gambar online yang memungkinkan Anda mengoptimalkan gambar tanpa perlu mengunduh perangkat lunak tambahan. TinEye, TinyPNG, atau Compressor.io adalah beberapa contohnya.

Banner SEO - Ebook 2

Pertimbangan Hak Cipta Featured Image

Pentingnya memperhatikan hak cipta saat memilih featured image tidak bisa diabaikan dalam strategi pemasaran konten. Hak cipta melibatkan hak eksklusif pemiliknya untuk mendistribusikan, mereproduksi, dan menggunakan gambar tersebut. 

Oleh karena itu, memahami dan menghormati hak cipta adalah langkah esensial untuk melindungi bisnis Anda. Penggunaan gambar tanpa izin dapat berakibat pada tuntutan hukum serius dan merusak reputasi perusahaan. Dalam era di mana etika bisnis makin menjadi perhatian publik, mematuhi hak cipta juga menciptakan citra positif di mata audiens yang sadar etika.

Cara mencari featured image yang bebas hak cipta atau berlisensi dapat dilakukan melalui berbagai sumber. Pengguna dapat mengandalkan situs web gambar bebas hak cipta seperti Unsplash, Pexels, atau Pixabay, di mana gambar dapat diunduh dan digunakan tanpa perlu membayar atau memberikan atribusi. 

Alternatifnya, untuk gambar dengan kualitas tinggi dan lisensi komersial, pembelian dari situs stok foto berbayar seperti Shutterstock atau Adobe Stock menjadi opsi yang memadai.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Setting Yoast SEO Terbaru di 2024

Bagaimana Cara Memastikan Kepemilikan Hak untuk Menggunakan Featured Image yang Dipilih?

Memastikan bahwa Anda memiliki hak untuk menggunakan featured image yang dipilih memerlukan kewaspadaan tambahan. Berikut beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan:

  • Penting untuk membaca dan memahami lisensi gambar dengan teliti sebelum mengunduh atau menggunakannya. Beberapa gambar mungkin memerlukan atribusi, sehingga pastikan memberikan kredit kepada pemilik gambar sesuai dengan persyaratan lisensi. 
  • Jika gambar yang dibutuhkan tidak tersedia di situs berlisensi bebas hak cipta, mempertimbangkan untuk mengambil gambar sendiri atau menyewa fotografer dapat menjadi solusi yang lebih aman, memastikan kepemilikan penuh atas konten visual yang digunakan dalam strategi pemasaran. 
  • Menyimpan bukti lisensi dan izin khusus, jika diperoleh, dapat memberikan perlindungan tambahan jika terjadi perselisihan atau pertanyaan terkait hak cipta pada masa mendatang. 

Dengan memahami dan mengikuti pertimbangan hak cipta ini, bisnis dapat merancang kampanye pemasaran konten yang kuat, etis, dan bebas risiko hukum.

5 Tips untuk Mencari dan Mengoptimalkan Featured Image

5 Tips untuk Mencari dan Mengoptimalkan Featured Image

Mencari dan mengoptimalkan featured image merupakan langkah penting dalam memperkuat visual konten Anda. Berikut adalah lima tips yang dapat membantu Anda mencari gambar unggulan yang sesuai dan mengoptimalkannya secara efektif:

1. Relevansi dengan Konten

Pilih gambar yang benar-benar relevan dengan pesan atau topik konten Anda. Gambar yang sesuai akan memberikan pemahaman visual yang kuat dan meningkatkan daya tarik pembaca untuk terus membaca.

2. Resolusi Tinggi

Gunakan gambar dengan resolusi tinggi untuk memastikan tampilan yang tajam dan profesional. Gambar berkualitas tinggi mencerminkan komitmen terhadap kualitas konten dan memberikan kesan positif kepada pembaca.

Baca Juga: Panduan Memilih Kata Kunci Terbaik untuk SEO dalam Mencapai Tujuan dan Sasaran Bisnis

3. Deskripsi dan Tag Alt

Optimalkan gambar dengan menambahkan deskripsi yang relevan dan tag alt. Ini bukan hanya untuk pengguna, tetapi juga membantu mesin pencari memahami konteks gambar. Deskripsi yang informatif dan tag alt yang baik dapat meningkatkan visibilitas di hasil pencarian.

4. Konsistensi Visual

Pertahankan konsistensi dalam gaya visual gambar unggulan Anda. Gaya konsisten membantu membangun identitas merek yang kuat dan memudahkan pengunjung mengenali konten Anda di antara yang lain.

Baca Juga: Kenapa Kita Harus Memahami SEO? Pentingnya Mempelajari SEO untuk Keberhasilan Bisnis dan Pemilik Website

5. Adaptasi untuk Media Sosial

Konten Anda mungkin dibagikan di berbagai platform media sosial, dan setiap platform memiliki persyaratan gambar yang berbeda. Sebelum membagikan, sesuaikan gambar untuk memenuhi persyaratan setiap platform. Ini termasuk ukuran gambar dan memastikan gambar tetap menarik dalam format yang berbeda.

Banner SEO x CRO 2

Kesimpulan

Featured image memiliki peran penting dalam meningkatkan branding bisnis Anda. Dengan memilih gambar yang mencerminkan identitas merek, Anda dapat memperkuat citra dan kesan yang ingin Anda sampaikan kepada audiens. 

Penggunaan gambar unggulan yang berkualitas dan sesuai dengan konten tidak hanya memberikan elemen visual yang menarik, tetapi juga meningkatkan kesan profesionalitas. Dengan begitu, pengunjung akan merasa yakin bahwa konten yang Anda bagikan memiliki nilai dan layak untuk dibaca.

Memastikan bahwa gambar yang Anda pilih dioptimalkan untuk mesin pencari dapat menjadi tantangan tersendiri. Ini melibatkan langkah-langkah seperti menambahkan deskripsi yang relevan, tag alt, dan memastikan ukuran file sesuai untuk memaksimalkan visibilitas di hasil pencarian. 

Selain itu, karena konten sering dibagikan di berbagai platform media sosial atau situs web, menyesuaikan gambar dengan persyaratan setiap platform dapat menjadi tugas yang rumit, terutama jika Anda beroperasi di banyak platform.

Untuk mengatasi tantangan ini, memanfaatkan jasa SEO profesional seperti ToffeeDev dapat menjadi solusi yang efektif. Dengan keahlian kami dalam strategi SEO, termasuk pengoptimalan featured image, Anda dapat memastikan bahwa konten bisnis Anda tidak hanya menarik perhatian di mesin pencari tetapi juga memenuhi persyaratan berbagai platform online. 

Dengan bimbingan yang tepat, bisnis Anda dapat meraih manfaat penuh dari kekuatan visual dan strategi SEO untuk meningkatkan visibilitas dan dampak online.

Tertarik untuk bermitra bersama kami? Hubungi dan jadwalkan konsultasi dengan kami segera dan tingkatkan efektivitas performa dan peningkatan profit bisnis Anda bersama ToffeeDev!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top